Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengatasi Masalah di Tempat Kerja

Jangan sampai menjadi situasi buruk berlarut-larut

Nindi Widya Wati

Kalau bicara kemampuan mengatasi masalah dengan baik dan efektif, maka harus kita miliki di dalam dunia kerja. Lantaran, dalam mengatasi masalah di tempat kerja berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi, kemampuan mendengarkan, dan kemampuan dalam mengambil keputusan. 

Mengingat, dalam menghadapi permasalahan tersebut jangan sampai mempengaruhi kinerja kita. Lantas, seperti apa cara mengatasi masalah di tempat kerja? Mari simak informasinya lewat artikel berikut ini, Bela!

1. Tetap berpikir positif

Pexels.com

Cara mengatasi masalah di tempat kerja yang pertama mungkin terdengar klise, namun btetap berusaha memiliki prasangka baik atau perspektif positif, baiknya dilakukan bila tengah tersandung masalah di tempat kerja. Ketika menjaga sikap dan perkataan bakal membuat kita lebih tenang dalam menghadapi masalah di tempat kerja.

Misalkan, saat menerima keputusan dari atasan atau rekan yang menurutmu salah. Alih-alih marah atau mengeluh, kamu bisa coba mencari sejumlah data yang membuktikan kalau keputusan mereka salah. 

Bila sudah menemukan bukti yang ada, coba ajukan dan perlihatkan kepada mereka secara baik-baik. Siapa tahu, keputusan mereka yang salah itu bisa dikoreksi atau diperbaiki.

2. Temukan jalan tengah

Pexels.com

Permasalahan dengan rekan kerja bisa saja karena faktor personal atau profesional. Maka dari itu, perlu menemukan jalan tengah dengan membuka diskusi untuk melihat akar permasalahan yang ada. 

Kalaupun hasil diskusi tidak membuat kalian menjadi teman dekat yang se-iya sekata. Setidaknya, diskusi tersebut dapat membuka adanya kompromi tentang hal-hal apa saja yang bisa kalian sepakati. 

3. Cari tahu inti dan penyebab dari masalah

Pexels.com

Ketika mau mencari tahu inti dan penyebab permasalahan, akan membuat kita paham seperti apa bentuk persoalan yang sedang terjadi. Langkah yang kiranya membuat kita tidak gegabah dalam mengambil keputusan itu, merupakan cara mengatasi masalah di tempat kerja. Bila telah mengetahui inti dan penyebab masalah, maka selesaikanlah segera permasalahan tersebut.  

4. Introspeksi diri

Pexels.com

Saat menghadapi masalah di tempat kerja yang tak kunjung usai, maka perlu menyadari bahwa ada kemungkinan diri sendiri sebagai penyebab munculnya masalah itu. Mungkin akan terasa sulit untuk mengakuinya, tapi bisa saja realita berkata begitu.

Punya kesadaran bahwa kamu penyebab semua masalah di tempat kerja memang tak mudah. Maka dari itu, perlu akal sehat yang tajam dan kerendahan hati yang mendalam, untuk memiliki kesadaran semacam ini.

Sehingga, dengan menyadari kemungkinan pahit tersebut bisa membuat kita mengevaluasi dan memperbaiki diri sendiri. Supaya ke depannya bisa lebih hati-hati dan tidak menjadi biang masalah di tempat kerja.

5. Coba minta bantuan orang lain

Pexels.com

Cara mengatasi masalah di tempat kerja selanjutnya adalah dengan mencoba meminta bantuan dari orang lain. Mengingat, tidak semua permasalahan bisa diselesaikan sendiri. Coba untuk mencari pihak penengah, seperti rekan kerja, kepala divisi, ataupun HR.

Perlu digaris bawahi, kalau masalah di tempat kerja yang kita hadapi sebagai bahan pelajaran untuk diri sendiri atau mungkin orang-orang di kantormu. Sehingga bisa mencegah masalah yang sama terulang lagi di kemudian hari. 

Itulah, lima cara mengatasi masalah di tempat kerja yang bisa kamu lakukan. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat kolom komentar, Bela! 

IDN Channels

Latest from Working Life