Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tips Bikin ‘Cepat’ Kaya, Frugal Living A la Investor Warren Buffet

Apa itu frugal living dan mengapa bisa bikin cepat kaya?

Mariana Politton

Menerapkan konsep frugal living yang mengutamakan efisiensi dalam penggunaan uang, ternyata berpotensi membantu mencapainya.

Tahukah kamu? Konsep ini juga diterapkan oleh investor dan trilinuer dunia Warren Buffet. Ia pun membagikan setidaknya 6 tips untuk melakukannya. Penasaran?

1. Tetap tinggal di rumah yang sama

Freepik.com/benzoix

Rumah adalah bagian utama dari kehidupan manusia sehingga memiliki satu rumah sebenarnya sudah cukup. Hal ini juga yang diterapkan oleh Warren Buffet sebagaimana ia memilih untuk tetap tinggal di rumahnya di Omaha, Nebraska, selama lebih dari 60 tahun.

Diketahui, rumah tersebut memang tergolong ‘sederhana’ untuk ukuran seorang triliuner yang memiliki nilai kekayaan mencapai USD137,4 miliar atau setara dengan Rp2.143 triliun. Meski begitu, Warren Buffet tidak berencana pindah ke rumah atau vila mewah manapun.

Dalam sebuah kesempatan, Warren Buffet menjelaskan bahwa rumahnya di Omaha adalah investasi terbaik yang pernah ia buat. Mungkin karena rumah 'sederhana' miliknya akan terus mengalami kenaikan nilai seiring berjalannya waktu sehingga layak untuk dinantikan.

2. Menggunakan mobil murah

Freepik.com/jcomp

Dengan tingkat mobilitas yang semakin tinggi, manusia modern saat ini membutuhkan kendaraan berupa mobil. Perihal ini, Warren Buffet ternyata lebih tertarik menggunakan mobil sesuai kebutuhan dan tidak bermaksud membeli atau mengoleksi mobil mahal.

Melansir dari Forbes, mobil terbaru yang pernah dibeli oleh Warren Buffet adalah Cadillac XTS pada 2014. Ia mengungkapkan alasannya dalam sebuah kesempatan, "Sebenarnya saya hanya berkendara sekitar 3.500 mil setahun, jadi saya sangat jarang membeli mobil baru."

3. Menggunakan ponsel biasa

Freepik.com/freepik

Berbicara mengenai kehidupan di era teknologi digital, smartphone dan gadget adalah dua contoh kebutuhan konsumtif yang penting. Namun, Warren Buffet tidak terlalu memedulikan perkembangan zaman dan hanya menggunakan ponsel biasa untuk tujuan berkomunikasi.

Melansir dari CNBC Indonesia, Warren Buffet telah menggunakan ponsel murah selama bertahun-tahun sebelum akhirnya memutuskan beralih ke smartphone Apple pada 2020. Keputusan tersebut bukan karena mengikuti tren, melainkan kebutuhannya saat itu.

4. Tidak berutang

thebalancemoney.com

Kebutuhan dan gaya hidup yang semakin tinggi mendorong banyak orang untuk mengajukan banyak pinjaman atau cicilan untuk ragam hal, termasuk di kalangan orang kaya. Namun, Warren Buffet justru memilih untuk menghindari banyak utang dalam portofolio finansialnya.

Satu-satunya utang yang dimiliki Warren Buffet adalah KPR dengan tenor 30 tahun untuk sebuah rumah liburan di Laguna Beach, California, yang dibelinya pada 1971. Katanya, “Saya bisa menggunakan uang itu dengan lebih baik daripada membeli rumah secara tunai.”

5. Tidak berinvestasi dari uang pinjaman

Freepik.com/senivpetro

Dalam membangun portofolio finansial yang baik, investasi adalah salah satu langkah penting yang patut dipertimbangkan. Namun, Warren Buffet menegaskan bahwa proses investasi sebaiknya tidak bersumber dari uang pinjaman karena dapat menimbulkan risiko negatif.

Saran ini berasal dari pengalaman pribadi Warren Buffet yang pernah melakukan kesalahan di usia muda, yaitu meminjam uang untuk membeli saham. Dari konsekuensi yang memberatkan, ia belajar untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut dan fokus pada pemulihan finansial yang lebih aman.

6. Mengembangkan cara kreatif untuk berhemat

sofi.com

Membangun gaya hidup hemat memang tidak mudah dan sering kali menyebabkan inkonsistensi. Untuk mengatasi hal ini, Warren Buffet membagikan pengalamannya dalam mengembangkan cara kreatif untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Contohnya, ketika anak pertama Warren Buffet lahir, ia memilih untuk mengubah meja rias menjadi tempat tidur bayi. Begitu juga saat anak kedua lahir, ia memutuskan untuk menyewa tempat tidur bayi. Dengan cara tersebut, Warren Buffet tidak perlu membeli barang baru.

Sebagai tambahan, Warren Buffet juga menyarankan, “Jangan menabung apa yang tersisa setelah dibelanjakan, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung.”

Dengan mengikuti beberapa tips frugal living yang diterapkan oleh Warren Buffet di atas, kamu bisa mulai mengelola keuanganmu dengan lebih baik. Kami pun berharap kondisi finansialmu semakin baik untuk dapat menghidupi diri sendiri dan keluarga tercinta!

IDN Channels

Latest from Working Life