Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jung Hae Min Ungkap Rumor Manipulasi Hasil Final 'Physical: 100'

Dugaan manipulasi atas kemenangan Woo Jin Yong

Nindi Widya Wati

Survival show Korea Selatan, Physical: 100 garapan Netflix akhirnya telah usai dan menobatkan Woo Jin Yong sebagai pemenang. Ia mendapatkan hadiah uang sebesar 300 juta KRW (US$227.000). Kemenangan yang diraih Crossfitter aktif ini terjadi, ketika di babak final ia berhasil mengalahkan sosok pembalap sepeda Jung Hae Min. 

Rumor kontroversial yang kejutkan publik

Dok. Allkpop

Namun hal tak disangka muncul, ketika tepat sehari setelah episode terakhir ditayangkan ada pernyataan kontroversial para kontestan Physical: 100 yang sangat mengejutkan publik. Sederet pernyataan kontroversial yang ternyata menyebut bahwa babak final Physical: 100 sebenarnya telah dimanipulasi.

Melansir Allkpop, menurut rumor yang beredar final quest harus dimainkan dalam tiga ronde karena masalah teknis, baik pada alat Woo Jin Yong, maupun masalah audio dan rekaman produksi. 

Tanggapan Netfix tentang rumor Physical: 100

Dok. Allkpop

Seperti tak ingin membuat kabar ini menjadi bola liar, pihak Netflix Korea Selatan pun sempat memberi tanggapan atas beredarnya beberapa rumor kontroversial mengenai Physical: 100.

"Kami tidak mengubah hasil yang sudah selesai dan juga tidak mengubah kondisi agar kontestan tertentu menang. Juga, belum ada 'pertandingan ulang' yang dilakukan secara sepihak, setel ulang progres, atau ubah hasil game."

Muncul klarifikasi pribadi dari Jung Hae Min

Dok. Istimewa

Barulah, kemudian runner-up Jung Hae Min berbicara secara pribadi tentang hasil pertandingan Physical: 100 dalam sebuah wawancara pada Senin, 28 Februari 2023. Tindakan tersebut ia lakukan saat melihat postingan sang produser utama Physical: 100 Jang Ho-gi di akun Instagram.

"Saya melihat produser utama 'Physical: 100' menulis di Instagram tentang 'kebohongan', tetapi itu tidak bisa menjadi kebenaran' - jadi saya pikir sudah waktunya untuk angkat bicara dan memberi tanggapan saya sebagai salah satu dari dua orang yang terlibat dalam pertandingan final," pungkas Jung Hae Min.

Ia kemudian melanjutkan dengan memberikan penjelasan detail mengenai situasi pertandingan final tersebut.

"Pada Juli 2022, kami melakukan empat putaran pertandingan TOP5, di mana satu orang didiskualifikasi di setiap putaran. Saat kami memulai pertandingan tarik tali, ada perbedaan besar (antara Woo Jin Yong dan saya). Bahkan anggota yang menonton mengatakan bahwa kecepatanku tiga kali lebih cepat."

Penjelasan Jung Hae Min tentang final Physical: 100

Dok. Allkpop

Ia pun menjelaskan bahwa di pertengahan babak final, Woo Jin Yong mengangkat tangannya dan berkata bahwa "rodanya terlalu berisik" dan merasa ada kesalahan pada peralatan. Jung Hae Min pun melihat, ketika situasi itulah produser mulai turun tangan dengan melumasi roda dan membuat putaran lebih mudah.

Jung Hae Min juga menyatakan, saat pertarungan sudah mendekati menit terakhir, produser justru menghentikan putaran sekali lagi. 

"Kami sedang istirahat ketika produser datang dan mengatakan bahwa mereka tidak dapat menggunakan rekaman karena masalah audio. Produser mengatakan bahwa mereka akan memotong tali dan akan syuting lagi jika saya setuju, dan Woo Jin Yong juga menyetujuinya."

Jung Hae Min sempat tolak adanya syuting ulang

Dok. Istimewa

Sebenarnya dalam situasi tersebut Jung Hae Min sempat menolak, tetapi produser meyakinkannya dan dia pikir semuanya akan terselesaikan jika mereka merekam ulang.

"Produser mengatakan kami bisa istirahat dan kami bahkan bisa syuting keesokan harinya. Namun, saya tidak mau orang lain harus bekerja ulang." Ia akhirnya juga setuju untuk dilakukan pertandingan ulang.

"Produser mengatakan, mereka akan memotong tali sesuai dengan yang telah saya tarik, tetapi saya tidak tahu apakah mereka benar-benar memotongnya atau tidak. Mereka juga berbicara tentang adanya kesalahan peralatan, meskipun saat itu saya bahkan tidak yakin apakah benar-benar ada kesalahan pada peralatan. Mungkin, karena saya kehabisan tenaga, tetapi ketika saya mencoba menariknya, namun tidak mau bergerak."

Ungkap rasa kecewa Jung Hae Min

Dok. Allkpop

Jung Hae Min mengungkapkan, bahwa dia sempat meminta produser untuk memasukkan dalam episode terakhir tentang penjelasan mengapa dia kehabisan tenaga. Tetapi, produser mengatakan kepadanya bahwa kontestan tidak dapat campur tangan dalam pengeditan.

“Aku tidak ingin menjadi nomor satu dan juga tidak ingin ada pertandingan ulang. Aku juga tidak menginginkan uang. Aku juga berharap tidak ada perlakuan buruk terhadap Woo Jin Yong. Aku hanya merasa bahwa acara itu diedit untuk memperlihatkan seolah-olah aku kalah sia-sia. Itulah yang sulit aku terima sebagai seorang atlet."

Sebelum mengakhiri wawancara tersebut, Jung Hae Min pun menekankan sekali lagi tentang tanggapannya mengenai masalah final Physical: 100.

"Saya ingin mengatakan sekali lagi, saya tidak ingin menyerang siapa pun. Saya sedang mengalami kesulitan, itulah mengapa saya datang untuk membicarakan hal ini secara pribadi. Saya hanya berharap tidak ada orang yang merasa tidak nyaman," tutupnya.

Bagaimana menurut kamu yang menonton acara ini, Bela?

IDN Channels

Latest from Working Life