Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Contoh Deskripsi Diri dalam CV yang Menarik HRD

Tingkatkan peluang lolos seleksi

Ridho Agung Pangestu

Ketika membuat CV, deskripsi diri adalah poin penting yang perlu kamu perhatikan. Tapi, Bagaimana contoh deskripsi diri dalam CV yang bisa menarik perhatian HRD? Apalagi, CV adalah senjata utama bagi HRD dalam mempertimbangkan untuk meloloskanmu atau tidak dalam proses rekrutmen kerja.

Deskripsi diri ini adalah profil diri sendiri yang biasanya terdiri dari satu sampai dua kalimat singkat yang tertera di CV. Saat membuat deskripsi diri, kamu harus menyusun kata dengan baik, karena poin ini mencakup penjelasan mengenai keterampilan dan pengalaman kerjamu sebelumnya.

Supaya lebih jelas, berikut contoh deskripsi diri dalam CV yang menarik untuk tiap bidang.

1. Contoh deskripsi diri CV untuk content writer

pexels.com/Vlada Karpovich

Deskripsi diri untuk kamu yang ingin melamar sebagai content writer yaitu:

"Saya adalah orang yang kreatif dan terbiasa membuat konten, seperti video, artikel atau gambar untuk berbagai platform media. Selama 1 tahun bekerja, saya berhasil meningkatkan traffic website sebesar 120%. Kreativitas dan keterampilan leadership yang saya miliki juga berkontribusi dalam kerja sama tim, sehingga saya bisa mencari solusi saat kendala muncul."

2. Contoh deskripsi diri CV untuk fresh graduate

pexels.com/Tima Miroshnichenko

Bagi kamu yang baru lulus, bisa menulis deskripsi diri dengan mencantumkan IPK, sertifikat kompetensi, pengalaman organisasi atau lomba, seperti contoh:

"Saya merupakan lulusan S1 Pendidikan Bahasa Korea dengan predikat cumlaude dan IPK 3.62. Selama kuliah, saya aktif sebagai anggota BEM tingkat fakultas dan memenangkan beberapa perlombaan, seperti debat, artikel ilmiah, dan PKM nasional. Tertarik untuk belajar hal baru dan selalu termotivasi untuk menjadi lebih baik."

3. Contoh deskripsi diri CV untuk finance accounting manager

pexels.com/Polina Zimmerman

Nah, untuk finance accounting manager, kamu bisa menulis deskripsi diri dengan contoh seperti di bawah ini:

"Saya adalah seorang finance accounting manager dengan pengalaman 4 tahun di bidang industri real estate dan marketing. Saya menguasai pengetahuan akuntansi umum, budgeting, payroll, dan pembukuan. Saya juga andal dalam menerapkan prosedur dan praktik audit yang inovatif demi meningkatkan efisiensi perusahaan."

4. Contoh deskripsi diri CV untuk IT support

Pexels.com/Vlada Karpovich

Bila kamu pernah berpengalaman sebagai IT support, kamu bisa menulis deskripsi diri dengan contoh seperti ini:

"Saya adalah profesional IT yang memiliki pengalaman 10 tahun sebagai seorang software support specialist dan network/system technician. Seorang yang sangat teliti dan terampil dalam mengoperasikan berbagai platform IT. Memiliki kemampuan bahasa Inggris dan China yang baik. Mampu bekerja dengan baik secara individu maupun tim untuk mencapai target."

5. Contoh deskripsi diri CV untuk pindah jalur karier

pexels.com/Vlada Karpovich

Special case untuk kamu yang ingin career switch atau pindah jalur karier ke bidang yang berbeda. Pada deskripsi diri dalam CV, kamu bisa menyebutkan pengalaman kerja sebelumnya, serta proyek atau kursus yang relevan dengan bidang karier yang ingin dituju. Misalnya:

"Saya adalah seorang profesional sales lebih dari 5 tahun. Salah satu proyek sukses saya yaitu pengadaan barang senilai Rp500 miliar secara end-to-end. Berbekal pengalaman sales di berbagai bidang industri, sertifikasi CIA dan bootcamp auditor, saya percaya bisa membawa kontribusi positif bagi perusahaan."

Itulah contoh deskripsi diri dalam CV dan tips membuatnya yang bisa kamu jadikan referensi. Penting untuk menulis deskripsi diri secara efektif, yaitu tingkat dan padat, dengan mencantumkan informasi tentang pengalaman kerja dan prestasi yang relevan, sesuai posisi yang hendak kamu lamar. Semoga membantu!

IDN Channels

Latest from Working Life