Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Fakta Album 'Moon Music', Coldplay Buat Vinyl Dari Limbah Plastik

Coldplay terus gaungkan aksi peduli lingkungan

Nindi Widya Wati

Coldplay akhirnya merilis album terbaru bertajuk Moon Music, pada Jumat (4/10/2024). Album kesepuluh Coldplay ini menjadi penantian para penggemar setelah hampir tiga tahun sejak perilisan album Music Of The Spheres pada tahun 2021. 

Antusiasme penggemar makin meninggi, saat melihat Coldplay memanfaatkan limbah plastik untuk membuat vinyl atau piringan hitam album Moon Music. Hal tersebut seperti menjadi langkah nyata dari upaya peduli lingkungan yang digaungkan Coldplay selama ini.

Lantas, seperti apa musik yang disuguhkan Coldplay dalam album teranyar mereka? Mari simak informasinya berikut ini, Bela! 

'Moon Music' sebagai album yang berisi 10 lagu

X / Coldplay

Coldplay membuat bungah hati para ColdHeads (nama penggemar Coldplay) dengan merilis album Moon Music. Album kesepuluh Coldplay ini diproduseri langsung oleh Max Martin selaku sang vokalis.

Moon Music sebagai album yang berisi 10 lagu, dengan di antaranya berjudul"MOON MUSIC", "feelslikeimfallinginlove", "WE PRAY", "JUPiTER", "GOOF FEELiNGS", "🌈", "iAAM", "AETERNA", "ALL MY LOVE", dan "ONE WORLD". 

Kolaborasi Coldplay dengan musisi ternama dunia

X / Coldplay

Terdapat tiga lagu di album Moon Music yang dinyanyikan Coldplay dengan para musisi ternama dunia. Di antara lagu tersebut ada yang menjadi track pra rilis dan dilengkapi penayangan video musik di kanal YouTube Coldplay. 

Seperti lagu "WE PRAY" yang dirilis lebih dulu pada 23 Agustus 2024, Coldplay menggandeng musisi Little Simz, Burna Boy, Elyanna, dan TINI. Sedangkan, lagu "MOON MUSIC" dibawakan bersama Jon Hopkins. Lalu, band asal London ini menyanyikan lagu "GOOD FEELiNGS" bersama Ayra Starr. 

Makna perilisan album 'Music Moon'

X / Coldplay

Melalui perilisan album Moon Music, Chris Martin sempat mengungkapkan bahwa album ini menggambarkan perjuangan seseorang dalam menghadapi segala lika-liku dalam hidupnya. 

“Isi album ini adalah sebuah respon untuk berjuang dengan semua konflik dalam diri sendiri, dalam diri saya sendiri, juga semua konflik di luar sana dan mencari tahu apa respon terbaiknya. Menurut saya, apa yang ingin disampaikan oleh Moon Music adalah bahwa mungkin cinta adalah respon terbaik,” pungkas Chris Martin dalam sebuah unggahan klip di Instagram @coldplay, pada 5 September 2024. 

Melansir dari USA Today, band berumur hampir 27 tahun ini membuat lagu di album Moon Music dengan melodi piano yang menyentuh hati. Serta, nada-nada indah yang seperti mengajak pendengar untuk merenungkan kehidupan.

Coldplay terus gaungkan aksi peduli lingkungan

X / Coldplay

Bila melihat karya terbaru Coldplay, maka patut menyoroti pula langkah-langkah mereka terhadap aksi peduli lingkungan. Lantaran, Moon Music menjadi album pertama di dunia yang piringan hitamnya terbuat dari limbah botol plastik dan dirilis dengan berat 140g EcoRecord rPET LP.

Coldplay juga berkolaborasi dengan The Ocean Cleanup untuk membuat Notebook Edition LP. rPET. Merchandise itu terbuat dari 70% plastik sungai yang dikelola oleh The Ocean Cleanup dari Sungai Las Vacas, Guatemala. 

Selain itu, edisi CD standar dari Moon Music akan menjadi pertama di dunia yang dirilis dalam bentuk EcoCD. Terbuat dari 90% polikarbonat daur ulang, bersumber dari aliran limbah. Dalam upaya mengurangi sampah, edisi pertama Moon Music (baik EcoRecord LP maupun EcoCD) akan dibatasi secara ketat. 

Euforia penggemar terhadap album 'Moon Music'

X / Coldplay

Dalam rangka merayakan perilisan album Moon Music, ada siaran langsung Coldplay di Saturday Night Live. Lalu, diikuti dengan konser khusus pada hari Senin dalam acara Sirius XM, Musik Hall Williamsburg di Brooklyn, New York. Kemudian, Coldplay akan tampil secara langsung di TODAY Plaza untuk TODAY Show milik NBC

Euforia para ColdHeads terhadap peluncuran album Moon Music, terbayarkan saat lagu-lagu di album ini menduduki puncak tangga lagu iTunes bulan Agustus. Sebelumnya, lagu "WE PRAY" berhasil MTV VMA bulan Juni, lalu "feelslikeimfallinginlove" mencapai nomor satu di Inggris airplay chart dan Official Big Top 40. Serta, perilisan klip dari lagu "ALL MY LOVE"  yang mencapai 1,2 juta penonton.

Itulah, ulasan mengenai album kesepuluh Coldplay. Dari lagu-lagu di album Moon Music, mana yang masuk playlist musikmu, Bela? 

IDN Channels

Latest from Working Life