Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Ide Bisnis Musiman Menjelang Iduladha, Berpotensi Menguntungkan!

Diharapkan ide bisnis ini membantu proses ibadah

Mariana Politton

Hari Raya Iduladha menghadirkan suasana penuh khidmat bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah kurban dan berkumpul dengan keluarga. Di samping itu, berkah pun dapat dirasakan melalui peluang bisnis yang berpotensi melancarkan momentum sakral ini.

Untuk itulah, kami sengaja menyediakan beberapa ide bisnis bernuansa Iduladha melalui ulasan di bawah ini. Diharapkan ide yang dipilih tidak hanya menguntungkan tetapi juga mengoptimalkan perayaan Iduladha di Indonesia. Semoga lancar dan penuh berkah, Bela!

Mengoptimalkan peluang bisnis Iduladha

Freepik.com/tirachardz

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ide bisnis akan sekadar menjadi ide apabila tidak disertai tahapan strategi yang tepat. Beberapa tahapan yang perlu diperhatikan adalah perencanaan, pemasaran, pelayanan, kemitraan, dan evaluasi.

  • Perencanaan bisnis ditujukan untuk memastikan kelancaran operasional bisnis selama Idul Adha. Hal ini dapat terealisasi dengan memperhatikan tujuan, anggaran, estimasi waktu implementasi bisnis, sumber daya yang dibutuhkan, dan proses yang diterapkan.
  • Pemasaran yang efektif dibutuhkan untuk menjangkau target pelanggan dalam jumlah tertentu. Hal ini dapat tercapai dengan menetapkan saluran pemasaran yang tepat dalam mempromosikan produk atau layanan sesuai kebutuhan pasar.
  • Pelayanan adalah faktor penentu kepuasan pelanggan sekaligus reputasi bisnis. Itulah mengapa pelayanan harus bersifat ramah, cepat, dan profesional.
  • Kemitraan dengan pihak lain memiliki peranan krusial dalam meningkatkan efisiensi operasional. Hal ini patut diperjuangkan dengan menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik dengan mitra, termasuk jasa kurir, komunitas lokal, dan lainnya.
  • Evaluasi secara berkala harus dilakukan untuk menilai kinerja bisnis musiman. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi area yang disukai pelanggan dan yang perlu diperbaiki, serta melakukan perbaikan tersebut.

Dengan memahami dan melakukan tahapan strategi di atas, diharapkan peluang ide bisnis musiman menjelang Iduladha dapat berjalan lancar sesuai ekspektasi. Sekarang, mari kita lihat beberapa ide bisnis musiman yang dapat dipertimbangkan untuk Iduladha.

1. Layanan pemesanan hewan kurban

Freepik.com/freepik

Sebagaimana Hari Raya Iduladha melibatkan ibadah kurban, permintaan masyarakat akan hewan kurban tentu akan meningkat secara signifikan. Hal ini dapat menjadi peluang untuk menyediakan layanan pemesanan hewan kurban, baik secara online maupun offline.

Untuk melakukannya, para pelaku bisnis dapat menjalin kemitraan dengan penjual hewan kurban atau secara mandiri turut menjual hewan kurban. Pada dasarnya, keduanya akan sama-sama membutuhkan sistem pemesanan yang memudahkan transaksi pembelian.

2. Penyewaan mobil pick-up

Freepik.com/freepik

Dalam ibadah kurban di Hari Raya Iduladha, proses distribusi hewan kurban maupun daging kurban akan otomatis dilakukan. Hal ini dapat menjadi peluang untuk menawarkan jasa penyewaan mobil pick-up yang berpotensi melancarkan proses tersebut.

Melansir dari CNN Indonesia, Andi Nugroho selaku Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) menjelaskan bahwa bisnis persewaan mobil pick-up ini dibutuhkan karena berguna untuk mengangkut berbagai hal berkaitan penyembelihan dan distribusi daging.

3. Layanan pengelolaan kebersihan kurban

Freepik.com/jcomp

Dalam proses penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Iduladha, kebersihan lingkungan akan cenderung terdampak. Itulah mengapa selalu dibutuhkan orang-orang yang dapat mengelola limbah kurban dan membersihkan lokasi dengan optimal.

Namun, perlu diperhatikan bahwa menawarkan layanan pengelolaan kebersihan kurban harus disertai dengan peralatan lengkap yang memadai. Selain itu, dibutuhkan juga tenaga kerja yang terlatih untuk memberikan hasil yang dibutukan oleh masyarakat setempat.

4. Penjualan alat memasak

Freepik.com/KamranAydinov

Perayaan Iduladha sangat erat kaitannya dengan kegiatan mengolah daging kurban untuk keluarga. Hal ini dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan bisnis penjualan alat-alat memasak yang dibutuhkan, terutama dalam mengolah daging kurban.

Andi Nugroho membenarkan ide bisnis ini kepada CNN Indonesia bahwa, "... kebutuhan akan peralatan untuk mengolah makanan dan memasaknya akan tinggi."

Sebagai rekomendasi, beberapa alat atau perlengkapan memasak yang dapat dijual adalah tusuk sate, alat pemanggang, kompor, panci, arang, bumbu dapur, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih lanjut, survei mengenai kebutuhan masyarakat juga dapat dilakukan.

5. Penjualan hadiah bertemakan Iduladha

Freepik.com/freepik

Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dalam hubungan ramah-tamah antarmasyarakat. Tidak hanya dengan menjalin komunikasi yang baik saat bersilahturahmi, tetapi juga membagikan hadiah-hadiah musiman untuk turut merayakan hari raya tertentu.

Dengan demikian, penjualan hadiah atau souvenir bertemakan Iduladha dapat menjadi pilihan ide bisnis untuk merayakan momentum yang ada. Penjualannya pun dapat dilakukan secara daring untuk menjangkau lebih banyak target pembeli di Indonesia.

6. Penjualan baju muslimah

Freepik.com/freepik

Dalam menyambut Hari Raya Iduladha, umat muslim di Indonesia cenderung mengekspresikan kegembiraan penuh khidmat dengan berkumpul bersama keluarga. Dalam acara ini, setiap anggota keluarga gemar memakai pakaian muslim yang baik.

Tradisi ini pun dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis penjualan pakaian muslimah. Jika belum memiliki modal yang cukup untuk membuat pakaian muslim, kamu dapat mempertimbangkan peluang reseller yang marak di dunia bisnis online.

Kalau begitu, ide bisnis musiman manakah yang akan kamu coba menjelang Hari Raya Iduladha? Ingat, pastikan bahwa tujuan bisnismu tidak sekadar meraih keuntungan finansial, tetapi juga membantu memenuhi kebutuhan target pasar di Indonesia.

IDN Channels

Latest from Working Life