Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Potret MAMAMOO Sekarang vs Dulu, Eksis Berkarya selama 1 Dekade

MAMAMOO tengah merayakan 10 tahun debut

Ajenk Rama

Meski banyak grup idola bertumbangan, namun MAMAMOO menjadi salah satu bukti grup idola yang mampu mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan Korea Selatan selama satu dekade

MAMAMOO tengah merayakan ulang tahun debut mereka ke-10 pada 19 Juni 2024. Solar, Moon Byul, Whee In, dan Hwasa, membagikan pemikiran dan rasa syukur mereka ke media sosial.  

Banyak suka dan duka telah dilewati MAMAMOO selama berkarya, terlebih para anggota juga memiliki aktivitas solo yang gemilang. Di tengah hari bahagia mereka, ikuti kilas balik perjalanan dan perjuangan MAMAMOO dari debut hingga kini. 

1. Debut MAMAMOO yang mengesankan

Twitter.com/RBW_MAMAMOO

MAMAMOO resmi memulai debutnya pada 18 Juni 2024 di bawah agensi RBW (Rainbow Bridge World) dengan single "Mr. Ambiguous" dan dianggap sebagai lagu debut terbaik di masanya. Mereka menampilkan konsep fun, retro, seksi atau genit dengan cara yang cerdas. 

Video musik MAMAMOO terbilang minimalis, tetapi alat peraga kumis yang dipakai oleh para anggota sempat menjadi tren dan ikonik. Harmoni lagu berpadu sempurna dengan vokal MAMAMOO yang berciri khas. 

2. MAMAMOO melaju dengan album Pink Fungky

Koreaboo.com

Pada 2 Juni 2015, MAMAMOO merilis "Ahh Oop!", single pertama dari album mini ketiga bertajuk Pink Funky. Album tersebut meningkatkan popularitas MAMAMOO di industri musik Korea Selatan. Lagu ini merupakan kolaborasi kedua grup bersama Esna. 

Lagu "Um Oh Ah Yeh" dari album Pink Funky juga sukses di pasaran. Lagu itu bertengger di posisi ketiga Gaon Music Chart. Seiring dengan bertambahnya penggemar, mereka harus siap menerima komentar menyakitkan. Kualitas vokal tidak cukup membungkam haters, yang senang berkomentar buruk tentang fisik mereka. 

3. MAMAMOO menampilkan gaya musik berbeda

yna.co.kr

Sukses dengan fan meeting pertama, MAMAMOO terus mengeksplorasi gaya bermusik dari retro, jazz, hingga R&B. Sehingga, publik menjuluki mereka sebagai grup perempuan serba bisa yang mampu menampilkan gaya musik berbeda. 

Pada 26 Januari 2016, Solar Cs mengeluarkan lagu pra-rilis bergenre R&B Ballad berjudul "I Miss You" dari album studio pertama, yaitu Melting. Mereka meraih kemenangan perdana di Inkigayo lewat "You're the Best" pada 6 Maret 2016. Melalui lagu tersebut, MAMAMOO mengumpulkan delapan trofi kemenangan. 

4. MAMAMOO lantang melawan stereotipe

Soompi.com

Lewat lagu, MAMAMOO begitu lantang melawan stereotipe yang melekat. Mereka tidak ragu untuk menyuarakan feminisme atau hal-hal yang selama ini membatasi perempuan untuk berkarya. 

Para anggota juga dikenal suka bersuara tentang isu ini, seperti Solar dan Hwa-sa yang secara konsisten menunjukan sikap atau tindakannya dalam kehidupan sehari-hari. Lagu "Yes I Am" rilisan 2017 mengangkat isu pemberdayaan perempuan.

Tak hanya sekali, video musik "HIP" kembali menonjolkan citra perempuan yang berdaya dan mandiri. Salah satu adegan yang menuai sorotan saat Hwa-sa menjadi Presiden yang dicitrakan negatif.

Dari lirik-lirik lagunya, MAMAMOO membalikkan semua hinaan haters yang ditunjukan ke mereka. MAMAMOO juga mengajarkan kepada perempuan di seluruh dunia untuk tidak gentar menjadi diri sendiri, berdaya, serta tetap percaya diri. 

5. MAMAMOO tampil dewasa dan debut Jepang

Soompi.com

Pada awal Januari 2018, MAMAMOO menyatakan niat mereka untuk tampil lebih dewasa dalam proyek-proyek lagu atau album berikutnya. Hal ini merupakan transformasi mereka secara usia dan kematangan bermusik. 

