Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Netizen Heboh Soal Acara Fansign LE SSERAFIM di Tiongkok, Ada Apa?

Sudah lama Tiongkok blokir penyebaran Korean Wave

Zikra Mulia Irawati

LE SSERAFIM kejutkan publik dengan rencana menggelar fansign di Guangzhou, Tiongkok pada 9 Juli mendatang. Reaksi ini muncul karena Negara Tirai Bambu tersebut sudah memblokir penyebaran Korean Wave sejak September 2016 lalu. Netizen di forum Instiz lalu meninggalkan beragam komentar terkait hal ini.

"Apakah ini mungkin terjadi?" tulis salah satu dari mereka, dikutip dari AllKpop.

Tiongkok mulai melunak

Kbizoom.com

Jawabannya adalah mungkin. Februari lalu, G-Dragon ditunjuk sebagai duta untuk sejumlah merek asal Tiongkok, seperti Beijing Hyundai Motors, Kappa, Vidal Sassoon, Hi Panda, Chow Tai Fook, Tencent, dan Cheetah Mobile. Iklannya untuk produk bahkan sudah terpampang di mana-mana, termasuk billboard besar di sejumlah tempat umum. 

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Tensi politik antara Korea Selatan dan Tiongkok meningkat pada 2016 karena Seoul memasang sistem pengamanan rudal Amerika Serikat, Terminal High Altitude Area Defense (THAAD). Dari sisi Korea Selatan, sistem ini sudah harga mati karena mereka menghadapi ancaman rudal dari Korea Utara. Sementara itu, Tiongkok menganggap adanya sistem ini dapat membuat sang Negeri Ginseng bisa mengintip ke sistem pertahanan udara negaranya.

Namun, beberapa waktu terakhir Tiongkok dikabarkan sudah mulai melunak terhadap pemblokiran Korean Wave. Tak cuma G-Dragon, artis lain seperti Jun Ji Hyun (Gianna Jun), Song Hye Kyo, dan IU pun sudah berseliweran di sejumlah situs dan majalah fashion Tiongkok.

Detail fansign LE SSERAFIM

AllKpop

Fansign LE SSERAFIM ini dapat dihadiri 300 penggemar dengan metode pemilihan acak. Syarat untuk mengikutinya adalah cukup dengan membeli album UNFORGIVEN. Tanda tangan akan diberikan langsung oleh kelima member LE SSERAFIM hanya kepada 80 orang beruntung. Sementara itu, 220 orang lainnya tetap bisa datang dan melihat langsung sang idola dari tempat duduk masing-masing.

Mengingat kecilnya kesempatan untuk terpilih, pihak penyelenggara hanya mengumumkan bahwa acara diadakan di sebuah venue privat di Kota Guangzhou. Pemenang akan diumumkan pada 28 Juni waktu setempat.

LE SSERAFIM juga akan tampil di Tencent Entertainment Music Awards 2023 sehari sebelumnya, 8 Juli, bersama TREASURE dan artis lainnya. Kita doakan semoga semua agendanya bisa berjalan dengan lancar, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Working Life