Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Tips Dapat Lowongan Kerja WFH Lulusan SMA, Gampang!

Selalu update di job portal, ya

Ridho Agung Pangestu

Work from home atau bekerja dari rumah memang menjadi model kerja impian banyak orang. Selain waktu yang bisa lebih fleksibel, WFH juga tidak membuat kamu mengeluarkan uang sewa kontrakan atau kos. Artinya, kamu bisa menyisihkan uang lebih banyak.

Namun, memang bukan perkara mudah untuk mendapatkan model pekerjaan WFH apalagi dengan ijazah hanya SMA. Meski begitu, kamu tidak boleh menyerah begitu saja, Bela. Kamu tetap bisa mendapatkan lowongan kerja WFH lulusan SMA dengan menerapkan tips berikut ini.

1. Bangun akun LinkedIn

Unsplash

Mencari pekerjaan dan LinkedIn sepertinya dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sudah banyak yang membuktikan, berhasil mendapatkan pekerjaan impian karena memiliki akun Linkedin yang profesional. Nah, kamu harus memanfaatkannya juga untuk mendapatkan pekerjaan WFH.

Caranya dengan membangun akun LinkedIn dan mulai mengisinya dengan berbagai informasi bermanfaat. Mulai dari pengalaman bekerja, latar belakang pendidikan maupun pengalaman magang jika dimiliki. Setelah itu, jangan ragu untuk mengumumkan di laman LinkedIn bahwa kamu sedang mencari pekerjaan dengan tipe WFH.

Lalu, cantumkan juga skill yang kamu miliki, portofilio, dan keunggulan jika pemberi kerja memilih kamu. Kombinasi inilah yang akan membuat akun LinkedIn kamu berbobot dan dilirik oleh HRD menjadi lebih besar.

2. Manfaatkan berbagai platform pencari kerja

pexels.com/Vlada Karpovich

Sekarang mencari pekerjaan secara online lebih mudah dilakukan. Ada berbagai platform pencari pekerjaan seperti Jobstreet, Sribulancer, Glints, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan filter pencarian untuk mencari pekerjaan yang bertipe WFH. Jadi nantinya kamu hanya akan mendapatkan pekerjaan yang bisa dikerjakan di mana saja dan tidak perlu datang ke kantor.

Selain itu, perhatikan juga apakah tawaran pekerjaan yang masuk adalah full WFH atau hybrid. Jika hybrid, artinya kamu diharuskan masuk kantor di jadwal tertentu yang sudah ditetapkan.

3. Bangun portofolio kamu

unsplash.com/Mailchimp

Portofolio sangat membantu kamu dalam mendapatkan lowongan kerja WFH dan dinilai lebih oleh HRD. Jika kamu punya skill terkait digital marketing atau desain grafis, kumpulkan hasil karya kamu dalam satu file portofolio.

Mulailah membangun portofolio yang sesuai dengan bidang yang dikuasai. Jika kamu tidak memiliki pengalaman, kamu bisa membuat dummy project yang bisa mengisi portofolio kamu.

4. Gabung dengan grup lowongan kerja WFH

pexels.com/Roman Pohorecki

Terakhir, kamu bisa bergabung dengan grup loker WFH. Sekarang ini sudah banyak sekali grup khusus loker WFH ini, mulai dari WhatsApp maupn Telegram. Semuanya bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan informasi loker dan kemudian mendaftar pada pekerjaan yang kamu anggap cocok.

Nah itulah tips mendapat lowongan kerja WFH lulusan SMA. Jadi bagi kamu yang berstatus SMA dan ingin bekerja WFH, maka bisa menerapkan tips-tips tersebut.

IDN Channels

Latest from Working Life