Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Potret Pembukaan Asian Games di Hangzhou, Serba Digital!

Pembukaan Asian Games di Hangzhou tanpa kembang api

Nindi Widya Wati

Asian Games ke-19 yang sekian lama dinanti, akhirnya mulai terlaksana usai rangkaian Upacara Pembukaan Asian Games 2022 di Hangzhou, China pada Sabtu (23/09/2023). Pembukaan acara yang dipimpin oleh Presiden China, Xi Jinping ini terpantau sangat berbeda dari gelaran Asian Games tahun-tahun sebelumnya.

Lantaran, kemeriahan acara pembukaan Asian Games 2022 berkat teknologi Augmented Reality (AR), tampilan 3D tanpa kacamata, dan dukungan Artificial Intelligence (AI). Akan hal tersebut, tentunya mengundang pertanyaan banyak pihak, mengenai dasar pemilihan konsep yang serba virtual dengan tak menggunakan kembang api.

Dok. Istimewa

Melansir dari The Star, Hangzhou sebagai tuan rumah memutuskan untuk menggantikan kembang api sungguhan dengan pertunjukan virtual, atas dasar kekhawatiran lingkungan. Secara saksama, Direktur Utama Pembukaan Asian Games Hangzhou, Sha Xiaolan mengungkapkan, bahwa konsep opening ceremony yang mereka usung adalah Green Hosting

Inovasi tersebut, mencerminkan komitmen China untuk menyelenggarakan Asian Games 2022 dengan lebih ramah lingkungan dan mengurangi emisi karbon. Lantas, seperti apa potret pembukaan Asian Games 2022 di Hangzhou? Yuk, simak informasinya berikut ini, Bela.

1. Presiden China, Xi Jinping secara resmi membuka gelaran Asian Games 2023, yang bernuansa digital di Stadion Nasional Hangzhou, China.

YouTube.com / Sony LIV

2. Asian Games 2022 yang memiliki slogan 'Energy of Asia', dengan memboyong 5.500 pengisi acara dan 141 musisi di rangkaian opening ceremony.

YouTube.com / Sony LIV

3. Selama acara berlangsung, menampilkan budaya lokal seperti tarian bunga Sweet Osmanthus, Sungai Qiantang, dan Ekuinoks, Musim Gugur.

YouTube.com / Sony LIV

4. Ada pula kirab obor Asian Games 2022, yang melibatkan 11 kota di Provinsi Zheijang selama 12 hari.

Dok. Xinhua News

5. Tercatat, sekitar 50.000 peserta yang menghadiri upacara pembukaan Asian Games 2022, dengan dukungan lebih dari 1.200 sukarelawan.

Dok. Xinhua News

6. Saat parade atlet delegasi peserta Asian Games Hangzhou, diputar lagu "Our Asia" dengan instrumen tradisional China.

Dok. Istimewa

7. Plakat bertuliskan nama delegasi, yang berbentuk seperti kipas dibuat menggunakan teknologi pencetakan 3D.

Dok. Istimewa

8. Klip menampilkan pemuda yang berlari ribuan tahun, mulai dari kota kuno Liangzhu dari era 3300-2300 SM.

China.org

9. Klip tersebut juga menyoroti beberapa simbol kebudayaan Hangzhou, seperti Danau Barat dan Legenda Ular Putih.

Dok. Istimewa

10. Lantai LED menghasilkan efek visual 3D, yang memperlihatkan gambar gulungan lukisan di tengah stadion.

Dok. Istimewa

11. Ada klip air hujan yang berkilau, daun teratai terbentang dengan anggun, serta Jembatan Gongchen kuno menghubungkan masa lalu dengan masa kini.

Dok. Istimewa

12. Para seniman mengenakan pakaian tradisional, memamerkan berbagai bentuk seni kuno, termasuk musik dan kaligrafi.

Dok. Istimewa

13. Teknologi augmented reality atau AR, membuat lentera yang tak terhitung jumlahnya beterbangan di udara, melambangkan harapan baik dari sisi tradisional China.

Dok. Istimewa

14. Sosok pembawa obor digital berpartisipasi dalam menyalakan kaldron api Asian Games, bersama perenang China juara Olimpiade Wang Shun.

Dok. Istimewa

15. Artificial Intelligence (AI) sangat berperan penting dalam tayangan live streaming, kiranya berhasil memperdaya penonton.

Dok. Istimewa

Wah, pembukaan Asian Games serba digital ternyata mampu menampilkan budaya lokal makin menarik, ya, Bela. Bagaimana kalau menurutmu? 

IDN Channels

Latest from Working Life