Single pra-rilis berjudul "Paint Me" menjadi langkah awal mereka bertransformasi dan seri dari seri proyek, yaitu Four Seasons, Four Colors. MAMAMOO memulai protyek 4 Seasons 4 Colors saat mereka merilis album mini ke-6 bertajuk Yellow Flower pada 7 Maret 2018 dengan title track, yaitu "Starry Night". Lagu ini bergenre Dance Pop yang terinspirasi dari bahasa Latin dan termasuk lagu terpopuler pada 2018.

Di tahun yang sama, MAMAMOO melebarkan sayap bermusiknya ke Negeri Sakura pada 3 Oktober 2018 lewat single "Décalcomanie" di bawah label Victor Entertainment. Saat rilis, lagu ini menduduki peringkat ke-11 di tangga lagu mingguan Oricon. 

6. Debut solo anggota MAMAMOO

Berbagai sumber

Cukup lama berkarier di dunia hiburan, akhirnya anggota MAMAMOO debut solo. Debut ini menampilkan warna musik lebih beragam. Pada 17 April 2018, Whee In resmi debut solo dengan single album bertajuk Magnolia dengan title track "Easy."

Kemudian, pada 13 Februari 2019, Hwasa juga debut solo dengan lagu "Twit". Di lagu ini, Ia berpartisipasi dalam penulisan dan komposisi lagu. Lagu ini sukses besar dan memuncaki peringkat teratas Gaon Digital Chart, serta mencetak triple crown

Debut solo berlanjut ke Moon Byul pada 14 Februari 2020 lewat lagu "Eclipse" dan di 23 April 2023, Solar pun melakukan debut solonya. 

Solar merilis lagu "Spill It Out". Debut solo para anggota menjadikan MAMAMOO sebagai grup Korea kedua, yang setiap anggota memiliki chart lagu solo di Billboard World Digital Song Sales. 

7. Dua anggota MAMAMOO berpisah jalan

Nme.com

Sekian lama berjuang bersama, kini dua anggota MAMAMOO berpisah jalan. Whee In dan Hwasa adalah anggota yang memutuskan hengkang dari RBW, agensi yang membesarkan nama mereka di dunia hiburan. 

Whee In keluar dari agensi pada 11 Juni 2021 dan Hwasa mengikuti jejak sang anggota pada 27 Juni 2023. Meski begitu, keduanya masih menjadi anggota MAMAMOO. Untuk urusan solo, keduanya bergabung di agensi yang berbeda. 

8. MAMAMOO tetaplah MAMAMOO

Allkpop.com

Begitu panjang transformasi MAMAMOO di kancah musik Korea Selatan, mereka telah dikenal sebagai grup perempuan dengan vokal kuat, musik yang berenergi, tarian yang berciri khas, dan lirik lagu yang penuh makna. 

Dalam perayaan 10 tahun, Solar Cs mengucapkan terima kasih kepada penggemar yang setia mendukung dan memberikan cintanya. Para anggota memberikan sepatah kata: 

"Sulit dipercaya bahwa MAMAMOO telah mencapai hari jadi yang ke-10. Termasuk masa trainee, sudah sekitar 13 tahun kami saling mengenal. MAMAMOO saat ini ada, karena MooMoos (sebutan fandom MAMAMOO) yang telah bersama kami sejak debut kami. Saya berharap kami dapat terus menciptakan banyak kenangan indah bersama," - Solar -

"Sama seperti, para penggemar yang telah berjalan bersama kami selama 10 tahun. Kami' telah melakukan perjalanan panajang. Sungguh menakjubkan, bisa merasakan emosi satu sama lain tanpa harus mengucapkan sepatah kata pun," - Moon Byul - 

"Kami telah berbagi banyak tawa selama 10 tahun bersama. Rasanya menyenangkan jika  nama 'MAMAMOO', baik kami maupun para penggemar telah mampu membangun banyak kenangan selama 10 tahun terakhir," - Whee In -

"Waktu yang kami berempat habiskan bersama selama 10 tahun memiliki tempat khusus di hati saya. Satu sama lain lebih banyak tertawa dan senang melihatnya," - Hwasa -  

Jadi, terharu melihat transformasi MAMAMOO yang dari debut hingga saat ini. Semoga eksistensi MAMAMOO terus bertahan selama mungkin, ya. 

IDN Channels

Latest from Working Life