Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Idol K-Pop Peduli Isu Kesehatan Mental, Jadi Ruang Aman Buat Fans!

Ada idol kesayanganmu di sini, Bela?

Zikra Mulia Irawati

Selamat Hari Kesehatan Mental Sedunia, Bela! Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, isu kesehatan mental tak lagi tabu untuk dibicarakan di ruang-ruang publik. Tak cuma institusi tertentu, kini banyak orang-orang berpengaruh yang menyebarkan kepedulian tentang hal ini, tak terkecuali idol K-pop.

Tak bisa dimungkiri, hadirnya idol K-pop yang peduli dengan kesehatan mental membuat fans yang rata-rata masih remaja atau dewasa muda memiliki ruang aman. Berbagai cara mereka lakukan, mulai dari lewat lirik lagu hingga interaksi di media sosial.

Lantas, siapa saja idol K-pop yang peduli dengan isu kesehatan mental secara terang-terangan? Simak daftarnya di bawah ini, yuk!

1. Suga BTS

instagram.com/agustd

Suga BTS menjadi salah satu idol K-pop yang peduli dengan isu kesehatan mental. Tak cuma lewat lirik lagu milik grup, ia juga vokal dalam proyek solonya, Agust D. Dalam wawancara bersama Naver pada 2018 lalu, ia terang-terangan mengajak penggemar untuk menemukan jawaban dari emosi yang muncul melalui lirik lagunya.

"Kecemasan dan kesepian sepertinya menyertaiku seumur hidup. Aku menaruh banyak arti pada bagaimana aku akan mengerjakannya, tapi sepertinya aku harus mempelajarinya seumur hidupku. Emosi sangat berbeda dalam setiap situasi dan momen, jadi menurutku memikirkan setiap momen dengan hati-hati adalah arti hidup. Melalui lirik, aku ingin memberitahu orang-orang, ‘Aku cemas, kamu juga, jadi mari kita cari jalan dan pelajari jalan itu bersama-sama,'" katanya.

2. Bang Chan Stray Kids

instagram.com/gnabnahc

Leader Stray Kids, Bang Chan, pernah rutin melakukan siaran langsung bertajuk Chan's Room sepekan sekali untuk menyapa penggemarnya. Ia membicarakan banyak hal, termasuk beberapa topik yang menyinggung kesehatan mental. Idol asal JYP Entertainment ini kerap membagikan pemikirannya untuk menjawab kekhawatiran STAY, sebutan penggemarnya. Dirinya juga biasa menutup siaran dengan memberikan pelukan virtual kepada penontonnya. So sweet!

3. Wendy Red Velvet

instagram.com/todayis_wendy

Wendy Red Velvet mengakui bahwa pekerjaannya sebagai idol K-pop tidaklah mudah. Di usia semuda itu, ia dituntut untuk selalu terlihat sempurna. Melalui acara Mysterious Record Shop, ia mengungkap pernah sampai di suatu titik tidak mengenali dirinya sendiri lagi karena terlalu sibuk promosi. 

Wendy terus berada di kondisi tersebut selama beberapa waktu. Namun, ia tidak enak hati untuk menceritakan masalah ini kepada orang terdekatnya. Karena keadaan memburuk, idol dengan nama Korea Son Seung Wan ini akhirnya memberanikan diri menemui konselor. Penonton lalu memuji inisiatif tersebut dan tak sedikit yang terpengaruh dengan keberanian tersebut.

4. Sungjin DAY6

instagram.com/sungddenly

Masalah kesehatan mental yang pernah dialami Sungjin DAY6 membuatnya pernah hiatus dari aktivitas promosi musik. Setelah keadaannya membaik, ia jadi lebih peduli dengan isu tersebut. Idol asal Busan ini pernah merekomendasikan buku populer karya Geulbaewoo yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Aku Bukannya Menyerah, Hanya Sedang Lelah. Ia bahkan membuat segmen khusus agar My Day, sebutan fandom DAY6, bisa berbagi keluh kesah di radio Sungjin's D-Day

5. Wonwoo SEVENTEEN

instagram.com/everyone_woo

Wonwoo disebut sebagai salah satu member SEVENTEEN yang paling introvert. Dalam sebuah wawancara bersama Teen Vogue, ia membagikan bahwa mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk menyalurkan emosinya. Idol bermarga Jeon ini juga membagikan pemikirannya seputar kesehatan mental melalui platform Mindset yang diciptakan oleh DIVE Studios, perusahaan media yang dibangun Eric Nam dan dua saudaranya.

6. Ryujin ITZY

instagram.com/itzy.all.in.us

Hari-hari berat pasti menghampiri semua manusia terlepas dari apa pun jenis pekerjaannya. Ryujin ITZY paham betul akan hal ini. Oleh karena itu, ia memanfaatkan media sosial untuk mendengarkan curahan hati MIDZY, sebutan untuk fans ITZY. Idol kelahiran 2001 ini kerap meyakinkan bahwa tidak apa jika tak selalu jadi yang terbaik atau sesekali memiliki hari yang berat. Sebagai gantinya, ia mengingatkan penggemarnya agar tetap tidak lupa makan agar bisa terus menjalani hidup.

7. Soyeon (G)I-DLE

instagram.com/tiny.pretty.j

Sudah jadi rahasia umum bahwa Korea Selatan memiliki standar kecantikan yang cukup ekstrem. Oleh karena itu, hujatan kerap menghampiri orang-orang yang tidak memenuhinya. Soyeon (G)I-DLE jadi salah satu sasarannya. Namun, ia tetap teguh dengan jati dirinya yang sesungguhnya dan menentang standar tidak realistis tersebut melalui lagu-lagu ciptaannya.

Senang banget, deh, melihat idola kita juga ikut peduli dengan isu kesehatan mental ini. Idol K-pop mana lagi yang menurut kamu wajib masuk ke dalam daftar ini, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration