Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Rekomendasi Paket Wifi Murah dan Unlimited di Rumah Serta Tipsnya!

Cocok untuk WFH dan SFH, nih!

Natasha Cecilia Anandita

Internet sudah seperti kebutuhan dasar bagi setiap masyarakat saat ini. Terlebih di masa pandemi saat ini. Berbagai kegiatan mulai dari belajar, bekerja, hingga mengurus rumah tangga terkadang memerlukan akses internet. Berikut ini ada rekomendasi paket WiFi murah unlimited untuk pemakaian di rumah. Mari kita lihat!

Rekomendasi Paket WiFi Rumah Unlimited Murah

1. IndiHome

indihome.co.id

IndiHome merupakan salah satu layanan penyedia internet, tv kabel, maupun telepon yang memiliki jaringan luas. Berada di grup PT Telkom Indonesia, IndiHome menawarkan berbagai paket yang lengkap meski harganya agak lebih tinggi dari kompetitornya.

Harga paket yang disediakan IndiHome bervariasi, mulai dari Rp320 ribu per bulan hingga Rp1,8 juta per bulan, tergantung pada jenis paket yang dipilih. Kecepatan internet yang ditawarkan IndiHome mencapai 10 Mbps hingga 100Mbps. Tersedia pula 90 channel televisi dan video on demand (VOD). Bahkan paket games pun juga tersedia.

Untuk pelanggan baru, pemasangan layanan IndiHome akan dikenakan biaya sekitar Rp100 ribu untuk pemasangan di wilayah Jabodetabek, sementara di wilayah lain dikenakan biaya sekitar Rp75 ribu ditambah PPn sebesar 10%. Biaya tersebut sudah termasuk dengan pemasangan dan alatnya. Dengan biaya pemasangan dan biaya langganan per bulan sebesar itu, Kamu bisa menikmati layanan iFlix, IPTV UseeTV, layanan telepon, serta akses gratis ke layanan streaming Catchplay.

2. First Media

firstmedia.com

FirstMedia adalah salah satu penyedia jasa internet paling awal di Indonesia. Awalnya bergerak di layanan TV kabel. Oleh karena itu, tidak heran jika FirstMedia memiliki banyak konsumen di Indonesia.

Harga paket yang ditawarkan FirstMedia dimulai dari Rp361.000 per bulan, dengan biaya pemasangan atau instalasi pertama kali sekitar Rp200 ribu. Harga tersebut sudah termasuk biaya sewa perangkat, namun belum termasuk PPn 10%.

Dengan kisaran harga tersebut, Kamu mendapatkan kecepatan internet hingga 15 Mbps dan layanan IPTV dengan 119 channel TV. Terdapat pula paket add on jika kamu ingin menambah layanan hiburan lainnya, mulai dari Rp25.000/bulan. Kelebihan lain dari FirstMedia adalah sudah menggunakan jaringan fiber optic.

3. MNC Play

mncplay.id

Sesuai namanya layanan internet satu ini dari salah satu grup media terbesar di Indonesia yaitu MNC Media. MNC Play menawarkan layanan internet berbasis fiber dengan harga paling murah dibandingkan kompetitornya, yaitu dimulai dari Rp290 ribu per bulan. Dengan harga tersebut, MNC Play menyediakan beragam layanan mencakup layanan IPTV dan MNC Now. Karena harga paketnya lebih miring, kecepatan internet yang disediakan pun lebih rendah, yaitu hanya sampai 10 Mbps. Sementara biaya instalasi untuk pertama kali sebesar Rp200 ribu, belum termasuk biaya PPn 10%.

4. MyRepublic

my-republic.co.id

Selanjutnya adalah MyRepublic. Perusahaan layanan internet ini berasal dari Singapura yang masuk pasar Indonesia pada tahun 2015. MyRepublic menawarkan layanan WiFi dengan kecepatan hingga mencapai 30 Mbps. Namun, layanan super cepat tersebut juga diimbangi dengan harga paket yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp329 ribu per bulan untuk layanan tanpa TV dan sekitar Rp425 ribu per bulan untuk paket lengkap dengan layanan TV kabel. Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan untuk pertama kali sebesar Rp500 ribu dan PPn 10%.

Kelebihan dari MyRepublic adalah tersedia layanan IPTV dan layanan internet yang dikhususkan untuk gamer dan streamer. Layanan gaming tersebut dianggap memanjakan para gamer karena memiliki kecepatan download dan upload 1:1 dan menggunakan IP static yang lebih stabil dibandingkan IP dynamic stkamur.

5. Biznet

biznet network

Biznet lebih dikenal sebagai penyedia layanan internet untuk perusahaan, namun juga memiliki layanan Biznet Home untuk pelanggan di rumah. Paket yang disediakan Biznet bervariasi, yaitu mulai dari Rp325.000 per bulan. Dengan harga tersebut, Biznet menyediakan layanan internet dengan kecepatan super mencapai 75 Mbps.

