Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Membuat LinkedIn Menarik dan Dilirik HRD

Auto dapat tawaran kerja!

Ridho Agung Pangestu

Dunia profesional memang membutuhkan branding yang tepat agar kemampuan kamu bisa dilirik. Salah satu cara terbaik untuk melakukan hal itu yaitu dengan memilki LinkedIn.

Namun, bukan berarti tugasmu selesai setelah punya akun LinkedIn. Tugas berikutnya yang wajib dilakukan adalah 'mengkreasikan' LinkedIn agar jadi lebih menarik.

Kenapa harus membuat profil LinkedIn jadi menarik? Hal ini berkaitan dengan kesempatan kamu untuk mendapat pekerjaan dengan mudah.

Nah, agar karier profesional kamu makin mentereng, Popbela punya 5 cara membuat LinkedIn menarik. Simak sampai habis, ya.

1. Gunakan foto profil yang profesional

Freepik.com/benzoix

First impression menjadi hal penting dalam bidang apa pun. Apalagi di bidang profesional, first impression adalah hal vital yang menentukan value kamu.

Nah, dalam konteks Linkedin maka first impression itu bisa dilihat dari foto yang digunakan. Sayangnya, masih banyak yang menganggap sepele penggunaan foto profil untuk LinkedIn. Alhasil, foto profil yang dipasang nggak menunjukkan pribadi yang rapi dan percaya diri.

Hindari hal itu dengan mulai menggunakan foto profil Linkedin yang terlihat lebih profesional. Caranya, kamu bisa menggunakan pakaian yang formal, tersenyum, berdiri dengan bahu tegap dan jangan menundukkan kepala. Tak lupa, pilih background yang netral dan pastikan foto berkualitas tinggi, ya.

2. Buat judul profil yang to the point

Pinterest.com

Setelah kamu selesai mengunggah foto profil yang profesional, kini lanjutkan dengan membuat judul profil. Bagian ini juga nggak boleh dipandang sebelah mata, ya.

Jika judul profil tidak stand out, maka HRD akan kurang tertarik untuk menelusuri profil LinkedIn-mu. Lalu, bagaimana membuat judul profil yang menarik?

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, seperti menggunakan kata kunci spesifik yang sesuai dengan bidang pekerjaan kamu. Contohnya, Digital Marketing Strategist atau Social Media Specialist. Setelah itu, bisa kamu lanjutkan dengan menambahkan gelar atau sertifikasi yang berhubungan dengan bidang yang digeluti.

3. Tuliskan deskripsi diri yang hook

Pinterest.com

Cara membuat Linkedln yang menarik dan dilirik HRD berikutnya yaitu dengan memperhatikan penulisan deskripsi diri. Bagian ini penting karena memperkenalkan latar belakang dan pengalaman profesionalmu secara singkat. Supaya bisa mendapatkan impresi yang baik, maka deskripsi diri haruslah meng-hook ketika dibaca.

Lantas, bagaimana membuat deskripsi diri yang hook? Kamu bisa meringkas karir, pengalaman kerja, dan latar belakang pendidikan dengan sudut pandang lebih kreatif. Seperti menonjolkan prestasi dan keunggulan apa saja yang kamu miliki.

4. Rutin posting konten yang relevan

Pexels.com/Vlada Karpovich

Untuk meningkatkan value akun Linkedin kamu, jangan lupa rutin posting konten yang relevan dan bermanfaat. Konten yang relevan adalah konten yang memiliki keterkaitan dengan bidang profesional yang sedang kamu geluti.

Misalnya, kamu adalah seorang Social Media Specialist. Maka kamu bisa membagikan konten buatanmu yang mengulas tentang tren terkini seputar sosial media, alogaritma, maupun pengalaman pekerjamu.

Bagikan perspektif kamu tentang hal itu dan berikan value pada setiap konten yang kamu posting. Lalu, jangan ragu untuk ikut berdiskusi di postingan orang lain. Hal ini akan menambah bobot akun Linkedln kamu dan menjadi favorit para HRD.

5. Jangan ragu minta rekomendasi

Unsplash.com/Emma Dau

Terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminta rekomendasi kolega, mantan rekan kerja, hingga atasan di kantor. Semua rekomendasi mereka akan menjadi bobot positif bagi akun Linkedin kamu dan dianggap memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi.

Sekarang sudah tahu 5 cara membuat Linkedin menarik dan dilirik HRD kan, Bela. Dengan membangun profil LinkedIn yang lengkap dan bermanfaat, kamu bisa berpeluang dihubungi oleh HRD untuk tawaran pekerjaan. Good luck!

IDN Channels

Latest from Working Life