Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tokoh Paling Berpengaruh 2022, Menurut Forbes Korea Power Celebrity

Grup K-Pop hingga pemain sepak bola masuk dalam daftar

Cynthia Claudia

Negara Korea telah melahirkan deretan talenta di berbagai industri. Sejak tahun 2000, majalah bergengsi Forbes Korea telah merilis daftar tokoh paling berpengaruh di setiap industri tiap tahunnya, yaitu daftar Forbes Korea Power Celebrity.

Berbagai tokoh paling berpengaruh dari industri musik, seni, olahraga, hingga hiburan dinilai berdasarkan beberapa faktor. Mulai dari pencapaian profesional, jangkauan media, kekayaan bersih, penampilan publik, pengikut, serta pengaruh mereka di media sosial. Daftar Forbes Korea Power Celebrity tahun 2022 disusun berdasarkan hasil tahun lalu.

Kemunculan nama seseorang dalam daftar itu merupakan suatu kehormatan besar bagi mereka dan pendukungnya. Meskipun terdapat beberapa nama yang kembali disebut dalam daftar tersebut selama bertahun-tahun, namun ada pula pendatang baru yang tak disangka berhasil memasuki daftar tersebut. 

Kira-kira siapa saja ya tokoh-tokoh yang berhasil masuk dalam daftar 10 Besar Forbes Korea Power Celebrity 2022? Simak, yuk, ulasannya berikut!

1. BTS

Dok.Internet

BTS mengejutkan para penggemar karena berhasil menempati peringkat pertama dalam daftar ini. Memasuki pertengahan tahun 2022, BTS telah mencetak banyak prestasi, termasuk konser solo Permission To Dance on Stage yang sukses. Konser yang ditunggu-tunggu ini dihadiri ribuan penggemar, dan menjadi malam yang tak terlupakan.

Kepopuleran BTS juga didasarkan daari musiknya yang bermakna. Musiknya memiliki arti yang bertujuan menyebarkan pesan mencintai diri sendiri. Mereka bahkan memiliki album yang didedikasikan untuk tujuan ini.

Setiap penggemar BTS memahami perjuangan para anggotanya hingga mencapai popularitasnya seperti sekarang. Mereka sangat berpengaruh sampai sekarang, sehingga sebagian besar kekayaan negara Korea bergantung pada mereka. Terlebih lagi, BTS adalah group K-Pop pertama yang tampil di panggung Grammy dan bahkan mendapatkan nominasi.

2. BLACKPINK

hellokpop.com

BLACKPINK terdiri dari empat anggota yang memiliki pengaruh yang sama kuatnya sebagai individu maupun sebagai sebuah grup. Grup ini debut di bawah naungan YG Entertainment pada tahun 2016.

Setiap anggota telah sukses menjalankan debut solo mereka tahun ini, dan beberapa merk ternama memilih mereka untuk menjadi brand ambassador. 

Album pertama dan satu-satunya milik mereka, berjudul The Album, menjadi album pertama milik girl group K-Pop yang terjual lebih dari satu juta kopi. Selain itu, mereka juga merupakan group Korea pertama yang menerima sertifikasi dari Asosiasi Industri Korea Amerika.

Dikenal karena memecahkan rekor, lagu "How You Like That" pada tahun 2020 tidak hanya memecahkan satu tetapi tiga rekor Dunia Guinness. Lagu tersebut menjadi video musik yang paling banyak dilihat di YouTube dalam 24 jam. BLACKPINK sebelumnya juga pernah menempati peringkat pertama dalam daftar ini pada 2019, ketiga pada 2020, dan kedua pada 2021.

3. Son Heung Min

instagram.com/@hm_son7

Di antara orang Korea yang paling berpengaruh, menurut Forbes Korea, adalah pemain sepak bola Son Heung Min, yang berhasil menempati posisi ketiga. Son Heung Min adalah kapten tim nasional Korea Selatan, yang bermain untuk Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur. 

Bakatnya diakui secara luas di seluruh dunia. Son Heung Min merupakan pemain Asia pertama yang mencetak lebih dari lima puluh gol di Liga Premier. Setelah ia menandatangani kontrak dengan Tottenham sebesar $ 22 juta, Son Heung Min juga mendapatkan gelar pemain Asia termahal hingga saat ini.

Namanya sering masuk dalam daftar ini selama beberapa tahun, tepatnya sejak ia menduduki peringkat ke-9 pada 2019, peringkat ke-4 pada tahun 2020 dan 2021.

4. Hyun Jin Ryu

instagram.com/@hyunjinryu325

Hyun Jin Ryu adalah pemain bisbol profesional yang sukses. Ia menjadi pitcher untuk Toronto Blue Jays dari Major League Baseball. Keahliannya yang mengesankan di lapangan telah menginspirasi banyak orang.