Untuk biaya pemasangan perdana, Biznet memberikan harga Rp750.000 dan biaya sewa perangkat Rp900.000. Memang terhitung mahal, namun layanan Biznet mencakup lPTV yang sudah memiliki teknologi TV on demand. Selain itu, jaringan fiber optic Biznet merupakan salah satu yang terluas di Indonesia, meliputi pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

6. XL Home

xl.co.id

XL Home menjadi layanan internet yang banyak digemari saat ini karena memiliki harga murah dengan internet super cepat. Paket promo yang disediakan mulai dari Rp349.000/bulan dengan kecepatan internet 100 mbps. Bahkan gratis biaya instalasi, biaya perangkat (ONT & STB), Siaran TV Local & International, serta OTT Content. XL Home juga sudah menggunakan jaringan fiber optic. Penyedia layanan internet ini tergolong baru jadi pastikan dulu ya, apakah di daerah rumahmu sudah terdapat layanan ini.

Paket WiFi unlimited di rumah

pexels.com/pixabay

1. MNC Play Residental 10 Mbps

Jika Kamu menginginkan paket unlimited yang termurah, MNC Play Residental adalah pilihan yang tepat. Paket WiFi ini menawarkan layanan internet dengan kecepatan download 10 Mbps dan kecepatan upload 10 Mbps. Harga yang ditawarkan sebesar Rp230 ribu per bulan dengan biaya instalasi sebesar Rp200 ribu.

2. Indosat GIG 20 Mbps

Selain sebagai provider internet untuk smartphone, Indosat juga menawarkan layanan paket WiFi untuk rumah. Tidak tanggung-tanggung, Indosat membebaskan biaya pemasangan alias gratis. Sementara untuk harga paketnya hanya sebesar Rp280 ribu per bulan. Dengan harga tersebut, Kamu akan mendapatkan layanan internet dengan kecepatan 20 Mbps.

3. IndiHome 10 Mbps

Selain menyediakan paket bundling, IndiHome juga menyediakan paket WiFi rumah unlimited dengan layanan basic yaitu IndiHome 10 Mbps. Layanan ini dipasarkan dengan harga Rp250 ribu per bulan dengan biaya pemasangan sebesar Rp125 ribu. Tergolong cukup murah dan kecepatan download hanya 10 Mbps serta kecepatan upload 1,5 Mbps. Tapi bagi kamu yang hobi upload di media sosial atau untuk produk online shop, layanan ini mungkin kurang sesuai.

4. IndiHome Netizen I 10 Mbps

Paket IndiHome Netizen I 10 Mbps adalah paket WiFi unlimited yang bundling dengan layanan telepon rumah. Meskipun berbeda nama, dalam hal kecepatan dan fitur yang ditawarkan sama seperti paket IndiHome 10 Mbps yaitu 10 Mbps. Hanya saja paket bulanannya agak lebih mahal, yakni Rp285 ribu per bulan. Sementara biaya pemasangan sebesar Rp150 ribu.

5. CBN Fiber 15 Mbps

Meskipun kurang familier di telinga masyarakat, paket CBN Fiber 15 Mbps ini layak Kamu pertimbangkan. CBN Fiber 15 Mbps adalah layanan paket WiFi unlimited dengan jaringan fiber optic yang berupa bundling paket dengan layanan TV kabel 44 saluran. Biaya paket ini per bulan sebesar Rp299 ribu tanpa dikanakan biaya pemasangan lagi. Paket ini cukup menjanjikan kerena menawarkan kecepatan internet hingga 15 Mbps.

Tips dan cara memasang layanan internet

pexels.com/pixabay

Sebelum memasang layanan internet di rumah, kenali dulu tujuan atau keperluan kamu memakai internet. Jika kamu menggunakan beberapa perangkat dan membutuhkan internet untuk keperluan pekerjaan, maka kebutuhan kuota internet juga besar. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan paket internet dengan berkuota besar. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memasang layanan internet di rumah, antara lain:

1.      Lokasi pemasangan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi pemasangan karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan kestabilan sinyal WiFi. Tidak semua provider internet telah menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Jadi, Kamu perlu mengetahui apakah provider internet yang dipilih telah hadir dan tersedia di wilayah tempat tinggalmu.

2. Kebutuhan akan internet

Selanjutnya, perlu mempertimbangkan kebutuhan akan internet di rumah. Semua orang memiliki kebutuhan internet yang berbeda-beda, sehingga Kamu sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan keluargamu. Jika hanya memerlukan internet untuk keperluan browsing, membuka media sosial, nonton video, dan membuka aplikasi lainnya di smartphone, tentunya Kamu tidak membutuhkan paket internet berkuota besar dan mahal.

3. Kecepatan internet

Kecepatan internet menjadi faktor penting lainnya. Provider biasanya menyediakan paket internet dengan kecepatan berbeda-beda. Akses internet yang cepat dan lancar akan mempermudah daripada akses internet lambat yang bisa membuat kesal. Jadi, pilihlah paket internet secara cermat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Harga dan kuota

Pertimbangan selanjutnya adalah harga dan kuota dari paket internet. Harga paket internet yang ditawarkan provider biasanya sebanding dengan kuota yang disedikan. Untuk layanan internet unlimited, biasanya ada Fair Usage Policy (FUP). Yang artinya jika penggunaan kuota internet telah melebihi batasan FUP, secara otomatis kecepatan dalam mengakses internet akan berkurang.

Itulah rekomendasi dan tips memasang layanan internet di rumah yang murah maupun unlimited. Sudah tentukan mau pilih yang mana? Semoga bermanfaat!

IDN Channels

Latest from Working Life