Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Ide Farewell Party yang Berkesan, Membuat Perpisahan Tak Terlupakan

Dari tema dan kegiatan, kamu dapat menerapkannya

Mariana Politton

Perpisahan selalu menjadi momen yang menyedihkan karena harus melepaskan seseorang yang dekat dengan kita. Meski begitu, perpisahan seharusnya tetap meninggalkan kesan tak terlupakan dan hal ini bisa diwujudkan melalui acara perpisahan khusus.

Acara perpisahan yang dimaksud sering disebut dengan istilah farewell party. Bukan sekadar mengubah suasana menjadi menyenangkan, acara spesial ini bertujuan untuk mengomunikasikan hal-hal bermakna terkait hubungan dan perpisahan yang terjadi.

Kamu tertarik untuk mengadakannya, tetapi malah kehabisan ide untuk membuat farewell party yang berkesan? Melalui ulasan ini, kami menyediakan beberapa ide farewell party yang diharapkan dapat menyampaikan pesan istimewa seperti, "Sampai berjumpa lagi!"

Ide tema

Di atas segalanya, suatu acara selalu membutuhkan tema yang mencolok dan berkesan. Atas dasar itulah, penting untuk memilih tema yang sesuai dengan konteksnya. Khusus perpisahan, kamu dapat mempertimbangkan beberapa ide tema di bawah ini.

1. Keliling dunia

Freepik.com/freepik

Mendambakan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat di luar negeri nyaris menjadi impian semua orang, termasuk teman atau anggota keluargamu. Kamu pun dapat membantu mereka membayangkan impian itu dengan mengusung tema “Keliling Dunia.”

Selain seru dan menyenangkan, tema ini juga dapat menyertakan elemen-elemen inspiratif yang memotivasi temanmu untuk meraih mimpi-mimpinya di masa depan.

Catatan penting: Pilihlah lokasi yang sesuai dengan tema eksplorasi dunia.

2. Karakter fiksi kesukaan

Freepik.com/freepik

Selalu ada karakter paling menonjol yang meninggalkan kesan khusus dalam suatu cerita fiksi, baik melalui layar kaca maupun buku bacaan. Kamu dapat menvisualisasikannya dalam acara perpisahan dengan menambahkan elemen-elemen terkait.

Pastikan kamu memilih karakter fiksi yang paling disukai oleh teman atau anggota keluargamu yang hendak berpisah. Dengan tema ini, orang yang kamu sayangi akan merasakan betapa kamu memperhatikan detail-detail kecil mengenai dirinya.

Catatan penting: Meminta peserta untuk mengenakan kostum karakter fiksi dapat menambah keceriaan acara.

3. Back to 90s

Freepik.com/freepik

Perpisahan sering kali mengingatkan kita pada banyaknya kenangan indah yang telah dilalui bersama. Untuk merayakan kenangan-kenangan tersebut, kamu bisa memilih tema “Back to the 90s” yang membuat temanmu seolah kembali ke masa lalu yang berkesan.

Dengan mengusung tema ini, kamu dapat menonjolkan kenangan-kenangan dari tahun 1990-an, seperti camilan, permainan masa kecil, tontonan televisi, dan sejenis lainnya.

Catatan penting: Sediakan photobooth dan beberapa aksesoris dengan tema tahun 1990-an.

4. Anak sekolah

Instagram.com/ririnekawati

Hubungan antara kamu dan teman atau anggota keluargamu yang hendak berpisah mungkin dimulai sejak masa kecil. Hal ini bisa menjadi inspirasi untuk mengusung tema “Anak Sekolahan” yang bisa mencakup tingkat SD, SMP, maupun SMA.

Dipastikan tema ini akan menghidupkan kembali kenangan-kenangan berkaitan kebersamaan kalian, baik yang menyenangkan maupun yang memberi pelajaran berharga. 

Sebagai informasi, artis Ussy Sulistiawaty sempat mengadakan acara ulang tahun yang ke-41 bertemakan serupa. Kamu dapat mengadopsinya dan menyesuaikannya khusus untuk acara perpisahan dengan teman atau anggota keluargamu.

