Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Profil Universitas Luar Negeri Peserta 'Clash of Champions'

Mulai dari NUS sampai Oxford, ada semua!

Aisyah Banowati

Clash of Champions (CoC) by Ruangguru telah menayangkan episode keempat. Pada minggu lalu, telah gugur empat peserta dan kini tersisa dua puluh delapan mahasiswa yang akan bersaing untuk mempertahankan posisi mereka di CoC.

Saking serunya, hampir setiap minggu CoC menjadi trending di X. Tak sedikit yang termotivasi untuk semakin giat belajar agar mampu masuk ke universitas yang sama seperti para peserta Class of Champions. 

Menariknya, CoC bukan hanya diramaikan oleh mahasiswa universitas dalam negeri. Beberapa mahasiswa asal Indonesia yang belajar di universitas terkenal dunia pun ikut berpartisipasi dalam kompetisi yang satu ini. 

Mulai dari mahasiswa KAIST, Nanyang Technological University, hingga Oxford turut ikut serta dalam CoC. Nah, buat kamu yang tertarik ingin mengenal lebih dalam profil dari masing-masing universitas, berikut rangkumannya. 

1. National University of Singapore (NUS)

unsplash.com/yuchunjiang

National University of Singapore (NUS) menempati posisi ketiga sebagai universitas terbaik di Asia menurut laporan terbaru dari Times Higher Education (THE). Universitas yang telah berdiri sejak 1980 ini memiliki lebih dari 40.000 mahasiswa dari 100 negara yang tersebar di 60 jurusan untuk sarjana dan 24 program pascasarjana.

Jurusan Architecture/Built Environment, Chemical Engineering, Hictory of Art, Civil and Structural Engineering, dan Computer Science & Information System adalah jurusan favorit yang banyak diincar oleh calon mahasiswa NUS.

Untuk berkuliah di sini, mahasiswa dikenakan biaya kiasaran S$170 ribu sampai S$370 per tahun. Menariknya, mahasiswa asal negara ASEAN yang mendapatkan subsidi Ministry of Education (MOE) akan dikenakan biaya lebih murah, berkisar S$18 ribu sampai S$70 ribu.

NUS juga telah membuktikan diri bukan hanya lewat prestasi, namun juga melalui kelahiran alumni yang berpengaruh, salah satunya Halimah Yacob yang merupakan Presiden Singapura periode 2017-2023. 

2. Nanyang Technological University (NTU)

ntu.edu.sg

Nanyang Technological University (NTU) menempati peringkat keempat sebagai universitas terbaik di Asia menurut Times Higher Education (THE). Saat ini, NTU merupakan rumah dari 197 program sarjana dan 129 program pascasarjana yang terus aktif melahirkan alumni berpengaruh.

Saat ini, jurusan Artificial Intelligence, Arts and Humanities, Biology and Biochemis, Biotechnology and Applied Microbiology, serta Computer Science adalah jurusan favorit di universitas yang telah berdiri sejak tahun 1991 ini.

Menariknya, gedung utama NTU—NTU memiliki gedung lain untuk mahasiswa medis di Novena, distrik layanan kesehatan Singapura—seringkali masuk ke dalam daftar universitas terindah di dunia. Universitas ini juga telah mengantongi sertifikasi 100% Green Mark Platinum untuk semua pembangunan yang telah memenuhi syarat. 

3. Singapore University of Technology and Design (SUTD)

unstudio.com

Singapore University of Technology and Design (SUTD) fokus mengembangkan teknologi yang dipadukan dengan seni, design, dan fashion. Universitas yang satu ini tercatat bermitra dengan kampus dunia lain seperti Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of California, Berkeley, hingga Zhejiang University (ZJU). 

Beberapa jurusan yang menjadi incaran calon mahasiswa SUTD yakni Architecture and Sustainable Design, Computer Science and Desain, Desain and Artificial Intelligence, Engineering Product Development, serta Engineering Systems and Design.

Para mahasiswa SUTD dapat memanfaatkan pusat penelitian dan laboratorium yang telah disediakan oleh pihak universitas untuk menunjang pendidikan mereka, di antaranya gedung International Design Centre, Centre for Innovative Cities, Industrial Infrastructure Innovative Center, i-Trust Research Centre, Temasek Lab, O-Lab, serta City Form Lab.

4. Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST)

wikipedia.org

Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) merupakan universitas sains dan teknologi pertama di Korea yang berdiri tahun 1971. Saat ini, KAIST berhasil duduk pada peringkat ke 53 top universitas di dunia berdasarkan data dari QS World University Rangkings 2025. 

Tercatat, sekitar 10.000 mahasiswa terdaftar di KAIST yang terbagi antara 4.000 mahasiswa sarjana dan 6.000 mahasiswa sarjana. Bukan hanya berfokus pada teknologi, universitas yang satu ini juga membuka berbagai jurusan untuk mahasiswa yang tertarik mempelajari bisnis, keuangan, manajemen, serta media. 

5. Yale University

admissions.yale.edu

Yale University adalah salah satu anggota Ivy League—universitas dengan reputasi terbaik dengan lulusan berkualitas di Amerika serikat—yang telah berdiri sejak 1701. Yale juga merupakan universitas tertua ketiga yang berdiri di Amerika Serikat, tepatnya di Connecticut.

Yale University terdiri atas Collage, Graduate School of Arts and Sciences, serta tiga belas sekolah profesional dengan tiga terfavorit yakni Law School, School of Management, dan School of Medicine. 

Setiap tahunnya, hanya 5% dari total pendaftar yang diterima untuk menempuh pendidikan di sini dengan rata-rata biaya yang harus dibayarkan mahasiswa adalah sekitar $64,700.

6. University of Oxford

unsplash.com/benseymour

University of Oxford adalah universitas tertua di Inggris. Saking tuanya, tidak diketahui secara pasti tanggal resmi berdirinya universitas yang satu ini. Namun, banyak yang sepakat jika pengajaran di Oxford diperkirakan mulai sejak abad ke-11. 

Bertahun-tahun berdiri, Oxford telah mencetak banyak lulusan terkenal yang telah memberi dampak signifikan di masyarakat, di antaranya Adam Smith yang dikenal sebagai Bapak Ekononi, David Cameron (Perdana Menteri Inggris), Oscar Wilde (Penulis), J.R.R. Tolkien (Penulis), hingga Stephen Hawking.

Saat ini, University of Oxford menawarkan 48 gelar sarjana dari berbagai disiplin ilmu seputar sains, humaniora, hukum, bahasa, dan seni rupa. Terutama Computer Science, Economics and Management, Mathematics and Computer Science, Medicine, serta Biomedical Sciences adalah jurusan terfavorit di Oxford.

7. University of California San Diego

today.ucsd.edu

University of California San Diego merupakan salah satu dari dua puluh universitas riset terbaik di dunia. Universitas ini menampung sebanyak 22.700 mahasiswa sarjana dan lebih dari 6.300 mahasiswa pasca sarjana.

Jurusan Biology, Psychology, Computer Science, Economics, dan Applied Mathematics adalah lima jurusan terfavorit di UC San Diego. Bagi calon mahasiswa yang berniat mendaftar setidaknya harus memiliki IELTS di atas 7 dan nilai SAT 1390+.

Yup, itulah profil universitas luar negeri yang menjadi tempat belajar para mahasiswa yang ikut serta dalam Clash of Champion (CoC). Adakah kampus impian kamu, Bela?

IDN Channels

Latest from Working Life