Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Efektif untuk Motivasi Bekerja di Perusahaan

Hargai dan nikmati setiap prosesmu

Mila Fitri Chairunisa

Memotivasi diri dalam bekerja di perusahaan menjadi kunci untuk menjaga produktivitas, semangat, dan kepuasan selama berkarier. Mungkin, ada kalanya dimana motivasi bekerja menurun atau bahkan merasa kewalahan, baik karena tuntutan pekerjaan, lingkungan kerja, atau jobdesc yang menumpuk.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap memotivasi diri agar tetap fokus dan berhasil dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Untuk kamu yang sedang membutuhkan motivasi diri saat bekerja, langsung saja simak artikel ini, ya!

1. Menetapkan tujuan yang jelas

freepik.com

Cara pertama motivasi bekerja di perusahaan adalah dengan memiliki tujuan yang jelas dan terukur adalah langkah pertama untuk memotivasi diri dalam bekerja. Ketika kamu tahu apa yang ingin dicapai, kamu akan cenderung lebih fokus saat bekerja. Kamu juga bisa membuat skala prioritas dan mengevaluasi diri, untuk melihat sejauh mana perkembangan kamu untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Fokus pada hal yang positif

freepik.com/pikisuperstar

Tidak semua hal di tempat kerja selalu berjalan sesuai rencana lho, Bela. Terkadang bisa saja muncul berbagai masalah atau tantangan yang harus kamu hadapi. Alih-alih terjebak dalam negative thinking, cobalah untuk fokus dalam hal positif yang dapat meningkatkan motivasi bekerja. Hal ini bisa berupa apresiasi telah menyelesaikan pekerjaan atau pencapaian kecil yang membuat kamu merasa bangga.

3. Hargai proses, bukan hanya hasil

freepik.com/luis_molinero

Terkadang, terlalu fokus dalam bekerja dapat menyebabkan tekanan yang tinggi dan bisa menurunkan motivasi. Maka dari itu, penting untuk menghargai setiap proses dalam pekerjaan. Setiap langkah yang kamu ambil, tentunya menjadi bagian dari pencapaian yang sudah dilakukan. Dengan menerapkan hal ini, akan membuat perjalanan selama bekerja terasa lebih bermakna dan meningkatkan motivasi bekerja di perusahaan.

4. Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja

freepik.com

Berada di lingkungan kerja yang supportive bisa memberi dampak yang besar juga, Bela. Ketika kamu bekerja dalam tim yang mendukung dan saling membantu, semangat kerja pastinya semakin meningkat. Selain itu, team work yang dilakukan secara positif juga dapat membuat suasana kerja lebih menyenangkan dan kondusif.

5. Apresiasi diri atau self reward

freepik.com

Motivasi bekerja di perusahaan berikutnya adalah dengan memberikan apresiasi untuk diri sendiri atau self reward bisa menjadi cara yang efektif untuk memotivasi diri. Saat kamu mencapai target atau menyelesaikan pekerjaan yang besar, ingatlah bahwa diri sendiri layak untuk mendapatkan penghargaan atas kerja keras yang telah dilakukan.

6. Mengembangkan keterampilan diri

freepik.com/benzoix

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi diri adalah dengan terus mengembangkan keterampilan dan kemampuan. Ketika melihat diri sendiri semakin berkembang, baik secara profesional maupun pribadi, kamu akan merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk terus maju. Jadi, jangan ragu untuk tingkatkan self value kamu, ya!

7. Lakukan evaluasi diri

freepik.com

Selama kamu berkarier, penting untuk melakukan evaluasi diri secara berkala untuk menjaga motivasi kerja di perusahaan tetap tinggi. Dengan melakukannya, kamu akan tahu bagaimana kinerja dan kemajuan yang telah dicapai serta menemukan hal yang perlu diperbaiki. Evaluasi diri yang rutin dapat membantu kamu tetap berada di tujuan yang benar dan semakin termotivasi untuk terus memaksimalkan pekerjaan.

8. Jaga kesembingan antara kerja dan kehidupan pribadi

freepik.com

Menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sangat penting untuk motivasi jangka panjang. Oleh karena itu, kamu bisa menetapkan batasan waktu kerja  atau melakukan hobi yang sedang digemari. Hal ini akan membantu life balance kamu dalam menjaga kesehatan mental dan fisik.

Itulah 8 motivasi bekerja di perusahaan yang bisa kamu lakukan. Motivasi tidak datang secara tiba-tiba, kalau bukan dari diri sendiri dan dibangun melalui langkah yang tepat. Tetap semangat dalam capai tujuanmu, Bela.

IDN Channels

Latest from Working Life