Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Waktu yang Tepat untuk Melanjutkan Kuliah S2

Apakah kamu sedang mengalami kebimbangan ini?

Zikra Mulia Irawati

Melanjutkan kuliah ke jenjang S2 merupakan impian banyak orang. Untuk beberapa profesi, memiliki gelar pendidikan Master terkadang menjadi salah satu syarat wajib. Oleh karena itu, jenjang pendidikan setelah S1 ini ramai diminati.

Akan tetapi, ada berbagai pertimbangan yang harus dipikirkan matang-matang sebelum mengambil program Master ini, salah satunya timing yang tepat. Lantas, kapan waktu terbaik untuk melanjutkan kuliah S2?

1. Lanjut kuliah S2 saat sudah punya orientasi karier yang jelas

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Lulusan S2 tak dapat dimungkiri menjadi salah satu syarat wajib untuk beberapa profesi, contohnya psikolog. Oleh karena itu, mendaftar ke jenjang pendidikan ini hendaknya dilakukan saat kamu sudah benar-benar yakin dengan ke mana arah karier kamu ke depannya.

2. Saat sudah menentukan jurusan yang sesuai

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jenjang kuliah S2 merupakan lanjutan dari S1. Oleh karena itu, materi yang akan dipelajari akan jauh lebih mendalam sesuai fokus keilmuan yang sudah dipilih. 

Supaya keputusan melanjutkan pendidikan ini berdampak signifikan terhadap pertumbuhan karier, pilihlah jurusan yang memang sesuai. Kamu bisa melakukan survei dengan bertanya kepada orang yang sudah berkuliah di sana atau mengecek mata kuliah apa saja yang akan dipelajari.

3. Saat sudah memiliki kondisi finansial yang memadai

Pexels.com/Karolina Grabowska

Waktu yang tepat untuk melanjutkan kuliah S2 adalah persiapan biaya. Biasanya kuliah S2 memakan waktu hingga dua tahun dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi jika kamu berminat untuk belajar di luar negeri.

Supaya keputusan melanjutkan pendidikan pascasarjana ini tak berakhir menjadi beban finansial, kamu perlu memastikan sudah punya tabungan yang cukup. Namun, masih ada alternatif lain, yaitu mencoba mendaftar beasiswa yang ditawarkan oleh sejumlah lembaga.

4. Saat sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup

Pexels.com/Jopwell

Dalam berbagai forum diskusi di media sosial, banyak netizen yang menyarankan untuk melanjutkan kuliah S2 setelah sudah memiliki pengalaman kerja yang cukup. Alasannya adalah agar kamu terbiasa terjun langsung ke masyarakat dan mengidentifikasi masalah yang terjadi di dunia nyata.

Sebagai informasi, tugas mahasiswa S2 tidak akan jauh-jauh dari menulis artikel ilmiah yang bersumber dari masalah di kehidupan sehari-hari. Dengan memiliki pengalaman kerja yang cukup, bahasan yang kamu tulis bisa lebih tepat sasaran dan berkontribusi untuk kemaslahatan masyarakat.

5. Saat sudah bisa menyisihkan waktu untuk mengejar pendidikan lanjutan

Pexels.com/Christina Morillo

Poin terpenting dalam menentukan waktu yang tepat untuk melanjutkan kuliah S2 adalah kamu harus berkomitmen meluangkan waktu. Sebagian orang memutuskan untuk melakukan career break agar bisa fokus sepenuhnya berkuliah di jenjang pascasarjana ini.

Akan tetapi, bukan tak mungkin kamu berkuliah S2 sembari bekerja. Hal-hal yang harus kamu pastikan sebelumnya antara lain kebijakan perusahaan hingga manajemen waktu yang baik. Dengan demikian, keduanya bisa berjalan beriringan tanpa mengorbankan salah satunya.

Semoga tulisan ini bisa jadi bahan pertimbangan untuk kamu yang ingin lanjut kuliah S2, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Working Life