Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Poin Utama Siaran Live YouTube NewJeans, Ingin Min Hee Jin Kembali

Hanni juga ngaku alami diskriminasi dari manajer grup lain

Zikra Mulia Irawati

NewJeans melakukan siaran live YouTube yang menggegerkan media sosial pada Rabu (11/9). Grup beranggotakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein itu diam-diam membuat kanal baru bernama nwjns (@nwjns0911) tanpa sepengetahuan ADOR dan HYBE.

Lewat siaran yang berlangsung sekitar setengah jam ini, NewJeans mengutarakan keresahan mereka di bawah manajemen baru ADOR tanpa CEO Min Hee Jin, kekhawatiran akan masa depan grup, hingga perlakuan diskriminasi yang dilakukan oleh salah satu manajer yang mengurus grup lain di HYBE.

Simak rangkuman poin utama siaran live YouTube NewJeans di bawah ini.

1. Lakukan live atas kemauan grup

instagram.com/newjeans_official

NewJeans mengklaim bahwa siaran live YouTube kali ini merupakan inisiatif para member. Mereka sama sekali tidak memberi tahu pihak agensi. Siaran ini bertujuan untuk memprotes HYBE, label induk dari ADOR, yang dinilai kurang mengayomi para member setelah melakukan perombakan orang di kursi manajemen.

"Sejujurnya, saat menyiapkan siaran langsung ini, kami aslinya memikirkan tentang reaksi yang akan kami terima setelahnya. Kami juga khawatir orang-orang akan salah paham kalau CEO (Min Hee Jin) yang menginstruksikan kami melakukan ini. Namun, aku ingin menegaskan bahwa siaran ini disiapkan karena kami, lima member (NewJeans), benar-benar ingin mengutarakan pemikiran kami," ujar Hyein.

Sebagai informasi, Min Hee Jin tak lagi menjabat sebagai CEO ADOR akibat perseteruannya dengan HYBE yang sudah memanas sejak beberapa waktu lalu. Saat ini, posisi tersebut diisi oleh Kim Joo Young. Namun, ia dikabarkan tetap menjadi produser untuk karya-karya NewJeans.

2. Kecewa data pribadi bocor

instagram.com/newjeans_official

Haerin kemudian mengungkapkan kekecewaannya akan insiden kebocoran data pribadi berupa rekam medis dan video semasa trainee. Ia mengatakan orang tua para member dan Min Hee Jin sudah melaporkan hal ini kepada HYBE. Namun, pihak label malah tak gerak cepat untuk mengatasinya.

"Sulit untuk memahami perusahaan yang seharusnya melindungi kami, malah gagal mengatur dan memperbolehkan informasi seperti itu bocor. Sebetulnya, situasi ini telah membuat kami khawatir jika di masa depan akan ada informasi keliru atau aneh yang beredar tentang kami," kata Haerin.

3. Beberkan aksi diskriminasi manajer grup lain

instagram.com/newjeans_official

Hanni turut membagikan cerita kurang menyenangkan yang ia alami baru-baru ini. Di ruang makeup HYBE yang terletak di lantai 4, ia mendengar seorang manajer yang mengurus grup lain meminta untuk mengabaikannya secara terang-terangan.

"Suatu hari, aku menunggu sendirian di lorong dan staf tim lain berlalu-lalang. Kami saling menyapa. Namun, saat kembali beberapa saat kemudian, aku mendengar salah satu manajer tim mereka bang, 'abaikan dia,' tepat di depanku. Aku bisa melihat dan mendengarnya dengan jelas. Sampai sekarang, aku masih tidak mengerti kenapa aku harus mengalaminya," terang Hanni.

Minji mengaku terkejut mendengar cerita salah satu membernya, terlebih pihak yang bersangkutan juga belum meminta maaf. Saat Hanni mencoba melaporkan hal ini kepada CEO ADOR yang baru, ia disebut terlambat dan juga tak memiliki bukti sehingga tidak ada tindakan lebih lanjut.

