Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Tips Membuat Ruang Tamu Lesehan a la Korea yang Minimalis

Bisa jadi referensi ruang tamumu

Wahyu Fitri Utami

Korea tidak hanya dikenal karena fashion dan idol Kpop-nya, namun juga desain huniannya, salah satunya di aspek interior rumah. Saat ini, desain ruang tamu lesehan a la Korea lumayan banyak diminati. Ini dikarenakan tata letaknya yang mampu membuat ruangan terlihat minimalis dan cantik.

Penataan ruang tamu gaya Korea yang menggunakan warna-warna kalem juga dinilai mampu memberikan nilai estetika tinggi. Simpel dan estetis memang cocok disematkan pada gaya interior rumah Korea.

Jika kamu sedang mencari inspirasi ruang tamu lesehan, berikut tips membuat ruang tamu lesehan a la Korea yang minimalis.

1. Gunakan furniture yang sesuai

pinterest.com

Tidak berbeda dengan Jepang, Korea Selatan juga punya budaya lesehan. Salah satu ciri khas dari ruang tamu lesehan a la Korea yaitu penggunaan alas duduk yang rendah.

Kamu bisa memilih menggunakan alas duduk bantal biasa atau bean bag. Penggunaan dua alas duduk tersebut akan membuat ruangan lebih longgar karena bukan furniture yang besar dan tidak menghabiskan tempat.

Selain itu, bean bag dapat menambah tampilan cantik dan minimalis karena desain dan warnanya yang beragam. Masyarakat Korea percaya bahwa duduk lesehan bisa menciptakan rasa damai pada pikiran dan meningkatkan rasa kebersamaan antara penghuni rumah dengan para tamu.

2. Gunakan sofa rendah sebagai pelengkap

freepik.com

Meskipun ciri khas dari lesehan adalah penggunaan alas duduk di lantai, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan sofa. Kamu bisa menambahkan sofa rendah sebagai pengganti bean bag. Selain dapat menjadi tempat istirahat yang nyaman, sofa rendah juga mampu menawarkan kesan minimalis di ruang tamu.

3. Pilih warna earth tone

pinterest.com

Ciri khas lain dari ruang tamu a la Korea yaitu penggunaan warna-warna earth tone atau soft. Kamu bisa memilih warna-warna kalem seperti putih, krem, atau pastel untuk menciptakan tampilan ruangan yang hangat dan menyenangkan. 

4. Lengkapi dengan hiasan beraksen tradisonal Korea

pinterest.com

Tips membuat ruang tamu lesehan a la Korea selanjutnya yaitu dengan menambahkan hiasan beraksen tradisional. Pilih ornamen tradisional Korea seperti sanggam, vas keramik motif, atau kipas tangan untuk memberikan sentuhan budaya Korea yang khas.

Pilihlah ornamen yang memiliki desain sederhana dan elegan, disesuaikan dengan tampilan minimalis untuk ruang tamumu. Aksen-aksen tradisional tersebut dapat ditempatkan di atas meja rendah atau sudut ruang yang strategis.

5. Gunakan pola atau motif sederhana

instagram.com/lantaiparket.lantaivinyl

Jika kamu memilih menggunakan karpet atau tikar, pilihlah motif atau pola sederhana dan minimalis. Hindari pola yang terlalu ramai karena dapat mengganggu kesan minimalis ruang tamu. Pola geometris atau garis-garis halus dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menambahkan sedikit dimensi visual tanpa menghilangkan kesederhanaan desain.

6. Tambahkan yanaman dan dekorasi hijau

pinterest.com

Jika kamu suka dengan hal-hal berbau alam, tambahkan tanaman indoor  yang mudah dirawat atau dekorasi hijau seperti bambu kecil di sudut ruang tamu. Tanaman tersebut tidak hanya memberikan nuansa alami, namun juga meningkatkan kualitas udara. Tak hanya itu, ruang tamu juga akan terasa lebih segar dan hidup.

Demikian enam tips membuat ruang tamu lesehan a la Korea yang minimalis. Selain menambahkan alas duduk dan elemen tradisional Korea, interiornya juga sebagian besar menggunakan warna-warna hangat dan earth tone. Tertarik menata ulang ruang tamu kamu dengan gaya Korea?

IDN Channels

Latest from Inspiration