Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pendaftaran CPNS 2024

Sudah siap bertempur?

Wahyu Fitri Utami

Siapa nih, yang masih menunggu jadwal pendaftaran dan seleksi CPNS 2024? Pendaftaran CPNS 2024 semakin dekat. Kabarnya, jadwal pendaftaran CPNS akan dibuka mulai Juli ini dengan 427.650 formasi yang disediakan untuk CPNS dan PPPK.

Sebelum mendaftar CPNS 2024, sudah sepatutnya kamu harus melakukan persiapan agar proses pendaftaran dan seleksi bisa berjalan dengan lancar, Bela. Kira-kira hal apa saja yang harus dipersiapkan menjelang seleksi CPNS 2024?

Berikut beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan menjelang pendaftaran CPNS 2024.

1. Selalu cek jadwal pendaftaran dan seleksi

freepik.com

Pengecekan jadwal pendaftaran dan seleksi CPNS 2024 adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan agar tidak ketinggalan waktu untuk mendaftar. Kamu bisa memanfaatkan situs https://sscasn.bkn.go.id/ untuk mendapatkan informasi seputar CPNS 2024.

Hingga saat ini, jadwal pendaftaran dan seleksi CPNS 2024 masih simpang siur dan belum ada jadwal resmi dari BKN, selaku instansi yang berwenang menyelenggarakan proses seleksi CPNS 2024.

Berdasarkan informasi terakhir yang beredar, pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka mulai bulan Juli ini. Teruslah pantau situs web SSCASN untuk mendapatkan informasi pasti terkait jadwal pendaftaran dan seleksi CPNS 2024.

2. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan

freepik.com

Hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah mempersiapkan berkas-berkas yang menjadi syarat pendaftaran CPNS 2024. Poin kedua ini sangat penting karena akan menjadi penentu lulus atau tidaknya kamu pada seleksi administrasi.

Mempersiapkan berkas lebih awal tentunya akan meringankan kamu saat proses mendaftar. Kamu pun tidak akan dilanda bingung atau panik karena semua dokumen persyaratan, baik dalam bentuk cetak maupun digital, sudah lengkap dan siap untuk diunggah pada saat pendaftaran resmi dibuka.

3. Baca buku panduan pendaftaran CPNS 2024

freepik.com

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS 2024, kamu juga harus terlebih dahulu membaca buku panduan pendaftaran CPNS 2024 yang dapat diunduh di situs web SSCASN. Bacalah buku panduan tersebut dengan saksama agar kamu bisa memahami alur pendaftaran dengan baik.

4. Perbanyak belajar dan kuasai materi yang akan diujikan

freepik.com

Sambil menunggu jadwal pendaftaran seleksi CPNS 2024 dibuka, kamu bisa memperbanyak belajar dan menguasai materi yang akan diujikan pada tes CPNS 2024. Tes seleksi CPNS sendiri terdiri dari Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Tes SKD dibagi menjadi tiga, yakni tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi yang akan menilai karakter Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS). Sementara itu, tes SKB menjadi tes khusus yang dilakukan oleh instansi yang dituju oleh calon PNS. Tes SKB ini biasanya akan berbeda-beda tergantung instansi yang menyelenggarakannya.

Mempelajari dan menguasai materi yang diujikan, tentu bisa membuatmu mudah menjawab soal-soal yang akan diujikan dalam tes. Berkaitan dengan materi, kamu bisa mempelajarinya secara mandiri dengan memperbanyak membaca buku pengetahuan. Lalu, jika memungkinkan, kamu bisa ikut bimbingan belajar (bimbel) secara online atau offline.

5. Perbanyak berlatih mengerjakan soal tes CPNS

freepik.com

Selain mempelajari dan menguasai materi yang diujikan, kamu juga harus latihan mengerjakan soal tes CPNS, Bela. Saat ini banyak sekali buku-buku latihan soal CPNS yang bisa digunakan untuk melatih pengetahuanmu terkait materi yang akan diujikan. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti beberapa try out CPNS di beberapa platform atau situs web edukasi yang memberikan pelatihan CPNS.

6. Selalu pantau informasi dan berita terkait CPNS 2024

freepik.com

Terakhir, pantau terus informasi dan berita terkait pendaftaran CPNS 2024. Informasi atau berita ini bisa kamu pantau melalui situs web resmi SSCASN, BKN, maupun media-media pemberitaan resmi. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan informasi terkait jadwal seleksi, formasi, kuota pendaftar, instansi yang membuka formasi, dan sebagainya.

Itulah tadi berbagai hal penting yang harus kamu diperhatikan dalam pendaftaran CPNS 2024. Jadi, sudah sejauh mana persiapan kamu untuk mengikuti seleksi CPNS 2024 ini, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration