Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

TREASURE REBOOT Tour Jakarta 2024: Less Gimmick, More Music

Tampilkan lagu-lagu hits dalam aransemen baru yang fresh!

Zikra Mulia Irawati

TREASURE kembali menggelar konser di Jakarta, dan saya senang bisa menghadirinya kembali. Indonesia jadi negara terakhir dari rangkaian Relay Tour REBOOT yang sudah mereka lakukan di beberapa negara Asia lain. Pertunjukan ini diadakan selama dua hari berturut-turut, yaitu pada 29 dan 30 Juni 2024 di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno Senayan.

Saya sendiri menyaksikan aksi Choi Hyunsuk, Jihoon, Yoshi, Junkyu, Yoon Jaehyuk, Asahi, Doyoung, Haruto, Park Jeongwoo, dan Junghwan dari bangku paling atas di section Yellow untuk hari pertama. Dari sini, saya dapat melihat betapa TREASURE begitu niat menyiapkan tata panggung mereka.

Dari segi tata lighting, sound, hingga efek panggung, semuanya dibuat menggelegar! Simak cerita saya yang sukses dibuat kagum oleh aksi para pelantun "BONA BONA" ini, yuk!

Menggelegar sejak awal

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Dibandingkan HELLO Tour tahun lalu, saya dapat merasakan bahwa jumlah penonton REBOOT Tour kali ini lebih banyak. Berdasarkan data Spotify, TREASURE memang sudah mengumpulkan 3 juta monthly listeners dari seluruh dunia. Indonesia sendiri jadi salah satu penyumbang terbanyak.

Belum mulai saja, sambutan para TREASURE Maker (Teume) sudah riuh. Dari atas sini, kelap-kelip Teulight (nama lightstick) berwarna biru terlihat begitu indah. Mereka menyanyikan lagu-lagu hits TREASURE, mulai dari "HELLO" hingga "B.O.M.B (Kaboom Ver.)". Tampaknya, mereka sudah begitu rindu dengan grup yang terakhir mampir pada Maret 2023 lalu tersebut.

Usai lama menanti, "BONA BONA" kemudian jadi lagu yang mengawali konser. Dari sinilah saya terus dibuat terpukau dengan aksi panggung mereka. Sorot lampu yang datang dari berbagai penjuru arah pun kian menjadikan aksi panggung TREASURE lebih ekstra.

Bahkan dari tempat duduk di paling ujung pun, suara dari efek fire flame yang digunakan di panggung terdengar begitu menggelegar. Aroma asap apinya sampai turut tercium jelas oleh hidung saya.

"Halo, Sayang! Kali ini Jakarta jadi tempat terakhir (REBOOT Tour). Semangat untuk hari ini! Ayo bersenang-senang bareng kami," ajak Junkyu.

Perkenalkan lagu-lagu baru

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Sesuai nama turnya, pertunjukan ini memang bertujuan untuk mempromosikan lagu-lagu dari album REBOOT yang dirilis pada 28 Juli 2023 lalu. Maka dari itu, banyak lagu baru TREASURE yang diperkenalkan, termasuk single terbarunya yang berjudul "KING KONG". Kalau kamu adalah pendengar setia playlist K-Pop ON! (온), K-Pop Rising, atau KimBops! di Spotify, lagu ini pasti pernah lewat di daftar putarmu.

Album REBOOT sendiri menjadi rilisan yang cukup berarti bagi TREASURE. Kontribusi mereka dalam proses produksi mulai dari penulisan lirik, penciptaan komposisi, hingga penataan aransemen kian besar. Yoshi selaku pencipta lagu "STUPID" mengaku bahagia bisa menyanyikan lagu ini langsung di hadapan Teume.

"Aku senang sekali bisa menyanyikan lagu buatanku untuk pertama kalinya di atas panggung ini buat Teume Indonesia," katanya.

Re-aransemen yang segar

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

TREASURE memastikan Teume tak rugi karena telah merogoh kocek dan menempuh jarak jauh untuk bertemu dengan mereka. Oleh karena itu, grup asuhan YG Entertainment ini secara konsisten menyajikan musik dengan aransemen yang berbeda dari versi digitalnya.

"Aku senang bisa melihat banyak Teulight di Jakarta. Persiapan kami juga jauh lebih matang daripada tahun lalu, lho. Senang bertemu kalian," kata Doyoung.

Demi totalitas presentasi musik tersebut, TREASURE memboyong serta 4Rise Band yang selalu setia menemani perjalanan tur mereka. Sebagai casual listener grup ini, saya merasakan sensasi satisfying ketika mendengarkan re-aransemen yang segar ini.

"Ini dia band kami yang telah membuat musik-musik TREASURE terdengar lebih keren, 4Rise Band!" ujar Hyunsuk.

Konsep VCR yang menghibur

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Bicara soal konser, tak lengkap rasanya jika tak membahas video VCR yang ditampilkan selagi menanti sang artis berganti kostum. TREASURE membabat habis semua konsep, mulai dari cool, kocak, sampai yang mengandung bawang.

Salah satu yang paling membuat Teume heboh adalah VCR kedua yang berisi parodi drama Korea populer. Dalam misi mencari pacar terbaik, Hyunsuk dan Junghwan memutar kaset dengan judul sifat para lead female dari drama Fight For My Way, Itaewon Class, Crash Landing On You, Goblin, Coffee Prince, hingga Squid Game.

Tak heran jika Asahi akhirnya merasa bahwa ia sudah seperti seorang pemeran utama di dalam sebuah film selama proses syuting. Namun, sosok yang akhirnya menjadi pacar terbaik mereka tak lain dan tak bukan adalah Teume!

"Pacar terbaik pilihanku sudah pasti Teume. Aku cinta kamu, Teume!" kata Junghwan.

Less gimmick, more music

Popbela.com/Zikra Mulia Irawati

Saya merasa, kali ini TREASURE memang ingin menunjukkan kualitas mereka sebagai musisi melalui REBOOT Tour. Mereka tak banyak melakukan gimmick yang bikin hati Teume mleyot seperti tahun lalu. Saat HELLO Tour, para member berlomba melempar gombalan maut, misalnya Jeongwoo yang ingin mampir ke rumah Teume.

Penampilan selama dua jam tersebut bahkan terasa begitu cepat karena aksi enerjik mereka hingga akhir. Meski diselipi lagu ballad "The Way To" dari Vocal Unit dan "Orange" di pertengahan, mereka kembali menggila di sesi encore dengan "DARARI" yang telah diputar sebanyak 225 juta kali di Spotify, dalam versi rock remix.

"Hari ini menyenangkan sekali karena bisa mendengarkan suara kalian. Aku berharap kita bisa bertemu lagi dengan lagu-lagu baru," tutur Haruto.

TREASURE masih akan menyapa Teume Indonesia dalam REBOOT Tour hari kedua. Namun, mereka tampaknya punya rencana untuk melancong setelah ini. Di awal, Hyunsuk sempat menanyai salah satu Teume tentang rekomendasi makanan yang cuma ada di Jakarta.

"Bubur ayam dan Mie Gacoan. Tapi Mie Gacoan pedas. Kalau yang nggak pedas itu bubur ayam," kata salah satu Teume yang disodori mikrofon oleh Hyunsuk.

Setelah bertamasya di Dufan tahun lalu, akankah kali ini TREASURE akan membuat gebrakan lain dengan menjajal dua hidangan tersebut? Kita nantikan saja, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration