Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Perbedaan iPhone Inter dan iPhone iBox yang Perlu Dipahami 

Jadi, lebih pilih iPhone iBox atau iPhone inter?

Nindi Widya Wati

Bila bicara iPhone inter (internasional) dan iPhone iBox, dari fisik memang sama. Meskipun begitu, dari segi pemakaian keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Kalau iPhone iBox adalah produk ponsel pintar keluaran Apple yang dijual langsung oleh toko resminya, yaitu iBox. Sedangkan, iPhone inter biasanya dibeli dari luar negeri atau diimpor ke Indonesia melalui jalur distribusi selain iBox.

Bagi kamu yang ingin membeli iPhone, maka perlu mengetahui beberapa perbedaan iPhone interx dan iPhone iBox. Mari simak lewat artikel berikut ini, Bela! 

1. Garansi

Pexels.com

iBox berperan sebagai distributor resmi Apple, maka menyediakan garansi resmi yang bisa dinikmati pengguna iPhone melalui service center yang memiliki Authorized Apple di Indonesia. Sementara, bagi pengguna yang membeli iPhone inter tidak mendapatkan garansi serupa seperti iPhone iBox. Meski demikian, kamu masih dapat memperbaiki perangkat iPhone di service center dengan biaya tambahan. 

2. Kode negara

Pexels.com

Jika menggunakan perangkat Apple, maka memiliki kode negara yang berbeda karena sesuai lokasi pemasarannya. Saat membeli iPhone dari iBox Indonesia, maka memiliki kode region yaitu PA/A, ID/A, dan FE/A. 

Sedangkan untuk iPhone inter, memiliki kode region yang berbeda dari ketiga itu, karena menunjukkan bahwa iPhone tersebut berasal dari luar negeri. Misalkan kode ZP/A yang berarti perangkat itu dari Singapura atau kode C artinya Kanada.     

3. Kartu SIM

Pexels.com

Saat menggunakan iPhone dari iBox dapat menggunakan SIM card apa saja dari Indonesia. Berbeda dengan iPhone inter yang tidak menjamin dapat menggunakan provider di Indonesia. Sehingga, biasanya distributor tidak resmi mungkin perlu mengaturnya terlebih dahulu.  

4. Perbedaan harga

unsplash.com/Daniel Romero

Harga menjadi perbedaan yang cukup signifikan di antara iPhone inter dan iPhone iBox. Kalau iPhone iBox harganya relatif lebih mahal, sedangkan iPhone inter umumnya dibanderol dengan harga lebih miring. Meski harga lebih murah, pengguna iPhone inter harus tetap waspada jika ada kerusakan. 

5. Perbedaan aksesori

unsplash.com/Thomas Kolnowski

Lalu dari segi eksesori, iPhone iBox yang dikirim ke Indonesia tentunya sudah disesuaikan dengan standar dan kebutuhan. Contohnya saja kepala charger iPhone yang kamu beli di distributor pasti berkepala dua karena memang standar tersebutlah yang ada di Indonesia. Sedangkan, iPhone inter hanya menyesuaikan standar negara asal distributor.

6. Ketersediaan produk

Dok. Istimewa

Kelebihan lain bila membahas iPhone inter ada pada ketersediaan produk. Karena saat Apple merilis perangkat secara internasional terlebih dahulu, membuat perangkat baru non resmi lebih cepat masuk ke Indonesia daripada dari distributor resmi dengan stok perangkat jauh lebih banyak.

Sementara itu, iPhone yang dibawa iBox perlu melewati serangkaian administrasi. Membuat perangkatnya sedikit lebih lama atau bahkan tidak masuk Indonesia sama sekali. 

Lebih baik iPhone inter atau iBox?

unsplash.com/Thom Bradley

Jika masih bingung ingin menggunakan iPhone iBox atau iPhone inter, maka sesuaikan kembali dengan kebutuhanmu. Jika memilih iPhone yang dibawa oleh distributor resmi seperti iBox, maka akan lebih terjamin keamanannya, baik dari segi SIM card, IMEI, hingga garansi. Namun, harganya sedikit lebih mahal.

Kalau lebih tertarik dengan iPhone inter, perlu siap dengan beberapa risiko. Termasuk, pemblokiran IMEI yang menyebabkan perangkat tidak bisa digunakan. Hal ini terjadi karena perangkat ini masuk ke Indonesia tanpa melewati regulasi resmi. 

Itulah 6 perbedaan iPhone inter dengan iPhone iBox yang perlu kamu ketahui sebelum ingin membelinya. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat kolom komentar, Bela! 

IDN Channels

Latest from Working Life