Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Inspirasi Ruang Tamu Mewah Aesthetic, Mana Favoritmu?

Tak hanya nyaman, tapi juga aesthetic

Wahyu Fitri Utami

Ruang tamu seakan menjadi jantung dari sebuah rumah. Tempat untuk bersantai, menjamu tamu, hingga menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga bisa dilakukan di ruang ini. Menciptakan ruang tamu mewah aesthetic, tentu membutuhkan pemilihan warna dan elemen dekoratif yang pas.

Memilih elemen yang tepat akan membuat ruang tamumu lebih nyaman dan enak dipandang. Yuk, simak 7 inspirasi desain ruang tamu berikut ini supaya ruanganmu lebih elegan dan menawan.

1. Memadukan warna hitam dan putih

fancyhouse-design.com

Mengusung konsep black and white bisa menjadi ide untuk ruang tamu mewah aesthetic-mu. Warna putih dan hitam adalah kombinasi klasik yang bisa memberikan kesan elegan dan berkelas. Kamu bisa mulai dengan dinding putih sebagai latar belakang yang bersih dan cerah.

Tambahkan dengan perabotan, seperti meja, kursi, lampu berwarna hitam, untuk menonjolkan konsep monokrom. Perpaduan ini juga dapat menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan terang. Jangan lupa untuk menambahkan tanaman hijau dalam pot warna netral untuk memberikan sentuhan segar pada ruang tamu.

2. Mendominasi ruang tamu dengan warna putih

thespruce.com

Menggunakan warna putih sebagai dominasi dalam desain ruang tamu dapat menciptakan kesan bersih sekaligus elegan. Kamu bisa mengecat dinding dengan cat putih untuk memberikan dasar yang clean dan luas.

Selain itu, pilih furnitur seperti sofa, kursi, meja, rak buku, dan sebagainya dengan warna putih. Meskipun didominasi warna putih, kamu dapat menambahkan aksen warna lain untuk menghindari nuansa yang monoton.

Pilihan warna aksen bisa berupa warna earth tone atau pastel yang lembut. Aksen-aksen tersebut dapat diterapkan melalui lampu, vas bunga, pajangan dinding, atau lainnya. Jangan lupa, pilih lampu gantung yang elegan dengan detail menarik untuk menambah karakter ruang tamu mewah aesthetic.

3. Menggunakan perpaduan warna abu-abu

antonovich-design.com

Jika kamu bosan dengan warna hitam putih, coba pilih abu-abu dan putih sebagai mix and match-nya. Perpaduan warna abu-abu menciptakan suasana yang tenang dan anggun. Mulailah dengan memilih beberapa nuansa abu-abu untuk dinding ataupun furnitur. Tambahkan tanaman hijau untuk menyegarkan ruanganmu.

4. Ruang tamu mewah aesthetic dengan dinding bata ekspos

decoist.com

Ingin konsep ruang tamu yang unik dan berbeda dari lainnya? Kamu bisa mencoba dinding bata ekspos atau aksen batu lainnya untuk ruang tamu mewahmu.

Supaya membangunkan nuansa industrial klasik, gunakan batu bata dengan warna alami. Jangan lupa, isi ruang tamu dengan furnitur atau perabotan warna-warna kalem, Bela.

5. Ruang tamu yang menyatu dengan dapur

home-designing.com

Di masa kini, beberapa orang memilih memanfaatkan semua sudut rumah secara maksimal. Salah satunya dengan menyatukan ruang tamu dan dapur. Jika kamu memilih ide ini, gunakan warna dapur dan ruang tamu yang senada agar terlihat lebih aesthetic.

6. Ruang tamu dengan warna pastel

home-designing.com

Warna pastel memberikan kesan lembut dan modern yang cocok untuk menciptakan ruang tamu dengan suasana tenang dan menyenangkan. Gunakan cat tembok, ornamen, dan furnitur warna pastel.

Kemudian, pilih lampu dengan desain modern, untuk melengkapi tema pastel. Selain itu, pencahayaan alami dari jendela besar juga akan membantu menjaga ruang tamu tetap nyaman.

7. Ruang tamu dengan ornamen lukisan dinding

thespruce.com

Menggunakan lukisan dinding sebagai elemen dekoratif utama dapat memberi karakter dan keindahan pada ruang tamu. Pilih lukisan yang sesuai dengan tema ruangan, baik itu lukisan abstrak, potret, atau pemandangan.

Kamu bisa meletakkan lukisan besar di dinding utama untuk menarik perhatian dan menjadi titik fokus ruang tamu. Kombinasikan lukisan dengan aksen dekoratif lainnya seperti lampu atau karpet motif yang sepadan sesuai tema ruangan.

Nah, dari berbagai inspirasi desain ruang tamu mewah aesthetic di atas, mana nih, yang paling ingin kamu wujudkan?

IDN Channels

Latest from Inspiration