Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Tips Memilih Bed Frame yang Cocok untuk Kamar Tidur

Membuat kamar lebih estetik

Cynthia Claudia

Bed frame atau dipan merupakan sebuah alas yang membuat posisi kasur lebih tinggi. Selain kasur, penting juga untuk memilih bed frame yang tepat, agar kualitas tidur kita tetap terjaga di malam hari.

Bahan dan gaya bed frame bisa disesuaikan dengan desain kamar tidur. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membeli bed frame yang tepat, Bela.

Mari simak tips memilih bed frame yang cocok untuk desain kamar tidurmu berikut ini.

1. Memilih ukuran yang tepat

KitchenZ.com

Tips pertama dalam memilih bed frame yang cocok untuk desain kamar tidurmu adalah memilih ukuran yang tepat. Kamu perlu memahami ukuran kasurmu terlebih dahulu, Bela.

Ada tiga jenis ukuran kasur: Single, Queen, King, Super King Size.

  • Single: ukurannya kurang lebih 90 cm x 200 cm atau 100 cm x 200 cm
  • Queen: ukurannya sekitar 160 cm x 200 cm
  • King: ukurannya dua kali lipat dari kasur single atau ±180 cm x 200 cm
  • Super King Size: ukuran yang paling besar atau sekitar 200 cm x 200 cm

Ukuran kamar tidurmu juga patut dipertimbangkan ketika memilih bed frame yang tepat. Pastikan ketika bed frame sudah diletakkan, kamu masih punya cukup ruang untuk berlalu lalang dan minimal punya ruang untuk meletakkan meja berlaci.

2. Mengenali bahan bed frame

walkeredison.com

Dua bahan bed frame yang paling umum digunakan adalah kayu dan besi. Bed frame kayu bisa dipilih berdasarkan jenis kayunya, contohnya rotan, mahogani, atau jati yang terkenal anti rayap. 

Dibandingkan bahan dasar kayu, besi memang lebih kokoh dan warnanya bisa disesuaikan dengan interior ruangan kamar tidur. Namun jika warnanya besi bed frame-nya sudah pudar, tentu perlu cat ulang dengan warna sesuai selera.

Bahan bed frame memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bed frame berbahan kayu sensitif terhadap kelembapan udara dan uap air, serta rentan diserang oleh rayap. Namun, jika dibandingkan dengan bahan bed frame besi, bahannya juga bisa berkarat dan catnya mengelupas sehingga diperlukan perawatan yang baik.

3. Memilih ketinggian bed frame yang tepat

2modern.com

Tips memilih bed frame berikutnya adalah perhatikan ketinggiannya. Paling umum, ketinggian bed frame adalah 60 hingga 63cm dari lantai.

Terutama jika kamu sudah berkeluarga atau punya hewan peliharaan, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih bed frame yang tidak terlalu tinggi. Pastikan anak-anak tidak kesulitan naik ke atas kasur.

4. Perhatikan estetika atau desain kamar tidur

goodhousekeeping.com

Tips memilih bed frame yang selanjutnya adalah sebaiknya perhatikan estetika atau desain kamar tidur kamu saat ini. 

Jika desain kamar tidurmu lebih tradisional, kamu bisa memilih bed frame dengan bahan aksen kayu. Namun, jika desain kamar tidurmu lebih modern atau industrial, maka kamu bisa memilih bed frame yang lebih minimalis atau yang berbahan dasar besi.

Itulah tips memilih bed frame yang cocok untuk desain kamar tidurmu, Bela. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli bed frame harus sesuai dengan kualitas yang didapatkan, jadi pastikan kamu memilih dengan cermat, ya!

IDN Channels

Latest from Working Life