Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Prospek Kerja Sastra Inggris yang Menjanjikan

Ada bermacam-macam pekerjaan yang bisa dicoba

Wahyu Fitri Utami

“Kuliah Sastra lulusnya mau jadi apa?”

Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang-orang pada lulusan Sastra, termasuk Sastra Inggris. Pertanyaan ini seakan memberikan stigma bahwa lulusan Sastra memiliki lingkup kerja yang sempit.

Beberapa di antaranya juga menganggap bahwa prospek kerja Sastra Inggris hanya akan berhubungan dengan dunia pendidikan saja. Padahal, kamu bisa berkarier di banyak bidang sebagai lulusan Sastra Inggris, lho. 

Bagi kamu yang sedang atau ingin mengambil jurusan Sastra Inggris, tidak perlu khawatir. Jurusan Sastra Inggris punya beragam pekerjaan yang menjanjikan. Lulusan ini juga dibekali dengan berbagai ilmu yang membantu lulusannya dapat survive di dunia kerja. Yuk, simak 7 prospek kerja Sastra Inggris berikut ini.

1. Penerjemah

pexels.com/Moose Photos

Bahasa Inggris telah dijadikan sebagai bahasa internasional. Setidaknya, 61 negara menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negara. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi lulusan Sastra Inggris, karena kamu bisa bekerja sebagai penerjemah atau translator. Apalagi di masa sekarang, semua serba menggunakan bahasa asing sehingga kamu dapat mengambil peluang dari kesempatan ini.

Seorang penerjemah bahasa Inggris bertugas dalam menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa lainnya, ataupun sebaliknya. Bentuknya pun beragam, bisa berupa buku, novel, tulisan tertentu, dan sebagainya.

2. Penulis Konten

pexels.com/Judit Peter

Lulusan Sastra Inggris dibekali ilmu literatur yang berkaitan langsung dunia kepenulisan. Pekerjaan seperti content writer atau copywriter memang tidak pernah luput dari anak Sastra maupun Ilmu Komunikasi.

Jika kamu suka dengan tulis-menulis, penulis konten dapat menjadi pilihan yang tepat untuk prospek kerja Sastra Inggris berikutnya. Umumnya, penulis konten akan bertugas menulis berbagai konten yang nantinya dapat dipublikasikan melalui media cetak maupun online.

3. Editor

pexels.com/Liza Summer

Masih berkaitan dengan dunia kepenulisan, ada editor yang bekerja dibalik layar publikasi ataupun penerbitan. Editor atau penyunting merupakan pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi lulusan Sastra Inggris. Mereka memiliki peran penting dalam mengoreksi, mengedit, dan menilai sebuah tulisan sebelum diterima oleh pembaca.

Hal ini dilakukan supaya suatu tulisan dapat diterima pembaca dengan baik dan mudah dipahami. Ada berbagai jenis editor yang bisa kamu pilih, mulai dari editor buku, majalah, artikel website, dan lainnya.

4. Tour Guide

pexels.com/Raphael Loquellano

Suka dengan dunia pariwisata atau jalan-jalan ke suatu tempat? Tour guide bisa jadi prospek kerja Sastra Inggris incaranmu berikutnya.

Banyaknya turis yang berwisata ke Indonesia tentu membuka peluang kerja yang beragam. Selain itu, kehadiran mereka menjadi tanda bahwa pariwisata di Indonesia telah dikenal baik.

Sebagai tour guide, tugas kamu ialah memandu dan menjelaskan suatu wisata kepada para wisatawan asing menggunakan bahasa Inggris yang mudah dipahami.

5. Guru atau Dosen

pexels.com/Max Fischer

Bekerja di dunia pendidikan juga merupakan pilihan yang bagus. Kamu bisa menjadi guru bahasa Inggris, baik di tingkat dasar maupun menengah. Tidak hanya mengajar tata bahasa dan keterampilan menulis, kamu juga bisa mendorong pemahaman mendalam para pelajar tentang sastra atau karya sastra terkenal.

Sementara di tingkat yang lebih tinggi, kamu bisa memilih bekerja sebagai dosen. Tugas dosen tentunya tidak hanya berkutat pada pengajaran saja, tetapi juga melakukan penelitian dalam bidang sastra maupun studi bahasa.

6. Praktisi PR (Public Relations)

pexels.com/Edmond Dantes

Meskipun public relations erat dikaitkan dengan lulusan Ilmu Komunikasi, namun tidak menutup kemungkinan lulusan Sastra Inggris juga bisa sukses menekuni bidang satu ini.

Seorang PR bertanggung jawab dalam mengoordinasi hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi, baik di dalam maupun luar perusahaan. Berbekal keterampilan berbahasa Inggris dan kecakapan dalam berkomunikasi, tentu hal ini menjadi nilai plus untuk kamu yang hendak bekerja sebagai seorang PR.

7. Staf Kedubes

pexels.com/August de Richelieu

Bekerja di kedutaan besar merupakan impian banyak orang. Lulusan Sastra Inggris pun bisa mencoba peluang bekerja menjadi duta besar Indonesia di negara lain. Bagi kamu yang hendak mewakili negara Indonesia di kancah internasional, bahasa Inggris menjadi bahasa wajib yang harus dikuasai, selain bahasa asing lainnya.

Itulah beberapa prospek kerja Sastra Inggris yang menjanjikan. Berbagai karier tersebut menawarkan peluang untuk mengembangkan minat dan bakat dalam Sastra Inggris sembari tetap berkontribusi pada masyarakat luas.

IDN Channels

Latest from Inspiration