Salah satu pencapaian paling menonjol dari Hyun Jin Ryu adalah ketika ia menjadi pitcher Korea Selatan pertama yang memulai permainan Seri Dunia. Melalui daftar Forbes Korea Power Celebrity 2022, ini pertama kalinya Hyun Jin Ryu diakui sebagai tokoh Korea paling berpengaruh.

5. Lee Chan Won

koreaboo.com

Lee Chan Won Lebih dikenal dengan nama panggilannya, Chantobaegi, karena penampilannya yang mencuri hati di acara Mr Trot. Lee Chan Won adalah seorang penyanyi trot sekaligus seorang entertainer.

Ia menerima sorotan karena suaranya yang merdu dan penampilannya di berbagai acara TV populer. Berkat popularitasnya, ia berhasil memenangkan beberapa penghargaan.

Debut pada tahun 2020, kisah debutnya cukup menarik. Saat itu, salah satu gurunya memintanya untuk menyanyikan lagu romantis terkenal berjudul "Day Of Dawn" oleh Song Dae Kwan. Beberapa hari kemudian, ia dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan Bliss Entertainment

6. Lee Seung Gi

soompi.com

Lee Seung Gi dikenal sebagai salah satu aktor kdrama paling favorit, yang memerankan Cha Dae Wung dari drama komedi romantis populer berjudul My Girlfriend Is A Gumiho.

Tidak hanya berbakat sebagai aktor, ia juga berbakat menyanyi dan menjadi pembawa acara TV. Lee Seung Gi telah menerima penghargaan bergengsi sebagai aktor sekaligus penyanyi. Dia telah menerima Golden Disc Awards pada tahun 2009, 2010, dan 2021. Sebagai seorang aktor, Lee Seung Gi telah menerima Baeksang Arts Awards untuk Most Popular Actor. 

Lee Seung Gi pertama kali muncul di daftar ini pada tahun 2010 ketika berada di peringkat ketujuh. Ia menempati peringkat keempat pada 2011, dan kemudian keenam pada 2012, 2015, dan 2022.

7. Lim Young Woong

instagram.com/ @im_hero____

Lim Young Woong merupakan penyanyi trot yang berhasil mengalahkan 17.000 pelamar lainnya di acara Mr. Trot untuk meraih juara pertama. Ia akhirnya menyapu berbagai penghargaan sejak saat itu. Akun YouTube pribadinya juga telah melampaui 1,3 juta pelanggan.

Single paling populernya yang mencapai No.1 di Tangga Album Gaon adalah "My Starry Love". Meskipun ia telah memenangkan banyak penghargaan, ini adalah pertama kalinya Lim Young Woon masuk dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity

8. Yoon Yuh Jung

koreaboo.com

Aktris veteran ini berhasil populer di ranah global berkat perannya di Minari, sehingga memenangkan penghargaan Aktris Pendukung Terbaik di Academy Awards ke-93. Selain itu, ia juga berhasil memenangkan Screen Actors Guild Awards, Independent Spirit Award, dan masih banyak lagi.

Youn Yuh Jung telah berkarier menjadi aktris selama lebih dari lima dekade. Ia dikenal karena perannya dalam drama Minari, The Taste Of Money, Woman Of Fire, Pachinko, dan The Housemaid. 

Pada tahun 2021, Youn Yuh Jung terpilih sebagai salah satu dari seratus orang paling berpengaruh di dunia oleh majalah TIME.

9. Yoo Jae Suk

running-man-korea.fandom.com

Bagi yang belum tahu, Yoo Jae Suk adalah seorang komedian dan pembawa acara TV asal Korea Selatan yang paling populer, melalui penampilannya di Running Man. Ia berhasil mencapai peringkat kesembilan dalam daftar tahun ini.

Tidak hanya menjadi pembawa acara di Running Man, ia kerap muncul di acara Infinite Challenge dan Happy Together. Meskipun ini merupakan pertama kalinya Yoo Jae Suk masuk dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity 2022, para penggemar yakin ia akan tetap bertahan pada posisinya dalam daftar ini.

10. Jang Minho

instagram.com/@jangminho7

Jang Minho adalah seorang penyanyi, model, penari, dan pembawa acara TV. Ia juga menjadi populer setelah berkompetisi dalam acara populer Mr. Trot pada tahun 2020.

Ia berhasil mencapai final dan menempati posisi keenam. Kemenangan ini langsung membawa popularitasnya melejit ke ranah global. Ia begitu dicintai karena menulis lirik lagu yang sangat menyentuh hati, yang pasti akan membuat siapa pun yang mendengar lagunya menangis.

Itulah 10 tokoh paling berpengaruh di negara Korea, Menurut daftar Forbes Korea Power Celebrity 2022. Selamat bagi yang dipilih! Semoga pencapaian mereka bisa menginspirasi kita semua, ya!

IDN Channels

Latest from Working Life