Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Inspirasi Desain Cafe Minimalis Low Budget

Sederhana tapi nyaman dan estetik

Wahyu Fitri Utami

Memulai bisnis mendirikan cafe merupakan impian banyak orang. Akan tetapi, keterbatasan biaya acap kali menjadi penghambat. Namun, kamu dapat menyiasatinya dengan membuat desain cafe yang minimalis dan low budget.

Desain cafe minimalis tidak hanya menekan biaya produksi, tetapi juga memperhatikan segi estetika atau keindahan ruangan untuk menarik pengunjung.

Jika belum memiliki gambaran desain cafe seperti apa yang kamu inginkan, beberapa insipirasi desain cafe minimalis low budget ini bisa kamu dipertimbangkan.

1. Desain kafe minimalis bergaya industrial

instagram.com/cafeolome

Desain kafe dengan gaya industrial selalu memiliki daya tarik tersendiri. Untuk menerapkan konsep ini, ada tiga hal kunci yang harus kamu perhatikan.

Pertama, manfaatkan elemen-elemen seperti dinding bata yang dibiarkan terekspos. Kedua, kamu juga bisa menambahkan furnitur bekas dengan tampilan yang khas untuk menambah kesan klasik atau vintage pada cafe. Terakhir, kamu dapat menambahkan beberapa elemen yang dibiarkan apa adanya, tidak dipoles ataupun tidak lengkap.

2. Desain kafe minimalis bergaya lesehan

instagram.com/mahkotapemancingan

Konsep lesehan juga bisa menjadi pilihan untuk desain kafe minimalis. Selain memangkas biaya, pembuatan desain kafe ini juga tidak memerlukan ruangan yang besar.

Kamu dapat menambahkan beberapa furnitur seperti bean bag dan meja dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi. Penambahan furnitur tersebut dapat menciptakan suasana yang nyaman dan santai.

3. Desain kafe minimalis bergaya greenhouse

instagram.com/danasol.dn

Jika belum menemukan desain yang cocok untuk usahamu, desain biophilic cafe yang mirip greenhouse bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan. Greenhouse memang biasanya digunakan untuk merawat tanaman, tetapi sekarang ini banyak orang yang menerapkan konsep ini untuk membuat kafe.

Struktur bangunan ini bisa sepenuhnya terbuat dari kaca dan beton sehingga menghasilkan tampilan yang mirip dengan rumah kaca. Konsep ini memberikan kesan kafe yang minimalis, elegan, dan fresh.

4. Desain kafe minimalis a la booth

instagram.com/djayakontainer

Kamu dapat mengadopsi konsep warkop untuk menciptakan mini kafe kontainer sederhana. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan kontainer bekas yang dimodifikasi untuk menciptakan cafe booth yang unik dan ekonomis. Meskipun minimalis, namun tampilan mini cafe bisa dibuat sedemikian rupa hingga terlihat estetik dan modern.

Ruang kecil pada kontainer bisa disulap menjadi tempat penyajian makanan dan minuman. Selain itu, kamu dapat menambahkan jendela pada bagian depan kontainer. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam memesan dan mengambil pesanan.

Untuk menambah kenyamanan pelanggan, kamu juga dapat menyediakan beberapa bangku sebagai tempat duduk. Dengan demikian, pelanggan dapat bersantai dan menikmati suasana kafe a la booth lebih lama.

5. Desain kafe minimalis bertema outdoor

instagram.com/mallkopiid

Jika ada ruang terbuka seperti teras atau halaman, kamu bisa mengubahnya menjadi cafe kecil dengan konsep outdoor. Kamu bisa menambahkan bar kecil untuk menyajikan kopi dan makanan ringan di teras rumahmu.

Sementara di area halaman, kamu bisa menambahkan meja dan bangku untuk para pengunjung. Tambahkankan bean bag untuk menciptakan suasana yang lebih santai. Selain itu, kamu juga bisa menghias dengan batu koral dan tanaman hijau untuk mempercantik tampilan cafe outdoor-mu.

Beberapa desain kafe di atas dapat menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin membuat kafe minimalis. Kamu tetap dapat membangun kafe yang estetisa dan fungsional meskipun dengan budget terbatas. Dari insipirasi desain kafe minimalis low budget yang disebutkan, mana favoritmu, nih?

IDN Channels

Latest from Inspiration