Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini Rumah Pensiun Anak Muda di China: Lokasi, Fasilitas, dan Kegiatan

Berbeda dari rumah perawatan lansia, ingin tahu seperti apa?

Mariana Politton

Masa muda umumnya dihabiskan untuk bekerja keras demi mempersiapkan hari tua yang nyaman. Namun, tren unik mulai berkembang di kalangan anak muda di China, yaitu memperlambat laju kehidupan dan memilih tinggal di rumah 'pensiun' yang sengaja dirancang khusus untuk mereka. 

Tren baru ini mencerminkan perubahan signifikan dalam nilai-nilai sosial dan gaya hidup, di mana anak-anak muda di China tampak lebih memilih ritme hidup yang santai, jauh dari tekanan pekerjaan dan tuntutan kehidupan urban yang seringkali memaksakan standar tertentu.

Penasaran bagaimana rupa rumah pensiun bagi mereka yang memutuskan berhenti dari pekerjaan di usia muda? Dan, kamu juga ingin tahu kegiatan apa saja yang dilakukan di dalamnya, bukan?

Lokasi dan lingkungan

zaobao.com.sg

Guanye Youth Retirement Village adalah salah satu rumah pensiun untuk anak muda di China, yang dirancang sebagai tempat pelarian dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Didirikan sekitar tahun 2017, tempat ini berada di sebuah desa yang sunyi di Hebei, China.

Dengan lokasi tersebut, tempat ini menghadirkan lingkungan pedesaan yang asri khas China, lengkap dengan pemandangan alam yang memukau berupa gunung, sungai, dan udara yang hampir bebas polusi; memberikan kesejukan, terutama saat pagi hari.

X.com/RADII_Media

Pemandangan semakin indah dengan jalan-jalan berbatu dan dinding-dinding tua yang menambah nuansa historis. Ditambah lagi, suasana damai pedesaan terasa semakin lengkap dengan suara jangkrik dari kejauhan dan sesekali suara panggilan pedagang keliling yang melintasi jalanan desa.

"Saya lelah dengan lingkungan kompetitif di kota. Setelah merasakan (pengalaman tinggal di rumah pensiun ini), saya merasa cukup nyaman, dan rasanya seperti kembali ke kampung halaman," ungkap Xiaofei, seorang nomaden digital berusia 28 tahun, melalui CNA (9/8/2024).

bannedbook.org

Untuk mencapai rumah pensiun ini, para pemuda-pemudi di China perlu menempuh perjalanan sekitar tiga jam dari pusat kota Beijing jika bepergian di jam sibuk. Dari situ, lokasinya dapat mudah ditemukan karena berada dekat Taman Nasional Yesanpo yang terkenal dengan keindahannya.

Dengan demikian, pengalaman tinggal di Guanye Youth Retirement Village tidak harus selalu dihabiskan dalam isolasi. Para tamu dapat menikmati kesempatan berbaur dengan penduduk lokal pedesaan dan mengunjungi beberapa spot wisata menarik di sekitarnya.

Fasilitas rumah pensiun

channelnewsasia.com

Sesuai namanya, Guanye Youth Retirement Village ditujukan hanya untuk kaum muda di usia produktif. Itu berarti fasilitas yang ditawarkan berbeda dari rumah perawatan lansia karena lebih menekankan pada pemenuhan kesejahteraan pribadi dan gaya hidup santai.

Hal ini tercermin dari penggunaan kata ‘pensiun’ yang secara simbolis menekankan "pengutamaan kesejahteraan pribadi dan kesehatan mental … melampaui batasan usia," sebagaimana dijelaskan oleh Cui Kai, salah satu manajer di Guanye Youth Retirement Village, melansir dari CNA.

X.com/RADII_Media

Untuk merealisasikan tujuan tersebut, Guanye Youth Retirement Village menyediakan lebih dari 240 tempat tidur di tiga bangunan asrama dan 10 halaman. Harga rata-rata per kamar berkisar mulai dari 138 yuan (Rp297.900) untuk satu hari menginap hingga 3.599 yuan (Rp7.739.850) untuk satu bulan.

Dengan penawaran harga tersebut, para tamu yang mencari waktu istirahat dan pemulihan mental di usia muda dapat menikmati beragam fasilitas serta pemandangan alam yang memukau, tanpa terkecuali kegiatan-kegiatan menarik yang disediakan untuk melengkapi pengalaman mereka.

Kegiatan semasa pensiun

channelnewsasia.com

Dengan mengambil waktu istirahat dari kehidupan perkotaan yang sibuk dan serba cepat, para tamu di Guanye Youth Retirement Village dapat beristirahat untuk menenangkan jiwa. Selain itu, mereka juga dapat sembari menikmati berbagai kegiatan menyenangkan.

Salah satu kegiatan utama yang diikuti oleh semua tamu adalah makan bersama. Tidak hanya memenuhi kebutuhan fisik yang mendasar, makan bersama juga berfungsi sebagai wadah untuk membangun pertemanan baru antara para tamu yang memiliki minat atau isu yang relevan.

X.com/RADII_Media

Bagi mereka yang aktif dan ingin menikmati keseruan yang menyenangkan, tempat ini menawarkan beragam kegiatan menarik yang melibatkan tamu dan penduduk lokal, seperti arung jeram, hiking, fotografi, hingga kompetisi membuat pangsit yang mendorong interaksi.

Setiap aktivitas dirancang untuk menghadirkan kesenangan dan kepuasan, sekaligus mendukung kesejahteraan mental dan fisik para tamu. Selain itu, pengalaman yang didapatkan dari kegiatan-kegiatan tersebut juga dapat memberikan pelajaran berharga yang memperkaya hidup.

channelnewsasia.com

Mungkin, kamu tertarik beristirahat di usia muda, tetapi belum menemukan rumah pensiun serupa di Indonesia. Sebagai alternatif, kamu dapat mengambil waktu luang untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata alam dan pedesaaan yang menenangkan selama beberapa hari.

Dengan langkah ini, kamu bisa menikmati pengalaman serupa tren 'Rumah Pensiun' di China. Kami pun mendoakan yang terbaik untuk kesehatan mental dan fisikmu. Semoga semuanya baik-baik saja dan kamu senantiasa bahagia, Bela!

IDN Channels

Latest from Working Life