Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Inspirasi Interior untuk Desain Butik Minimalis yang Menawan

Ide interior desain butik yang sederhana tapi estetis

Wahyu Fitri Utami

Desain butik yang estetis dapat memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan. Maka dari itu, desain butik harus mampu mencerminkan keselarasan antara konsep interior, produk yang dijual, serta target pasar yang dituju. Konsep desain interior butik yang diusung juga harus mampu menunjang produk yang dijual sehingga terlihat jelas dan indah dipandang.

Apakah kamu masih bingung memilih konsep desain untuk butikmu? Jika iya, kamu dapat mencoba desain minimalis. Desain minimalis menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir, termasuk untuk butik.

Desain minimalis menekankan kesederhanaan dan fungsionalitas serta tampilan ruangan yang bersih dan rapi. Desain minimalis dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menarik bagi pelanggan.

Berikut beberapa inspirasi interior yang dapat kamu gunakan untuk menunjanang konsep desain butik minimalis.

1. Gunakan pintu kaca sebagai window display

pinterest.com

Kamu dapat menggunakan kaca lebar (floor to ceiling) sebagai window display atau pintu utama. Penggunaan pintu kaca yang terlihat dari luar toko sangat penting untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Selain itu, letakan beberapa manekin untuk memajang produk terkini atau unggulan. Jangan lupa untuk mengganti displai sesuai dengan perkembangan fashion.

Penggunaan pintu dan jendela kaca sebagai displai bukan tanpa alasan. Window display memungkinkan cahaya alami atau sinar matahari masuk ke ruangan, sehingga menciptakan suasana yang terang dan membuat ruangan terasa lebih lapang.

2. Pilih rak tinggi untuk memajang produk

unsplash.com

Penataan butik yang minimalis memerlukan kreativitas tinggi untuk mengatur ruang kecil sedemikian rupa, sehingga terkesan rapi dan estetis. Kamu bisa menggunakan rak tinggi yang mencapai langit-langit untuk memajang produk.

Pastikan urutan penataan barang jelas. Misalnya, rak paling atas untuk memajang tas atau stok barang yang tidak dipajang, rak bagian tengah untuk menggantungkan pakaian, dan rak bagian bawah untuk meletakkan sepatu.

Pengunjung umumnya suka memegang dan mencoba barang sebelum membeli. Oleh karena itu, pastikan barang unggulan atau best seller mudah dijangkau pengunjung.

3. Buat gantungan tempel

pinterest.com

Kamu bisa memanfaatkan space di dinding dengan memasang rak tempel. Rak gantung tidak memakan banyak ruang sehingga menciptakan tampilan yang bersih dan minimalis. Selain itu, harganya juga lebih ekonomis. Budget selebihnya pun dapat dialokasikan untuk membeli produk-produk lain agar koleksi butik makin lengkap.

4. Gunakan furnitur beroda untuk memajang produk

pinterest.com

Selain gantungan tempel, kamu juga dapat menggunakan furnitur beroda untuk rak pakaian. Penggunaan furnitur beroda akan memudahkan kamu ketika melakukan penataan ulang dan penyesuaian ruangan. Lakukan penataan ulang pada butikmu agar dapat menciptakan suasana baru yang lebih segar atau fresh.

5. Tata meja minimalis untuk aksesori dan pernak-pernik

pinterest.com

Tidak hanya rak, kamu juga bisa menggunakan meja untuk meletakkan produk yang dijual. Kamu dapat memajang berbagai aksesori dan pernak-pernik seperti gelang, kalung, cincin, tas tangan atau hand bag, sabuk dan lain sebagainya. Pastikan tata produk tersebut dengan rapi, susun secara berurutan agar mudah dijangkau dan menarik untuk dilihat.

6. Pasang lampu gantung estetis

pinterest.com

Selain furnitur, elemen lain yang tidak kalah penting dalam desain butik minimalis adalah pengaturan lighting atau pencahayaan. Gunakan pencahayaan yang cukup di dalam ruangan, sebab ruangan yang remang-remang akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

Untuk menciptakan suasana yang nyaman, kamu bisa menggunakan lampu gantung klasik yang memancarkan cahaya hangat. Suasana ruangan pun akan terasa nyaman sekaligus tampak estetis.

Hindari penggunaan lampu warna-warni karena membuat kesan norak dan berlebihan. Hal ini tentu tidak sesuai dengan nuansa butik minimalis yang kamu usung.

7. Tidak lupa pasang cermin besar

pinterest.com

Cermin merupakan elemen yang wajib ada di sebuah butik untuk memudahkan pengunjung ketika mematut diri. Penggunaan cermin besar dan lebar pada interior desain butik minimalis akan membuat ruangan terasa lebih lapang. Pilih tampilan cermin yang simpel untuk mempercantik desain minimalis pada butikmu.

Merancang desain butik minimalis bukan hanya tentang mengurangi elemen yang tidak perlu pada interiornya. Lebih dari itu, desain butik minimalis adalah seni kreativitas untuk menata ruangan dan memiliki elemen yang tepat pada ruangan yang terbatas.

IDN Channels

Latest from Inspiration