Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Kontroversi RIIZE, Kerap Jadi Topik Perdebatan Netizen!

SM Entertainment akan tindak tegas penyebar rumor

Zikra Mulia Irawati

Sederet kontroversi terus menimpa RIIZE. Grup di bawah naungan SM Entertainment ini menjadi topik perdebatan di forum diskusi netizen. Rumor pun datang silih berganti menghampiri tiap member.

RIIZE sendiri beranggotakan Shotaro, Eunseok, Sungchan, Wonbin, Seunghan, Sohee, dan Anton. Berikut daftar kontroversi yang pernah menimpa member dan grup.

1. Deretan kontroversi Anton

instagram.com/riize_official

Sejak pre-debut, Anton telah mencuri perhatian karena ia adalah putra dari komposer ternama di Korea Selatan, Yoon Sang. Hal ini lantas diungkit terus-menerus oleh netizen karena ia terkesan melakukan nepotisme. Anton pun tak menampik hal tersebut. Saat disebut nepo baby, ia malah membalas dengan, "born this way by lady gaga."

Terbaru, Anton diduga menjadi pemilik akun Instagram rahasia dengan username @ilovesamsungsomuch. Hal ini dinilai sebagai tindakan yang menyinggung Korea Selatan. Tak hanya itu, rumor kencan juga menimpa anggota termuda ini. Akan tetapi, pihak perempuan telah membantahnya dan menyebut keduanya hanya berteman.

2. Masa remaja Seunghan yang kontroversial

instagram.com/riize_official

Masa remaja Seunghan dinilai terlalu kontroversial karena ia menyebar foto berciuman dengan mantan kekasih, merokok lalu mengumbarnya lewat siaran langsung, hingga diduga menghina Eunchae LE SSERAFIM. Hal ini membuatnya hiatus dari aktivitas grup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

3. Rumor kencan Eunseok dengan teman Han Seo Hee

instagram.com/riize_official

Masih ingat dengan Han Seo Hee, Bela? Sosok perempuan yang kerap tersandung skandal dengan para idol ternama ini juga muncul di dalam skandal kencan Eunseok. Sang idol disebut pernah berkencan dengan teman Han Seo Hee yang memiliki akun Instagram The Only. 

Han Seo Hee dan The Only pun dituduh melakukan pelecehan terhadap idol pria di dalam chat mereka yang tersebar. Mereka diduga membicarakan idol laki-laki tersebut dengan tujuan dipacari atau didekati. Namun, The Only melalui akunnya membantah bahwa dirinya terlibat dalam tindakan tersebut.

4. Skandal pradebut Sohee

instagram.com/riize_official

Jelang debut, masa lalu Sohee RIIZE terungkap. Ia disebut kerap pergi ke bar dan pernah berkata kasar dalam unggahan media sosialnya. Setelah debut, ia gantian dikritik karena vokalnya yang menurut netizen biasa-biasa saja sebagai seorang vokalis utama.

5. Isu bullying dan operasi plastik Wonbin

instagram.com/riize_official

Wonbin sejak debut dipuji karena visualnya yang seperti manusia AI. Namun, hal itu tak membuatnya lepas dari skandal begitu saja. Seorang netizen yang mengaku sempat belajar di sekolah yang sama dengan Wonbin menuduhnya melakukan bullying. Ia pun berharap rumor bahwa ia akan debut bersama NCT dibatalkan.

Tak hanya itu, visual paripurna Wonbin disebut hasil dari operasi plastik. Akan tetapi, pembelaan langsung berdatangan dari netizen yang memiliki foto masa remaja Wonbin yang tak jauh beda dengan wajahnya saat ini.

6. Dugaan menjiplak merchandise grup lain

Berbagai sumber

Tak cuma para membernya, merchandise RIIZE pun sempat disebut menjiplak milik grup lain. Desain boneka milik Wonbin disebut mencuri karya Lee Know Stray Kids yang menggambarkan gabungan kelinci dan kucing pada bagian telinga.

Belum lama ini, bocoran desain lightstick resmi RIIZE pun menghadapi isu yang sama. Desain berbentuk jari mengacung dinilai mirip dengan lightstick resmi Epik High yang bernama Park Kyu Bong. 

Setelah semua kontroversi dan rumor tersebut, SM Entertainment selaku agensi pun berniat menindak tegas para penyebar. Bagaimana tanggapanmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Working Life