Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lirik Lagu "Right Where You Left Me", eaJ Kolaborasi dengan Hindia!

eaJ kembali main gitar setelah sekian lama

Zikra Mulia Irawati

Lagu kolaborasi eaJ dan Hindia akhirnya dirilis! Tembang bertajuk "right where you left me" tersebut sudah dapat didengarkan di berbagai platform musik mulai 5 Juli. Lagu ini bahkan terpilih jadi sampul playlist New Music Friday oleh Spotify Indonesia.

Kendati keduanya belum pernah bertemu secara langsung, proses penciptaan "right where you left me" rupanya meninggalkan kesan tersendiri di benak kedua musisi ini. Penasaran dengan cerita lengkapnya?

Padukan identitas sonik eaJ dan Hindia

Secret Signals

"right where you left me" merupakan sebuah lagu pop-rock yang memadukan elemen sonik catchy khas eaJ dan warna vokal khas Hindia. Mendengarkan lagu ini bagai menaiki wahana rollercoaster karena penataan aransemen dinamis yang dilakukan eaJ bersama Mathjis Kriebel dan John Samuel. Hal ini senada dengan tema lirik yang menceritakan perubahan di dalam kehidupan.

Lagu ini ditulis dari perspektif seseorang yang menunggu orang tercintanya untuk kembali dari sebuah perjalanan self-discovery. Ia sadar bahwa kehidupan ini tidak seperti sebuah film, dan banyak hal di sekitar kita yang selalu berubah-ubah,” ujar eaJ.

Dalam rilis yang Popbela terima, Hindia mengungkap penyanyi bernama asli Jae Park itu terbuka dengan berbagai masukan, termasuk penambahan adlibs berbahasa Indonesia untuk bagiannya. Ia senang komunikasi selama proses produksi lagu ini bisa berjalan lancar meski ada perbedaan zona waktu di Indonesia dan Amerika.

Aku mendapatkan banyak notifikasi di media sosial dari banyak orang yang mengatakan bahwa eaJ menemukan musikku saat ia sedang melakukan livestream dan ternyata ia menyukainya. Ia kemudian menghubungiku lewat DM untuk mengajakku berkolaborasi. Kami pun mulai bertukar lagu dan kami memutuskan untuk mengerjakan lagu ini. Jae adalah seseorang yang sangat baik hati, apresiatif, dan sangat terbuka akan banyak ide. Jae menjawab pesan-pesan singkatku dengan cepat, sepertinya ia tidak tidur sama sekali,” tuturnya.

Konsep video visualizer berkaitan dengan tema tur Asia?

Kolaborasi ini makin spesial karena eaJ turut menayangkan video visualizer dengan dirinya sendiri sebagai model. Ia diceritakan terbangun dari tidur karena guyuran hujan. Mulanya, ia tampak kesal.

Awan gelap itu terus mengikutinya sampai eaJ harus beraktivitas sambil membawa payung. Namun, ia akhirnya berdamai dengan hujan tersebut seiring berjalannya waktu hingga awan gelap itu berhenti mengikutinya.

Orang di lagu ini berbesar hati untuk mencoba mengerti dan membantu orang tercintanya, hingga ia mengorbankan semua perasaannya untuk mendorong orang tercintanya itu mengeksplorasi sejauh mungkin, dengan harapan bahwa orang itu akan kembali di titik di mana ia meninggalkannya,” ungkap eaJ.

Popbela menduga, konsep cerita ini akan berkaitan dengan tema tur Asianya yang bertajuk when the rain stopped following me. Para penggemar di media sosial pun berasumsi bahwa hujan tersebut adalah perumpamaan dari masalah hidup. Di saat eaJ bisa berdamai, masalah tersebut dengan sendirinya akan berhenti mengikutinya.

Dalam perspektif Hindia sebagai kolaborator, "right where you left me" juga ia pandang sebagai percakapan dengan diri sendiri. Usai melihat video visualizer, ia makin teguh dengan interpretasi tersebut.

Aku rasa kami memiliki interpretasi kami masing-masing tentang lagu ini. Bagiku lagu ini adalah sebuah perbincangan dengan sebuah versi diri kita yang terkunci dari keseharian kita. Ternyata hal itu sesuai saat aku akhirnya melihat video lagu ini,” ujar penyanyi bernama asli Baskara Putra tersebut.

Kejutkan fans dengan kembali bermain gitar

Tak cuma berkolaborasi dengan Hindia, eaJ juga membuat kejutan lain dengan bermain gitar elektrik. Sejak hengkang dari band DAY6, ia memang tak pernah tampil dengan alat musik petik itu lagi. Padahal, posisinya dahulu adalah lead guitarist yang kerap memainkan melodi-melodi tricky sembari bernyanyi.

"Reuni" eaJ dengan gitar elektrik ini lantas mendapat sambutan penuh haru di kalangan Jars, sebutan untuk penggemarnya. Pesan penuh dukungan pun membanjiri kolom komentarnya. Sepertinya penggemar Indonesia makin tak sabar ingin melihat penampilan langsung lagu ini, di konser solo eaJ yang akan digelar pada 4 September di Bengkel Space SCBD, Jakarta.

Lirik lagu "Right Where You Left Me" - eaJ feat. Hindia

Lirik lagu "right where you left me" - eaJ feat. Hindia

[eaJ]
Baby, can I even call you that anymore?
Lately, I've been in 1000 parts on the floor

Tell me that there's no one else
That you love me for yourself
But I know you love me still
This one makes it hurt like hell

I know it's never over
'till we both walk away
Although my tears are running
I'll be staying in place

Let's not make it complicated
I don't even got to say to you
I'll be right here
right where you left me

If you forget me
If you forget me
Just remember right where you left me

[Hindia]
From waking up in your arms
To wondering where you are
(Wondering where you are)
Talking 'bout whom you want
To watch it fall apart

[eaJ, Hindia]
I know it's never over
'till we both walk away
Although my tears are running
I'll be staying in place

Let's not make it complicated
I don't even got to say to you
(Aku masih di sini)
I'll be right here
right where you left me

[eaJ]
If you forget me
If you forget me
Just remember right where you left me

If you forget me oh oh
If you forget me
Just remember right where you left me

Please don't forget me
Please don't forget me
Don't you ever forgot
Please don't forget me

Sudah on repeat lagunya berapa kali, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration