Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tes Kraepelin Online: Pengertian, Manfaat, dan Situs Latihannya

Simak yuk untuk persiapan interview kamu

Niken Ari Prayitno

Mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja bukan hanya persiapan wawancara, Bela. Namun, ada pula tes-tes lainnya untuk membuktikan bahwa kamu memang cocok menjadi kandidat yang dicari oleh perusahaan. 

Salah satu tes yang cukup banyak digunakan saat akan melamar pekerjaan adalah tes kraepelin. Biasanya, tes kraepelin menjadi rangkaian dari psikotes saat kamu akan memasuki dunia kerja. Lantas, apa itu tes kraepelin, manfaat dan dimana kamu bisa latihan untuk mengerjakannya? Simak penjelasannya di artikel ini.

Apa itu tes kraepelin?

Pinterest.com

Tes kraepelin biasanya dikenal pula dengan tes koran. Disebut demikian karena kertas ujian untuk tes ini biasanya besar dan lebar. Saat membukanya, kita akan seperti tengah membaca koran. 

Tes kraepelin itu seperti ujian matematika, tapi versi cepat dan bikin deg-degan. Intinya, kamu akan diminta untuk menghitung angka dengan cepat dan teliti dalam waktu yang terbatas. Dari hasil tes ini, perusahaan bisa melihat seberapa cepat dan akurat kamu dalam mengerjakan tugas, kemampuan konsentrasi, dan juga daya tahan mentalmu saat bekerja di bawah tekanan.

Mengapa tes kraepelin itu penting?

Dok. Internet

Tes Kraepelin ini menjadi begitu penting untuk perusahaan karena bisa menjadi indikator seberapa cocok kamu dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar. Misalnya, kalau kamu sedang apply kerja di bagian akuntansi atau data analisis, kemampuan menghitung cepat dan teliti menjadi salah satu syarat utama. Maka dari itu, dengan adanya tes Kraepelin ini bisa jadi bukti kalau kamu punya kemampuan yang dibutuhkan.

Cara mengerjakan tes kraepelin

Pinterest.com

Cara mengerjakan tes kraepelin terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu menjumlahkan angka dengan angka di atasnya sebanyak mungkin sampai waktu yang telah ditentukan selesai. Pengawas ujian akan memberikan tanda jika kamu harus beralih ke deret selanjutnya yang harus kamu hitung.

Cara pengerjaannya terbilang sederhana. Tapi, karena butuh ketelitian dan waktu yang terbatas, tak jarang banyak pula yang salah menghitung angka-angka tersebut.

Manfaat mengikuti tes kraepelin

Dok. Internet

Selain untuk  perusahaan, mengikuti tes kraepelin juga punya banyak manfaat buat kamu. Apa saja manfaat mengikuti tes ini?

  • Kenal diri lebih dalam. Tes ini bisa membantu kamu melihat potensi dan kelemahan diri sendiri, terutama dalam hal konsentrasi dan kecepatan kerja.
  • Meningkatkan kemampuan. Dengan sering latihan tes kraepelin, kemampuan berhitung dan konsentrasi kamu bakal semakin terasah.
  • Persiapan karier. Kalau kamu sudah sering mengikuti tes ini, kamu bakal lebih siap menghadapi berbagai tes seleksi kerja lainnya.

Link untuk tes kraepelin online

Dok. Internet

Sebelum kamu mengikuti tes kraepelin di perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan, ada baiknya jika kamu berlatih terlebih dulu. Saat ini sudah cukup banyak link yang menyediakan tes kraepelin gratis secara online. Beberapa link tersebut adalah sebagai berikut.

  • https://belajarbro.id/tes-koran/online/
  • https://teskoran.com/
  • https://nsd.co.id/tes-kraepelin-online
  • https://metodorf.com/tests/krepelin.php

Selain link di atas, di AppStore dan PlayStore juga dapat kamu temukan aplikasi untuk tes kraepelin gratis. 

Itulah tadi pengertian, manfaat, dan cara mengerjakan tes kraepelin gratis. Semoga artikel ini membantu kamu, ya.

IDN Channels

Latest from Working Life