"Aku takut member lain mungkin saja mengalaminya. Aku sudah bilang kepada CEO baru tentang ini. Karena aku tidak punya bukti dan disebut sudah terlambat, mereka sepertinya akan melupakannya. Hal ini membuatku merasa tidak ada orang yang melindungi kami. Ini benar-benar terasa seperti kekhawatiran terhadap kami sudah hilang. Bahkan jika aku berkata jujur, aku tiba-tiba merasa diperlakukan seperti pembohong. Sebelumnya, Min Hee Jin, mantan CEO kami, sangat menjaga kami. Namun, sekarang orang-orang baru yang bilang akan membantu, itu hanya bulan-bulan yang belalu dengan alasan, alasan, dan alasan," sambung Hanni.

4. Khawatir dengan masa depan grup

instagram.com/newjeans_official

Pencopotan Min Hee Jin dari posisi CEO nyatanya memiliki dampak signifikan terhadap proses kreatif NewJeans. Sutradara Shin Woo Seok dari Dolphiners Films yang menggarap video musik “Ditto,” “ETA,” dan “Cool With You" mengaku tak lagi sevisi dengan manajemen baru ADOR.

Beberapa waktu lalu, ADOR meminta Dolphiners Film menghapus konten di kanal YouTube Ban Heesoo yang mengunggah klip pendukung storyline di video musik "Ditto". Hal ini yang membuat Shin Woo Seok memutuskan untuk tak lagi bekerja sama untuk mengerjakan karya mendatang NewJeans.

"Tentu saja aku khawatir dengan masa depan kami. Namun, yang paling menakutkan adalah pekerjaan yang sudah kami buat sedang dikompromikan. Melihat orang-orang yang telah mendedikasikan hidup mereka untuk karya kami diperlakukan seperti ini, membuat kami sulit memahami bagaimana bisa ini terjadi," ucap Minji.

Ke depannya, para member NewJeans hanya menginginkan ekosistem kondusif untuk berkarya seperti yang telah mereka miliki sebelumnya. Mereka mengaku sudah lelah dengan konflik manajemen yang telah menghantui selama beberapa bulan terakhir.

"Kami masih punya musik yang ingin kami buat dan tujuan yang ingin kami capai bersama. Namun, seperti yang terjadi sekarang, sungguh menyedihkan untuk berpikir bahwa kami mungkin akan kehilangan tidak hanya karya yang sudah kami kerjakan sejauh ini, tetapi juga identitas tim kami. Hal itulah yang membuat kami merasa tak berdaya. Kami mengadakan siaran langsung ini untuk mengutarakan perasaan karena kami dengan tulus ingin konflik yang melelahkan ini bisa berakhir," imbuh Minji.

5. Ingin Min Hee Jin kembali

malaymail.com

Menutup siaran ini, NewJeans juga menginginkan Min Hee Jin bisa kembali ke kursi CEO. Grup pelantun "How Sweet" itu sepakat, warna unik yang selama ini jadi keunggulan NewJeans, tak terlepas dari peran Min Hee Jin yang selalu mendiskusikan detail-detail kecil di dapur produksi. Oleh karena itu, mereka berharap Bang Si Hyuk selaku Ketua di HYBE bisa mempertimbangkannya.

"Apa yang kami inginkan adalah ADOR yang asli, ketika CEO Min Hee Jin memimpin manajemen dan produksi sekaligus. Alasan kami memintanya adalah karena ini adalah cara untuk hadir dengan damai tanpa konflik dengan HYBE. Jika pesan kami sudah tersampaikan dengan baik, kami berharap Ketua Bang (Si Hyuk) dan HYBE membuat keputusan bijak dengan mengembalikan tatanan asli ADOR hingga tanggal 25 nanti. Terima kasih sudah mendengarkan kami," tutup Minji.

Bagaimana tanggapanmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Working Life