Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Inspirasi Kitchen Set untuk Dapur Kecil dan Sempit

Meskipun kecil, namun tetap nyaman

Wahyu Fitri Utami

Dapur kecil dan sempit sering kali menjadi tantangan bagi pemilik rumah yang ingin menciptakan ruang memasak fungsional dan estetis. Namun, dengan pemilihan model yang tepat, dapur kecil dapat diubah menjadi tempat yang nyaman dan menarik. Kitchen set yang dirancang khusus untuk ruang terbatas juga dapat memaksimalkan efisiensi tanpa mengorbankan gaya.

Masih bingung menata dapur kecilmu dengan kitchen set? Berikut adalah enam inspirasi kitchen set untuk dapur kecil dan sempit yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Kitchen set dengan dominasi warna putih

pexels.com/Curtis Adams

Inspirasi kitchen set untuk dapur kecil dan sempit yang pertama ialah menggunakan dominasi warna putih. Warna putih akan membuat dapurmu terlihat lebih bersih dan luas. Supaya tidak terlihat monoton, kamu bisa menambahkan aksen dekoratif dalam warna kontras pada perangkat dapur atau aksesori.

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan kabinet dengan desain minimalis untuk menjaga kesan sederhana dan elegan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tanaman kecil dalam pot untuk diletakkan di sudut kitchen set supaya terlihat lebih segar. Jangan lupa, selalu perhatikan kebersihan dapur karena noda mudah terlihat pada warna putih.

2. Kitchen set dengan rak terbuka

decorcabinets.com

Ide kitchen set untuk dapur kecil dan sempit selanjutya yaitu menggunakan rak terbuka. Rak terbuka memberikan akses mudah ke peralatan dapur dan barang-barang lainnya tanpa harus membuka pintu kabinet.

Selain itu, rak terbuka juga dapat menjadi elemen dekoratif yang menarik. Kamu bisa memajang gelas atau bumbu-bumbu dengan cara yang estetik. Penggunaan rak terbuka ini bisa membuat dapurmu terlihat lebih simpel dan luas, lho.

3. Kitchen set dengan warna pastel

instagram.com/perfectpinkhousebykristina

Warna pastel merupakan pilihan tepat untuk dapur kecil dengan kesan lembut dan menenangkan. Kamu bisa mempertimbangkan warna seperti mint hijau, peach, atau biru muda.

Kitchen set dengan warna pastel dapat membuat dapur terasa lebih cerah dan tidak membosankan. Kombinasikan dengan aksen putih atau kayu untuk menambah dimensi dan kehangatan. Tambahkan pula perabotan berwarna pastel agar terlihat lebih senada.

4. Kitchen set bertema monokrom

pexels.com/Curtis Adams

Suka dengan perpaduan warna hitam dan putih? Kamu bisa membuat inspirasi kitchen set dengan tema monokrom. Jika kamu merasa area dapurmu terlihat lebih polos, cobalah gunakan wallpaper dinding bermotif garis batu bata hitam dan putih.

Lalu, tambahkan dengan aksesori berwarna senada untuk menunjang tampilan. Kamu juga bisa menambahkan peralatan masak berwarna hitam dan putih supaya lebih serasi. Pemilihan tema monokrom ini akan membuat dapurmu terlihat lebih simpel dan minimalis.

5. Kitchen set minimalis modern

pexels.com/Curtis Adams

Kitchen set minimalis modern biasanya menawarkan desain dengan dominasi warna metallic hingga silver. Lengkapi dapurmu dengan perabotan berbahan dasar stainless steel dan antikarat untuk diletakkan di atas kitchen set.

Kemudian tambahkan beberapa perabotan dengan sentuhan warna lain agar tidak terlihat monoton. Meskipun begitu, kamu juga harus memperhatikan perabotan tersebut agar tidak mudah kotor hingga berkarat.

6. Kitchen set dengan aksen kayu

pexels.com/Curtis Adams

Ingin menciptakan suasana dapur yang berbeda? Pemilihan aksen kayu untuk kitchen set-mu bisa jadi alternatif pilihan tepat. Menggunakan kitchen set dengan aksen kayu dapat menciptakan suasana yang cozy. Kamu bisa memilih kabinet dengan pintu kayu atau detail kayu pada bagian atas maupun bawah kitchen set.

Jika kamu suka dengan tema scandinavian atau rustic, penggunaan aksen kayu ini tentu akan sangat cocok. Apalagi aksen kayu juga memiliki keunggulan dalam hal ketahanan dan kemudahan perawatan, asalkan dirawat dengan baik.

Demikian enam ide kitchen set untuk dapur kecil dan sempit. Kamu dapat memilih kitchen set sesuai dengan selera dan kebutuhan dapur kecilmu. Pastikan untuk memilih desain yang membuat dapurmu terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

IDN Channels

Latest from Inspiration