Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar Artis Indonesia yang Menjabat Sebagai Komisaris Perusahaan

Rupanya mereka juga punya ketertarikan di dunia bisnis!

Zikra Mulia Irawati

Deretan artis Indonesia berikut rupanya menjabat sebagai komisaris perusahaan ternama. Setelah sukses di dunia hiburan, mereka diam-diam memiliki minat di dunia bisnis hingga bisa duduk di kursi penting tersebut.

Menariknya, bidang usaha yang digeluti artis-artis tersebut tak selalu berkaitan dengan industri hiburan, lho! Kira-kira ada siapa saja? Berikut daftarnya!

1. Abdee Slank

instagram.com/abdeenegara

Abdi Negara Nurdin alias Abdee secara mengejutkan menjadi komisaris utama badan usaha milik negara (BUMN), PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk pada Mei 2021 lalu. Gitaris Slank ini bahkan kembali ditunjuk untuk memegang jabatan yang sama dalam rapat umum pemegang saham tahun berikutnya.

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, pemilihan Abdee sebagai komisaris adalah langkah transformasi BUMN untuk merangkul kalangan musisi. Tujuannya yaitu supaya konten lokal makin lestari dengan peran Telkom dan Telkomsel sebagai agregator.

2. Wulan Guritno

instagram.com/wulanguritno

Familier dengan bar Lucy in the Sky yang berdiri di sejumlah kota besar Indonesia? Bisnis F&B dengan konsep rooftop ini dikelola oleh PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. (LUCY). Kursi komisaris perusahaan ini rupanya diduduki oleh Wulan Guritno.

Bintang film Jakarta Vs Everybody tersebut secara aktif terlibat dalam berbagai manuver bisnis Lucy in the Sky, mulai dari membuatnya melantai di bursa saham hingga membuka outlet baru. Selain faktor keluarga, Wulan Guritno ternyata memang menyimpan minat untuk terjun ke dunia bisnis.

3. Raline Shah

instagram.com/ralineshah

Jiwa pengusaha Raline Shah tampaknya mengalir deras, mengingat ia lahir dari keluarga dengan latar belakang pebisnis. Pada 2017 lalu, ia ditunjuk sebagai Komisaris Independen PT AirAsia Indonesia. 

Raline Shah sendiri pernah mengenyam pendidikan di Political Science and New Media and Communications, National University of Singapore (NUS). Keterlibatannya dalam jajaran direksi diharapkan dapat memberikan perspektif baru dan netral untuk kemajuan perusahaan. 

4. Cinta Laura Kiehl

instagram.com/claurakiehl

Sembari wara-wiri di dunia hiburan, semangat Cinta Laura Kiehl di bidang bisnis turut membara. Artis sekaligus aktivis sosial ini menjabat sebagai komisaris di PT Maharaksa Biru Energi Tbk (OASA). Perusahaan ini bergerak membantu pemerintah dalam memanfaatkan sumber alternatif energi terbarukan (EBT) di Bangka Belitung, Banten, Nusa Tenggara Barat, hingga Blora.

5. Ricky Harun

instagram.com/rickyharun

Ricky Harun yang memiliki nama asli Ricky Chilnady Pratama ditunjuk sebagai Komisaris Independen PT HK Metals Utama Tbk. (HKMU). Oleh perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur ini, kehadirannya diharap dapat mendorong keterbukaan informasi karena meningkatnya sorotan dari media, serta menggaet segmen pasar baru.

6. Sandra Dewi

instagram.com/sandradewi88

Sebelum menikah dengan Harvey Moeis, Sandra Dewi juga pernah terjun ke bidang bisnis properti. Ia sempat menjabat dua posisi penting, yaitu komisaris dan direktur di Tanjung Benoa, Bali dan Paramount Serpong pada 2014 lalu.

Pasti tidak mudah, ya, menjadi figur publik sekaligus menjabat sebagai komisaris perusahaan. Adakah idola kamu di dalam daftar ini, Bela?

IDN Channels

Latest from Working Life