Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apa itu Joki Tugas? Kontroversi yang Sedang Trending di Twitter

Kehadirannya menimbulkan perdebatan

Niken Ari Prayitno

Belakangan ini marak dibahas soal joki tugas di media sosial Twitter/X. Hadirnya jasa joki tugas menimbulkan kontroversi yang cukup membuat gaduh. Beberapa orang kemudian menyangsikan kemampuan beberapa profesi pada masa mendatang karena dicurigai menggunakan jasa joki untuk mengerjakan tugas mereka.

Sebetulnya, apa itu joki tugas yang sedang ramai dibicarakan di media sosial? Simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu joki tugas?

Unsplash.com/Greg Rosenke

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih kompleks, berikut ini akan dijelaskan terlebih dulu soal apa itu joki tugas? Joki tugas adalah praktik saat seseorang membayar individu lain untuk menyelesaikan tugas akademik, proyek, atau pekerjaan lain atas nama mereka. Jumlah pembayaran biasanya disesuaikan dengan tingkat kesulitan tugas atau proyek yang mereka kerjakan.

Fenomena ini telah menjadi semakin umum di kalangan pelajar dan mahasiswa yang merasa kewalahan dengan beban akademik mereka. Selain itu, joki tugas juga melayani mereka yang ingin mendapatkan hasil yang baik tanpa harus menginvestasikan waktu dan usaha yang diperlukan. Praktik ini tidak hanya melibatkan tugas akademik, tetapi juga ujian, penulisan esai, hingga proyek akhir.

Apa efek negatif dari joki tugas?

Unsplash.com/Joshua Hoehne

Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan (apapun jenjangnya), tugas memang diperlukan untuk menguji seberapa jauh kamu memahami materi yang diberikan oleh guru atau dosen. Selain itu, tugas juga menjadi sarana kamu belajar menyelesaikan masalah, menganalisis, serta memahami logika berpikir yang runut. Tentu hal ini dibutuhkan di dunia kerja nantinya karena setiap hari kamu akan dihadapkan dengan berbagai masalah yang harus kamu selesaikan.

Jika kamu tidak terbiasa menyelesaikan masalahmu sendiri yang dimulai dengan menyelesaikan tugas, maka di masa yang akan mendatang, bisa jadi kamu akan kesulitan dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengerjakan masalah tersebut.

Selain itu, efek negatif lainnya dalam menggunakan joki tugas untuk menyelesaikan tugas adalah kamu bisa saja ketergantungan dengan jasa tersebut dan menginginkan segala sesuatunya serba instan. Padahal, masalah yang kita hadapi nantinya tidak hanya tergantung pada hasil akhir. Melainkan pula pada proses yang kamu lewati.

Bagaimana cara mengatasi kewalahan akademik?

Unsplash.com/Annie Spratt

Bagi sebagian orang, menggunakan jasa joki tugas karena beberapa alasan. Salah satunya karena kewalahan akademik akibat tugas yang menumpuk. Maka dari itu, mereka terpaksa 'meminta' bantuan untuk mengurangi beban tugas yang harus diselesaikan. 

Daripada harus menggunakan joki tugas, kamu bisa mulai mengatur ulang waktu yang kamu punya untuk mengerjakan tugas-tugasmu. Kamu bisa mulai mencicil tugas sedikit demi sedikit daripada membiarkannya menumpuk. Misalnya, kamu bisa mengalokasikan waktu selama satu jam untuk mencicil tugas. Sehingga, tugas dapat selesai tepat waktu tanpa harus menggunakan joki tugas.

Itu tadi pengertian dari apa itu joki tugas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu. 

IDN Channels

Latest from Working Life