Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tips Membuka Booth di Bazar untuk Pemula, Catat!

Pahami tips ini sebelum membuka usaha

Wahyu Fitri Utami

Mau coba menjalankan usaha kecil, mikro, atau menengah? Membuka booth di bazar bisa menjadi alternatif promosi dan branding produk ke masyarakat luas yang bisa kamu lakukan.

Membuka booth di bazar bisa membuat produk kamu lebih dikenal oleh masyarakat dan menambah pelanggan baru buat usahamu. Meskipun begitu, membuka booth di bazar tidak bisa dilakukan asal-asalan, ya.

Kamu harus tahu bagaimana membuka booth di bazar agar tidak rugi. Nah, berikut beberapa tips membuka booth di bazar untuk pemula yang bisa kamu catat.

1. Cari tahu detail informasi tentang bazar

pexels.com/Krisztina Papp

Untuk membuka booth di bazar, kamu harus mencari informasi tentang bazar yang hendak diselenggarakan, baik di lokasi terdekat atau yang masih bisa dijangkau. Setelah itu, gali lebih detail tentang acara bazar tersebut. Pastikan kamu tahu tanggal dan durasi waktu pelaksanaan, biaya untuk menyewa booth, tema bazar, dan sebagainya.

Sebelum membuka booth di suatu bazar, hal lain yang perlu kamu pertimbangkan ialah produk yang akan kamu jual: apakah sudah sesuai dengan tema bazar atau belum. Tiap bazar umumnya memiliki tema yang berbeda-beda, sehingga kamu harus selektif memilih bazar yang memiliki keterkaitan tema dengan produkmu.

2. Kenali penyelenggara bazar beserta track record-nya

Freepik.com/freepik

Setelah mengetahui detail informasi bazar, kamu juga harus mengenali penyelenggara atau event organizer. Pastikan bazar yang akan kamu ikuti itu diselenggarakan oleh EO yang terpercaya dan memiliki track record baik. Mengenali penyelenggara bazar berguna agar kamu tidak terkena masalah yang bisa merugikanmu, seperti penipuan dan sebagainya.

3. Pastikan anggaran sudah cukup dan sesuai

unsplash.com/Totte Annerbrink

Tips membuka booth di bazar untuk pemula berikutnya yaitu memastikan anggaran untuk membuka booth di bazar hal yang sangat penting. Coba hitung ulang apakah anggaran yang dimiliki sudah cukup dan sesuai dengan budget-mu, baik untuk biaya sewa booth, biaya produksi, biaya dekorasi, dan lain-lain.

4. Pilih lokasi booth yang strategis

pexels.com/Mark Dalton

Kalau kamu sudah yakin untuk membuka booth di bazar, pilihlah lokasi booth yang strategis di tempat bazar. Pastikan lokasi booth bisa diakses dan terlihat oleh banyak orang sehingga bisa menarik banyak pelanggan.

Kamu bisa memilih lokasi booth di dekat pintu masuk bazar atau dekat dengan panggung yang menjadi pusat acara. Tempat booth yang strategis tentunya bisa mendatangkan keuntungan lebih besar.

5. Siapkan produk, inventaris, dan pegawai yang profesional

pexels.com/Andrew Schwark

Menyiapkan produk, inventaris, dan pegawai profesional menjadi tips membuka booth di bazar untuk pemula yang harus kamu lakukan. Hal ini berguna untuk kelancaran usahamu di tempat bazar.

Pastikan stok produk yang akan dijual sudah cukup dan tidak terlalu berlebihan. Kamu harus bisa memperkirakan jumlah pengunjung dan potensi penjualan.

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan inventaris seoerti peralatan dan perlengkapan yang akan dibutuhkan saat bazar. Bawalah perlengkapan secukupnya untuk booth kamu. Lalu, pegawai yang profesional juga harus dipersiapkan agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan serta memenuhi target penjualan.

6. Siapkan strategi pemasaran dan promosi

pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Tips yang tak kalah penting untuk pemula yang ingin membuka booth di bazar adalah menyiapkan strategi pemasaran dan promosi, agar kamu bisa meraup banyak keuntungan dari acara bazar.

Terkait strategi pemasaran, kamu bisa menerapkan 5 sensory marketing yang fokus mengandalkan lima panca indra pelanggan agar pengunjung bisa merasakan pengalaman secara langsung pada produk yang kamu jual. Dikutip dari Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, ada 5 sensory marketing yang bisa kamu andalkan untuk menarik pelanggan, mulai dari penglihatan, bau atau aroma, bunyi atau suara, peraba, dan rasa.

Promosi juga bisa menjadi strategi pemasaran produk kamu. Berikan banyak promo kepada pelanggan, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk dan berpotensi menjadi pelanggan tetap di tokomu.

Demikian enam tips membuka booth di bazar untuk pemula. Perhatikan tips-tips tersebut, biar kamu nggak alami kerugian saat membuka booth di bazar.

IDN Channels

Latest from Working Life