Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

BLACKPINK Mendominasi, Intip Nominasi MTV VMAs 2023

Persaingan antar idol K-pop sangat ketat

Ajenk Rama

MTV telah mengumumkan daftar nominasi Video Music Awards (VMAs) 2023. Kehadiran K-pop di kancah musik Internasional sangat diperhitungkan dan nominasi VMAs 2023 gelombang kedua ini menjadi bukti nyata. 

Sejumlah idol K-pop berhasil masuk nominasi VMAs 2023. BLACKPINK mengukuhkan citra mereka sebagai girlband K-pop yang mendunia, mereka mendominasi kategori. Di sisi lain, persaingan untuk memenangkan kategori sangat ketat. 

Nah, siapa saja grup K-pop yang masuk daftar nominasi VMAs 2023? Intip serba-serbinya di bawah ini. 

BLACKPINK meraih nominasi terbanyak

Twitter.com/vmas

Masih ingat penampilan fenomenal BLACKPINK di panggung megah VMAs 2022? Mereka membawakan lagu megahit, "Pink Venom". Tahun ini menjadi bukti ketenaran BLACKPINK di ranah musik Internasional. 

Yup, Jennie Cs berhasil meraih nominasi terbanyak di VMAs 2023. Nominasi tersebut adalah Group of the Year, Best K-Pop, Best Editing, Best Art Direction, Show of Summer, dan Best Choreography. 

Di empat kategori, BLACKPINK menjadi satu-satunya girlband Korea yang melawan musisi Internasional. Sementara nominasi Best K-Pop, mereka akan melawan rekan senegaranya.

Kategori Group of the Year didominasi Grup K-pop

K-pop memberikan pengaruh cukup besar di panggung musik Internasional. Terbukti dari nominasi Group of the Year, lima dari delapan nominasi adalah Grup K-pop. Grup yang dinominasikan adalah BLACKPINK, FIFTY FIFTY, NewJeans, TXT, dan SEVENTEEN. 

Kelima grup ini akan bersaing melawan FLO, Jonas Brother, dan Maneskin untuk meraih trofi di kategori Group of the Year

FIFTY FIFTY meraih tiga nominasi

Di tengah perseteruannya dengan agensi, FIFTY FIFTY mencuri atensi dengan masuk tiga nominasi di VMAs 2023. Grup besutan ATTRAKT itu mencatatkan prestasi lewat nominasi Group of the Year, Song of Summer, dan Best K-Pop. 

Lagu "Cupid" berhasil mengantarkan FIFTY FIFTY masuk kategori Song of Summer dan akan melawan TXT, Jungkook, hingga 13 musisi lainnya. 

BTS absen di kategori Group of the Year

Twitter.com/vmas

Seperti kamu ketahui, BTS menjadi grup K-pop yang langganan masuk nominasi VMAs dari tahun ke tahun. Grup HYBE Labels itu berhasil memboyong penghargaan Group of the Year selama empat tahun berturut-turut. 

Namun tahun 2023, BTS absen dari kategori nominasi Group of the Year dan diisi grup K-pop lain. Meski absen, ada satu perwakilan BTS yang masuk nominasi di kategori lain. 

Jungkook mewakilkan BTS di nominasi VMAs 2023

Twitter.com/vmas

Jungkook, sang Golden Maknae menjadi perwakilan BTS di nominasi VMAs 2023. Lagu "Seven" yang viral ini sukses mengantarkan Jungkook di kategori Song of Summer.

Persaingan di kategori ini sangat sengit, karena Ia harus mengalahkan dua rekan musisi dari negaranya dan beberapa musisi ternama Internasional, seperti Beyonce, Dua Lipa, Doja Cat, Doechii featuring Kodak Black, Olivia Rodrigo, hingga Taylor Swift. 

TXT tampil perdana di panggung VMAs 2023

Twitter.com/TXT_bighit

Satu agensi dengan BTS, TXT memboyong empat nominasi di VMAs 2023 di kategori Best K-Pop, Song of Summer, PUSH Performance of the Year, dan Group of the Year. Di kategori PUSH Performance of the Year, TXT menjadi satu-satunya boyband Korea yang bersaing dengan 11 musisi Internasional.

Melansir Soompi, TXT dikonfirmasi tampil di panggung VMAs 2023 dengan penampilan spesial. Ini menjadi penampilan perdana untuk kelima anggota. Mereka dikabarkan akan membawakan lagu pra-rilis terbaru dan berkolaborasi dengan penyanyi Brasil, Anitta. 

Musisi K-pop dan Internasional meramaikan VMAs 2023

MTV VMAs 2023 sudah mengumumkan sebagian nama musisi yang akan meramaikan panggung spesial tersebut. Mulai dari idol K-pop sampai penyanyi Internasional lainnya. Dari Twitter VMAs, terlihat beberapa nama musisi seperti TXT, Stray Kids, Maneskin, Karol G, Doja Cat, Demi Lovato, Shakira, hingga Anitta yang dikonfirmasi tampil. 

Selain itu, VMAs 2023 bakal disiarkan langsung pada 12 September 2023 di Prudential Center, New Jersey. Untuk pemungutan suara VMAs telah dibuka. Namun, ada beberapa kategori yang sistem voting-nya baru dibuka pada 7 hingga 11 September 2023. Kira-kira, siapa musisi yang akan membawa pulang Moonman terbanyak?

IDN Channels

Latest from Working Life