Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Profil Aaliyah Massaid, Awali Karier Jadi Penyanyi Cilik

Aaliyah Massaid sempat geluti dunia seni peran Indonesia

Nindi Widya Wati

Sosok Aaliyah Massaid belakangan ini memang terus menjadi sorotan publik, apalagi setelah ia resmi dilamar Youtuber, Thariq Halilintar pada, Minggu (23/06/2024). Anak pasangan artis Reza Artamevia dan mendiang Adjie Massaid ini, memang sekarang lebih dikenal sebagai model dan influencer

Meski begitu, siapa sangka kalau sedari kecil Aaliyah Massaid telah menggeluti dunia keartisan di Indonesia. Bahkan, ia sempat bermain di beberapa judul film, debut di girl group cilik Lollipop, hingga merilis lagu solo sejak tahun 2019.

Lantas, sebenarnya gimana perjalanan karier Aaliyah Massaid di dunia keartisan Tanah Air? Mari simak informasinya lewat artikel berikut ini, Bela! 

Aaliyah Massaid berlatar belakang keluarga seniman

Instagram.com / aaliyah.massaid

Perempuan bernama lengkap Aaliyah Annisa Jeffar Massaid ini, kelahiran Jakarta, pada 8 Maret 2002. Aaliyah Massaid jadi anak kedua dari mendiang Adjie Massaid, seorang aktor terkenal sekaligus politikus. Sedangkan, sang ibu, Reza Artamevia tersohor sebagai diva sedari tahun 1990an hingga awal tahun 2000. 

Menjalani hidup dengan latar belakang keluarga seniman, membuat Aaliyah mengikuti jejak kedua orang tuanya terjun ke dunia hiburan. Ia terpantau cukup senang menggeluti dunia tarik suara dan tak segan menampilkan kelihaian menarinya.

Awal karier keartisan Aaliyah Massaid

Instagram.com / aaliyah.massaid

Aaliyah Massaid memulai karier keartisannya di umur 9 tahun dengan bergabung di girl group cilik, Lollilop, pada tahun 2011. Bersama Zhafira Zahradia Erawan dan Ardella Lathifa, grup Lollipop memiliki lagu populer seperti “Aku Bukan Boneka” dan “My Mama Says”.

Aaliyah Massaid menjajal dunia seni peran

Instagram.com / aaliyah.massaid

Beberapa tahun kemudian tepatnya di tahun 2014, Aaliyah menyalurkan bakatnya di dunia seni peran. Ia berakting di film pertamanya yaitu Sayap Kecil Garuda (2014) sebagai Ida. Masih di tahun yang sama, ia ditawari kembali untuk bermain film Mantan Terindah sebagai pegawai toko. Lalu, ia kembali akting di film Doea Tanda Cinta sebagai Ayu, pada tahun 2015.

Kepiawaian akting Aaliyah Massaid, membuat ia sempat ditunjuk bermain di sinetron Bintang di Langit. Pada sinetron tersebut, Aaliyah berperan sebagai Sierra dan beradu akting dengan Verrel Bramasta hingga aktris Ochi Rosdiana. 

Rekam jejak pendidikan Aaliyah Massaid

Instagram.com / aaliyah.massaid

Pada tahun 2017, grup Lollipop resmi bubar dan membuat Aaliyah Massaid ingin fokus pada pendidikan. Rekam jejak pendidikan Aaliyah Massaid tercatat cukup mentereng, mengingat ia menempuh pendidikan sekolah dasar di High Scope.

Selepas itu, Aaliyah Massaid melanjutkan ke jenjang pendidikan SMP dan SMA dengan metode homeschooling selama enam tahun. Ia dinyatakan lulus SMA saat masa pandemi, dan melanjutkan kuliah pada tahun 2021. Aaliyah mengambil jurusan Psikologi di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Aaliyah Massaid fokus bersolo karier

Instagram.com / aaliyah.massaid

Sebagai penyanyi yang memutuskan bersolo karier, ia sempat membawakan lagu milik Reza Artamevia sang ibu yaitu "Berharap Tak Berpisah" pada yahun 2019. Ternyata, lagu tersebut meraih kesuksesan besar sampai akhirnya Aaliyah Massaid berkesempatan merilis lagu single.

Salah satu single terkenal dari Aaliyah Massaid berjudul "Tak Searah" yang berkolaborasi dengan Anres Adelio pada tahun 2021. Mengenai daftar lagu lainnya sebagai berikut. 

  1. "Ulangi" rilis di tahun 2019
  2. "Ajariku" rilis di tahun 2019
  3. "Tak Searah" rilis di tahun 2020
  4. "Saling Peduli" rilis di tahun 2020
  5. "Cintai (tanpa patah hati)" rilis di tahun 2020
  6. "Pertama Mengenal Cinta" rilis di tahun 2020

Aaliyah Massaid tekuni karier model dan influencer

Instagram.com / aaliyah.massaid

Selain menjajal dunia tarik suara, Aaliyah Massaid juga mencoba keuntungan sebagai model dan influencer di bawah naungan Kaca Kreatif. Melalui laman Instagram pribadinya, @aaliyah.massaid, ia kerap membagikan berbagai aktivitas pemotretannya. Aaliyah Massaid terpantau kerap digaet brand fashion ternama dunia, seperti FENDI, GUCCI, Hermès, hingga YSL Beauty. 

Itulah, perjalanan karier Aaliyah Massaid yang sedari kecil sudah piawai nyanyi hingga menggeluti dunia seni peran Indonesia. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat kolom komentar, Bela! 

IDN Channels

Latest from Working Life