Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Strategi Jawab Pertanyaan Interview Pramuniaga, Wajib Tahu!

Rahasia sukses wawancara kerja pramuniaga

Wahyu Fitri Utami

Kamu sedang atau akan melamar pekerjaan sebagai pramuniaga, mempersiapkan diri untuk rangkaian seleksinya perlu dilakukan sungguh-sungguh, nih. Salah satu rangkaian seleksi pramuniaga yaitu tahap interview atau wawancara.

Proses wawancara kerja bisa menjadi momen yang cukup menegangkan, terutama bagi kamu yang baru pertama kali melakukanya. Pada tahap wawancaralah HR akan melihat kesungguhan kandidat dan seperti apa kepribadiannya.

Lalu, bagaimana cara menghadapi rasa gugup saat interview pramuniaga? Salah satu kuncinya yaitu banyak berlatih wawancara sebelumnya. Nah, kamu bisa berlatih dengan menjawab pertanyaan interview pramuniaga berikut ini.

1. Mengapa kamu tertarik untuk bekerja sebagai pramuniaga di toko kami?

freepik.com

Pertanyaan pertama ini sering ditanyakan ketika interview pramuniaga. Tujuan HR menanyakan ketertarikan terhadap posisi sebenarnya sedang menggali apa motivasi kamu melamar di posisi ini.

Tips untuk menjawabnya yaitu dengan menjabarkan minat dalam berinteraksi dengan pelanggan, serta dedikasi yang akan kamu lakukan untuk memberikan pelayanan yang baik bagi pelanggan.

Selain itu, kamu juga bisa menceritakan pengalaman kerja sebelumnya yang sesuai dengan posisi yang sedang kamu lamar. Contoh jawaban yang bisa kamu berikan sebagai berikut:

“Saya tertarik untuk bekerja sebagai pramuniaga karena hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi saya untuk menggabungkan minat dan ketertarikan saya terhadap produk skincare, keahlian yang sata miliki, serta keinginan untuk membantu orang lain. Sebelumnya saya pernah bekerja sebagai pramuniaga di toko skincare selama 1,5 tahun. Pengalaman tersebut banyak mengajarkan saya tentang kemampuan komunikasi yang efektif dan pentingnya menjunjung tinggi layanan pelanggan yang baik.”

2. Apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai target penjualan?

pexels.com/Cristina Morillo

Pertanyaan ini sejatinya untuk menguji pemahamanmu akan pentingnya target penjualan dan bagaimana cara untuk mencapai target tersebut. Jika ditanya demikian, kamu bisa menjelasan pentingnya memahami pelanggan dan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan adalah sebagai berikut:

“Saya menyikapi target penjualan sebagai tantangan yang memotivasi saya untuk bekerja lebih keras. Saya selalu berusaha memahami produk dengan baik sehingga dapat memberikan rekomendasi yang tepat kepada pelanggan. Saya juga menggunakan teknik penjualan yang efektif seperti upselling dan cross-selling untuk meningkatkan penjualan.”

3. Bagaimana cara kamu dalam memastikan toko tetap bersih dan teratur?

freepik.com

Jawaban terbaik yang bisa kamu berikan untuk menjawab pertanyaan ini adalah menjelaskan pemahamanmu tentang pentingnya menjaga kerapian dan keteraturan di toko. Hal ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik.

Selain itu, berikan contoh konkret dari pengalamanmu sebelumnya perihal caramu menjaga toko agar tetap rapi dan menarik. Contoh jawaban untuk pertanyaan ketiga ini yaitu:

“Saya selalu memastikan etalase dan rak-rak produk terorganisir dengan rapi dan menarik. Saya yakin bahwa toko yang rapi dan teratur memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi para pelanggan. Saya juga rutin memeriksa kebersihan dan kerapihan area penjualan.”

4. Bagaimana cara kamu menangani pelanggan yang marah dan tidak puas?

freepik.com

Kemampuan menangani pelanggan yang tidak puas dan emosi adalah keterampilan penting yang harus dimiliki seorang pramuniaga. Tujuan HR menanyakan hal ini adalah karena mereka ingin melihat bagaimana caramu agar tetap tenang dan profesional dalam situasi sulit.

Kamu harus tetap menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan, serta memastikan bahwa pelanggan merasa dihargai meskipun permintaannya tidak dapat terpenuhi. Untuk menjawab pertanyaan interview pramuniaga satu ini kamu bisa memberikan alternatif jawaban sebagai berikut:

“Saya akan tetap mencoba untuk tetap bersikap tenang dan mendengarkan keluhan pelanggan dengan penuh perhatian untuk menunjukkan empati saya terhadap masalah mereka. Setelah memahami situasinya, saya akan menawarkan solusi yang sesuai. Misalnya dengan pengembalian dana, pertukaran produk, atau tindakan lain yang dapat memuaskan pelanggan.”

5. Bagaimana cara kamu menjaga semangat kerja di lingkungan yang sibuk dan penuh tekanan?

freepik.com

Tujuan pewawancara menanyakan hal ini karena mereka ingin mengetahui manajemen stres kamu miliki. Selain itu, mereka juga ingin mengetahui semangat kerja yang kamu miliki meskipun ditempatkan dalam lingkungan yang sibuk.

Contoh jawaban yang bisa kamu berikan adalah sebagai berikut:

“Beberapa cara yang saya gunakan untuk tetap termotivasi dan produktif sebagai pramuniaga antara lain dengan mengelola waktu dengan baik, menjaga sikap positif, berkomunikasi efektif dengan tim, dan fokus pada kesehatan fisik dan mental. Saya yakin dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan berkontribusi secara positif di tempat kerja.

Itulah lima pertanyaan interview pramuniaga beserta strategi menjawabnya. Bagaimana pun, persiapan adalah kunci sukses dalam wawancara pramuniaga. Memahami pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan dan mempersiapkan jawaban yang baik, peluangmu untuk lolos seleksi wawancara pramuniaga semakin terbuka lebar. Selamat berlatih dan semoga berhasil dalam wawancaramu, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Working Life