Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pengertian, Ciri, dan Contoh Pernyataan Persuasif

Pernyataan persuasif biasa digunakan sebagai alat promosi

Aisyah Banowati

Pernyataan persuasif adalah kalimat yang mengandung ajakan, bujukan, rayuan, imbauan, atau saran secara eksplisit (terus terang). Pernyataan persuasif digunakan untuk mengajak pendengar atau pembaca mengikuti gagasan dari pembicara tanpa perlu merasa terbebani.

Wujud pernyataan persuasif dapat berupa pernyataan langsung maupun penyataan tidak langsung yang berisi persuasi implisit seperti pengandaian, perumpamaan, perbandingan, dan pertentangan—merangkum dari buku "Pelajaran BAHASA INDONESIA untuk SMP & MTs Kelas 9: Membangun Literasi Digital Generasi Milenial (Jilid 3)".

Ciri pernyataan persuasif

unsplash.com/brookecagle

Terdapat beberapa ciri dari kalimat maupun penyataan persuasif yang membedakannya dengan jenis kalimat lain. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Kalimat atau penyataan persuasif bersifat mengajak pembaca atau pendengarnya.
  2. Kalimat atau pernyataan persuasif biasa dipakai untuk mempromosikan sesuatu, serta termuat dalam iklan, kampanye, maupun slogan.
  3. Untuk mendukung pernyataan dibutuhkan fakta dan argumentasi yang tepat agar target audience tertarik dengan ajakan yang diberikan.
  4. Sama seperti kalimat perintah, kalimat persuasif seringkali menggunakan tanda seru (!) untuk menegaskan pernyataan.
  5. Karena sifatnya yang membujuk dan merayu, dibutuhkan bahasa yang menarik agar mudah diingat.

Contoh pernyataan persuasif

unsplash.com/brookecagle

Tujuan utama dari pernyataan persuasif adalah mengajak seseorang untuk melakukan suatu tindakan atau kegiatan tanpa perlu merasa terpaksa. Jadi, tak mengherankan jika banyak menemukan pernyataan persuasif di berbagai promosi, iklan, maupun kampanye produk. 

Berikut contoh pernyataan persuasif dari berbagai iklan: 

  1. Dapatkan Smart Payday Promo Juli diskon s.d 50% + diskon ekstra 200ribu. Ayo jadi Champions sekarang! - Ruangguru.
  2. It's Traveloka EPIC Brand Day! B1G1* offers on various travel products. Grab them now on the Traveloka App! *T&Cs apply - Traveloka.
  3. Beli Semua di Shopee, Promo Seru, Paling Lengkap! - Shopee.
  4. Kita mah harga lebih murah, gak bikin kantong marah. Untuk pertanyaan terkait order, chat CS Lazada di aplikasi, ya! - Lazada.
  5. Dear warga +62… Kata Emak, langganan Gojek Plus sekarang. Soalnya #PastiDapetDiskon di tiap transaksi! - Gojek Indonesia
  6. Order makanan bisa hemat sehemat-hematnya pake Pengantaran Hemat dari GrabFood #SobatHemat - Grab Food Indonesia.
  7. Bioskop hits dari luar negeri. Nonton, main, makan. #TemukanKebahagiaanmu di Cinépolis! - Cinépolis Indonesia.
unsplash.com/norevisions

Itulah makna dari pernyataan persuasif yang dapat difungsikan sebagai alat untuk mempromosikan sesuatu. Semoga artikel ini berhasil membantu kamu memahami lebih jauh mengenai kalimat persuasif, ya.

IDN Channels

Latest from Working Life