Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Menuju LaLaLa Festival 2024: Siapkan Experience yang Beda!

Bakal ada tiga panggung dengan konsep unik

Zikra Mulia Irawati

LaLaLa Festival 2024 tinggal menghitung hari. Festival musik yang awalnya diadakan di Bandung ini akan diboyong ke Jakarta International Expo Kemayoran pada 23–25 Agustus mendatang. 

LaLaLa Festival 2024 menghadirkan lebih dari 40 talenta terbaik lokal dan internasional yang membuat banyak penonton tak sabar. Seperti apa persiapan comeback festival musik ini setelah rehat selama lima tahun?

Suguhkan ambience yang unik

Dok. LaLaLa Festival

LaLaLa Festival mulanya memiliki konsep festival musik hutan yang digelar di Hutan Cikole Lembang, Bandung. Agar bisa menampung lebih banyak pencinta musik, tahun ini gelarannya berpindah ke Jakarta. Transformasi konsep menjadi urban sanctuary ini akan menghadirkan format panggung yang unik.

"Tiap tahun kita ada tiga stage. Tahun ini ada panggung bulat, namanya Blooom Stage. Jadi dia dirambati sama tanaman merambat. Di tengah ada bola. Jadi immersed banget, sih, stage-nya. Penontonnya bisa lebih deket, 360 gitu. Jadi kalau performer-nya nggak matang, bisa flop. Kita selalu ngomong ke yang bakal perform di sini untuk hati-hati," ujar Carmel Puma, founder LaLaLa Festival.

Tak hanya itu, pengunjung juga mesti bersiap disuguhkan dengan sejumlah instalasi pendukung yang tak kalah menakjubkan. LaLaLa Festival 2024 akan menyulap JIExpo Kemayoran menjadi sebuah area pertunjukan musik dengan pengalaman tak terlupakan.

"Saat kita pindah ke Jakarta, banyak banget experience yang akhirnya kita bikin sendiri from scratch. Salah satunya itu ada kayak water fountain padahal di JIExpo. Terus ada stage yang udah kita kasih lihat di Instagram. Itu kita bikin sendiri dari nol, nggak sekadar nyewa rigging aja," tambahnya.

Fakta di balik proses kurasi lineup

Dok. LaLaLa Festival

Sejak diumumkan, LaLaLa Festival 2024 membuat netizen kagum dengan daftar lineup yang berisi artis-artis yang tengah viral di media sosial, salah satunya Tyla. Puma mengungkap, proses kurasi ini dilakukan selama satu tahun. Saat menggandeng penyanyi asal Afrika tersebut, ia juga tak menyangka ledakan popularitasnya akan sebesar ini.

"Nggak segampang itu juga (melakukan kurasi lineup), yang lagi nge-hype kita ambil. Justru kita itu harus melihat potensi kira-kira artis ini bakal jadi nggak, ya? Kebetulan Tyla jadi, padahal kita nggak berpikir sampai sejadi ini," ungkap Puma.

LaLaLa Festival 2024 akan berlangsung selama tiga hari. Tiap lineup diperkirakan akan tampil selama satu jam atau lebih. Tak hanya Tyla, musisi internasional dan lokal yang juga akan meramaikan tiga panggung ini antara lain Conan Gray, Aurora, Tori Kelly, Bruno Major, The Temper Trap, 10CM, So!YoON!, Isyana Sarasvati, The Adams, Maliq & D'essentials, Eva Celia, dan masih banyak lagi.

Tak sekadar festival musik

Dok. LaLaLa Festival

Dari aspek pertunjukan musik, LaLaLa Festival 2024 sudah menunjukkan persiapan matang. Lebih dari itu, The Group selaku promotor juga berkolaborasi dengan Spring Board untuk melakukan kurasi tenant F&B terbaik dengan harga yang masih terjangkau demi kenyamanan para pengunjungnya.

LaLaLa Festival 2024 juga menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan dengan inisiatif manajemen limbah plastik bersama Olah Plastic. Sampah-sampah plastik yang terkumpul selama tiga hari rencananya akan didaur ulang menjadi barang bermanfaat dan akan dipamerkan di LaLaLa Festival tahun berikutnya.

Jika tak ingin ketinggalan keseruan festival ini, tiket kategori Early Entry, General Admission, dan VIP masih tersedia di situs lalalafest.com, lho! Berhubung kuotanya makin menipis, segera klaim tiketmu sekarang juga, yuk, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration