Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Saling dukung satu sama lain, yuk!

Mila Fitri Chairunisa

Dalam dunia kerja, berhubungan baik dengan rekan kerja sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang harmonis.

Rekan kerja yang supportive, akan membantu dalam meningkatkan kinerja baik individu maupun tim. Berkomunikasi secara terbuka atau mengatasi masalah dengan bijak, bisa menjadi contoh yang dilakukan.

Nah, kali ini Popbela akan memberikan tujuh menjaga hubungan baik dengan rekan kerja. Apa saja? Simak artikel ini ya, Bela.

1. Komunikasi dengan jelas dan terbuka

freepik.com

Komunikasi yang baik menjadi fondasi dari setiap hubungan, termasuk juga dengan rekan kerja. Di lingkungan kerja, kamu harus berkomunikasi dengan jelas dan terbuka dalam berbagai situasi.

Berkomunikasi yang dimaksud adalah cara penyampaian yang mudah dipahami, mendengarkan seksama, dan selalu meminta klarifikasi jika ada hal yang tidak dimengerti. Dengan melakukan cara ini, kamu akan membangun kepercayaan dan menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif.

2. Memberi dukungan dan bantuan

freepik.com

Menjadi rekan kerja yang peduli sesama tidak ada salahnya lho, Bela. Alih-alih kamu merasa tersaingi dan tidak peduli, akan lebih baik jika saling mendukung dan membantu rekan kerja di kantor.

Baik itu dalam pekerjaan atau masalah pribadi, kamu bisa menawarkan bantuan untuk rekan kerjamu. Sikap yang saling membutuhkan seperti ini akan memperkuat kolaborasi di tempat kerja dan meningkatkan moral tim.

3. Jaga sikap yang baik

freepik.com/jcomp

Sikap yang baik sangat memengaruhi hubungan antar rekan kerja. Sebab, seseorang cenderung akan lebih menyukai berinteraksi dengan individu yang optimis, ramah, dan bersikap positif dalam situasi apapun.

Mungkin, di tempat kerja selalu ada tantangan yang harus dihadapi, namun tetaplah untuk tenang dan jaga sikap dengan baik. Jangan sampai kamu menyebarkan hal-hal yang negatif seperti gosip atau mengeluh berlebihan. Fokuslah pada solusi dan saling berusaha untuk menyemangati saat mengalami kesulitan.

4. Hargai perbedaan dan berempati

freepik.com

Di lingkup pekerjaan, kamu akan bertemu dan berinteraksi dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk menghargai perbedaan tersebut dan berusaha saling memahami perspektif orang lain.

Jangan memaksakan pendapat pribadi saja, tetapi belajarlah untuk bersikap fleksibel, adil, dan terbuka. Bersikap empati juga merupakan kunci dalam menjaga hubungan baik dengan rekan kerja. Cobalah untuk saling memahami satu sama lain, agar menciptakan hubungan yang lebih harmonis.

5. Bersikap profesional

freepik.com

Menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, bukan berarti harus selalu menjadi teman dekat. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga sikap secara profesional. Hindari juga terlibat dalam konflik pribadi atau hal yang dapat memicu ketegangan di lingkungan kerja, Bela. Dan pastikan juga untuk selalu menghormati batas-batas profesionalisme.

6. Beri pengakuan dan apresiasi

freepik.com

Semua orang tentunya merasa senang, apabila dihargai atas usaha dan kontribusi mereka. Salah satu cara yang efektif untuk menjaga hubungan agar tetap erat adalah memberikan pengakuan dan apresiasi.

Ketika rekan kerja kamu melakukan pekerjaan yang baik, berikanlah pujian yang tulus atau bisa mengucapkan terima kasih setelah mereka membantumu.

7. Atasi konflik dengan bijaksana

freepik.com/prostock-studio

Konflik di tempat kerja memang tidak dapat dihindari, namun kamu bisa menanganinya bersama-sama. Jika terjadi perbedaan pandangan, usahakan untuk menyelesaikannya dengan cara yang bijaksana dan tenang. 

Komunikasikan setiap masalah dengan jujur kepada rekan kerja yang bersangkutan. Dengan mengatasi konflik dengan bijak, akan menunjukkan kedewasaan secara profesional dan membantu menjaga hubungan baik di tempat kerja.

Nah, itulah tujuh cara menjaga hubungan baik dengan rekan kerja. Salah satu cara ini bisa kamu terapkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan positif. Sudahkah kamu menerapkan cara ini, Bela?

IDN Channels

Latest from Working Life