Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenang Puput Novel Lewat Perjalanan Karier Sang Eks Penyanyi Cilik

Untuk Gen Z yang asing, coba dengarkan lagu "Mama"!

Aisyah Banowati

Berita duka kembali datang dari dunia tarik suara Tanah Air. Mantan penyanyi cilik, Puput Novel, meninggal dunia dalam usia 50 tahun. Dikabarkan jika Puput Novel menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 18.24 WIB, Minggu (8/9) kemarin. 

Publik mengetahui kabar duka ini setelah Ruli Siahaan selaku pihak manajemen mengunggah story di Instagram. Rencananya, Puput akan dimakamkan pada Senin (9/9) siang.

"Assalamualaikum rekan-rekan artis, media, para penggemar Mbak Puput Novel. Telah meninggal dunia artis cantik dan baik hati, Mbak Puput Novel hari Minggu jam 18.24 WIB dalam usia 50 tahun," tulisnya. 

Puput Novel adalah penyanyi cilik terkenal di masanya

instagram.com/puputnovel_

Putri Zizi Novianti atau yang lebih dikenal sebagai Puput Novel adalah mantan penyanyi cilik yang aktif di tahun 1980-an. Popularitasnya terus melonjak lewat album-albumnya yang hits, di antaranya ada album "Mama", "Kau Idolaku", "Cinderella", dan "Anak Mami". Alhasil, dirinya pun berhasil meraih empat penghargaan Golden Record.

Tercatat, sepanjang kariernya, Puput Novel telah mencetak sebanyak 28 album anak-anak, dan 8 album remaja serta dewasa. Bahkan, namanya pernah terlibat dalam produksi album religi bersama musisi ternama seperti Dwiki Dharmawan, Novia Kolopaking, Ita Purnamasari, Deny Malik, Betharia Sonata, dan Yani Libels.

Setelah vakum selama beberapa tahun, akhirnya Puput Novel kembali ke dunia tarik suara Tanah Air. Ia datang sebagai vokalis band religi dari TopGan Band bersama Agi (gitaris), Reza (bassis), dan Barkah (drummer). 

Puput Novel mulai merambah ke dunia akting

instagram.com/topganband

Bukan hanya kemampuan olah vokalnya saja yang diakui, perempuan kelahiran 31 Agustus 1974 ini juga lihai membawakan acara. Puput Novel pernah menjadi pembawa acara di berbagai stasiun televisi, termasuk menjadi perwakilan Asia Bagus di Singapura. 

Selain bernyanyi dan menjadi pembawa acara, Puput juga turut menjajal kemampuan aktingnya lewat film dan sinetron. Ia sempat membintangi film Pacar Seorang Perjaka (1978), Buah Hati Mama (1979), dan Keagungan Tuhan (1980).

Lalu, salah satu sinetronnya yang paling terkenal adalah Keluargaku Sorgaku yang tayang pada 1998 silam. Dalam drama yang diproduksi Starvision ini, Puput berperan sebagai pemeran utama perempuan bernama Sarah. 

Sibuk di dunia hiburan, Puput Novel tetap prioritaskan pendidikan

instagram.com/puputnovel_

Telah terjun ke dunia hiburan Tanah Air sejak muda, tak membuat Puput Novel mengabaikan pendidikannya. Namanya tercatat sebagai mahasiswa Sastra Inggris di UKI (Universitas Kristen Indonesia) angkatan 1994. 

Kemudian, di tahun 2012, Puput Novel kembali menjadi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI). 

Bukan hanya itu, pada laman Wikipedia miliknya, tercatat jika Puput Novel merupakan bagian dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

instagram.com/puputnovel_

Puput Novel menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit MMC Kuningan, Jakarta Selatan setelah berjuang melawan kanker payudara yang dideritanya sejak tahun 2021.

Last, terima kasih atas dedikasi dan karya-karya mu di dunia musik Tanah Air. Rest in peace Puput Novel.

IDN Channels

Latest from Working Life