Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips Merawat Kamera DSLR, Supaya Tak Mudah Rusak

Secara berkala merawat kamera DSLR

Nindi Widya Wati

Kamera profesional memang memiliki banyak sekali jenisnya, termasuk salah satunya adalah kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex). Jenis kamera DSLR kiranya masih menjadi favorit, baik bagi para pemula atau fotografer profesional.

Bila melihat harga kamera DSLR memang sangat beragam, mulai dari harga Rp3 juta sampai tembus Rp90 juta pun ada. Harga tersebut memang bukan sesuatu yang murah, maka tak heran kalau sangat penting untuk merawat kamera DSLR.

Saat bisa merawat kamera DSLR dengan baik, maka akan memudahkanmu untuk mendapat hasil gambar yang berkualitas. Serta, membantu usia pemakaian kamera lebih lama. Penasaran? Kira-kira apa saja tips merawat kamera DSLR? Informasi lengkapnya, simak dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Bersihkan kamera DSLR secara rutin

Pexels.com

Menjaga kebersihan kamera DSLR adalah langkah awal yang sangat penting. Gunakan kain microfiber atau tisu khusus untuk membersihkan bagian luar kamera dari debu, sidik jari, atau noda lainnya. 

Ingat untuk membersihkan lensa dengan kain pembersih lensa yang lembut dan lensa cleaner yang sesuai. Berhati-hatilah saat membersihkan bagian lensa.

2. Hindari sentuh lensa dan komponen dalam secara langsung

Pexels.com

Lindungi bagian dalam kamera, khususnya cermin dan sensor dari sentuhan tangan secara langsung. Jika perlu membersihkan sensor, biarkanlah hal tersebut dilakukan oleh profesional atau ikuti petunjuk pembersihan yang diberikan oleh produsen kamera.

Saat mengganti lensa, pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati dan di tempat yang bersih. Jangan biarkan kamera terbuka tanpa lensa terpasang untuk menghindari debu masuk ke dalam sistem kamera.

3. Lindungi sensor kamera dari sinar matahari langsung

unsplash.com/Keenan Barber

Saat mengarahkan sensor kamera pada cahaya matahari langsung yang terlalu terang, dapat merusak sensor kamera tersebut dan komponen elektronik lainnya. Maka, jangan membiarkan kamera terpapar langsung pada cahaya matahari yang terlalu terang.

4. Secara berkala cek kondisi kamera

unsplash.com/Glenn Carstens

Pemeriksaan kamera DSLR secara berkala kiranya perlu dilakukan. Cobalah periksa apakah ada bagian yang longgar, baret, atau rusak. Jika kamu menemukan sebuah masalah, segera bawalah kamera ke tempat perbaikan yang terpercaya.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi baterai sebelum digunakan. Jika baterai terlihat aus atau tidak berfungsi dengan baik, segera gantilah dengan baterai yang baru.

5. Bawa kamera secara hati-hati

Pexels.com

Kalau bicara harga kamera DSLR, maka terbilang bukan sesuatu yang murah. Apalagi, buat kamu yang menggunakan kamera ini sebagai ladang pekerjaan, maka membawa kamera ini dengan hati-hati perlu diperhatikan. Jaga kamera DSLR agar tidak terguncang, terbentur, tergores, atau bahkan terjatuh.

Demikianlah, lima tips merawat kamera DSLR dengan baik dan benar. Sudahkah kamu menerapkannya, Bela? 

IDN Channels

Latest from Working Life