Catatan penting: Mintalah peserta untuk mengenakan seragam sekolah agar suasana semakin terasa seru.

Ide kegiatan

Tema yang kamu pilih tidak hanya melibatkan elemen properti atau ornamen dekorasi. Sebaliknya, acara perpisahan juga memerlukan kegiatan yang mendukung tema tersebut agar terasa menyatu. Berikut adalah beberapa ide kegiatan yang bisa kamu terapkan.

5. Karaoke bersama

Freepik.com/freepik

Sudah menjadi tradisi di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, untuk melakukan karaoke bersama. Selain menyenangkan, menyanyi dapat menjadi kegiatan yang membebaskan pikiran dan perasaan melalui alunan nada dan lirik yang bermakna.

Untuk menerapkan kegiatan ini, kamu dapat lebih dulu menyewa ruang karaoke sesuai dengan kapasitas orang yang akan hadir dalam acara perpisahan. Jangan lupa untuk menyiapkan daftar lagu-lagu favorit temanmu agar acara terasa istimewa baginya.

Catatan penting: Bawalah beberapa alat musik ringan, seperti tamborin, untuk menyemarakkan suasana saat menyanyi bersama.

6. Makan malam cantik

Freepik.com/freepik

Makanan selalu berhasil menciptakan kebersamaan yang harmonis. Tidak heran, kebanyakan acara di Indonesia kerap menyuguhkan makanan agar para tamu undangan dapat menikmatinya sambil berbicara bersama. Hal ini juga berlaku untuk farewell party.

Namun, kamu bisa lebih spesifik dengan memilih untuk mengadakan makan malam atau dinner. Kegiatan ini berpotensi menciptakan suasana yang lebih indah jika kamu menemukan tempat dengan pemandangan malam terbaik sesuai kebutuhan.

Catatan penting: Kegiatan ini dapat ditujukan untuk menyatukan hubungan dengan banyak berbicara sambil memainkan beberapa permainan ringan.

7. Game night

Freepik.com/freepik

Kehidupan orang dewasa sering kali berpusat pada tugas dan tanggung jawab, meninggalkan sedikit waktu untuk mengejar kebebasan inner child. Namun, kamu bisa menghidupkannya kembali dengan mengadakan game night dalam acara perpisahan.

Pilihlah permainan-permainan yang menyenangkan dan menghadirkan nostalgia tawa-tawa masa kecil. Namun, pastikan kamu memilih tempat yang sesuai kebutuhan acara supaya tidak mengganggu orang lain di luar kelompokmu.

Catatan penting: Terapkan sistem hadiah dan hukuman untuk meningkatkan semangat bermain.

8. Staycation dan potluck

Freepik.com/freepik

Untuk menghindari kemungkinan mengganggu orang lain di luar kelompokmu, kamu dapat mempertimbangkan kegiatan staycation. Kegiatan ini akan mengumpulkanmu dan teman-temanmu dalam satu kamar untuk berbagai kegiatan seru dalam acara perpisahan.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa menghemat biaya dengan mengajak semua peserta untuk membawa makanan dan minuman yang dapat dibagi atau disantap bersama. 

Agar suasana terasa lebih menyenangkan, kamu dapat menentukan kriteria makanan tertentu berdasarkan warna, abjad, atau sejenis lainnya. Cara ini berpotensi memberikan kejutan seru mengenai makanan dan minuman apa yang akan dibawa oleh mereka.

Catatan penting: Hiasilah ruang atau kamar tanpa merusak properti tempat penginapan.

Semoga semua ide farewell party di atas dapat menciptakan momen kebersamaan terbaik dan membuat acara perpisahanmu tak terlupakan. Ingat, perpisahan bukanlah akhir dari segalanya karena selalu ada awal baru di hari-hari mendatang. Sampai jumpa, Bela!

IDN Channels

Latest from Working Life