Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Dapat Beasiswa Kuliah Gratis di Kampus Impian, Siapa Mau?

Nggak perlu bingung masalah biaya pendidikan lagi

Wahyu Fitri Utami

Pendidikan tinggi menjadi impian yang sulit dijangkau bagi sebagian orang karena terkendala biaya. Bagi kamu yang ingin kuliah tapi mahal, mendapatkan beasiswa merupakan salah satu langkah yang bisa meringankan beban biaya pendidikan.

Beasiswa tidak hanya membebaskan mahasiswa dari beban biaya pendidikan, tapi juga memberi kesempatan untuk fokus pada studi tanpa khawatir masalah keuangan.

Meski begitu, proses mendapatkan beasiswa kuliah tentu tidak mudah, ya. Diperlukan beberapa persiapan dan persyaratan khusus yang harus dipenuhi agar bisa lolos. Berikut beberapa cara dapat beasiswa kuliah yang bisa kamu perhatikan sebelum mendaftar.

1. Riset sebanyak-banyaknya seputar beasiswa

pexels.com/Polina Zimmerman

Sudah menjadi hal yang wajib untuk meriset segala sesuatu sebelum melakukannya, termasuk dengan beasiswa kuliah. Ini adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan. Cari tahu sebanyak mungkin tentang berbagai jenis beasiswa.

Beasiswa tidak hanya diberikan oleh pemerintah saja, melainkan juga lembaga swasta, perusahaan, atau organisasi tertentu. Ketelitian dalam mencari informasi akan membantu kamu menemukan beasiswa yang sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasimu.

Kamu bisa memanfaatkan situs web resmi lembaga pemberi beasiswa, portal pendidikan, hingga forum diskusi online untuk mendapat informasi seputar beasiswa kuliah. Selain itu, jangan ragu berdiskusi dengan teman, guru, atau konselor sekolah yang sekiranya memiliki informasi tambahan mengenai beasiswa yang cocok untuk kamu.

2. Memenuhi persyaratan beasiswa

Freepik.com/senivputro

Setiap beasiswa biasanya memiliki persyaratan yang berbeda-beda dan harus dipenuhi oleh pendaftar. Persyaratan bisa saja berkaitan dengan pencapaian akademis, prestasi, keaktifan dalam organisasi, dan sebagainya.

Sebelum mendaftar, penting untuk memastikan bahwa semua persyaratan yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa sesuai dengan kualifikasimu. Mengetahui persyaratan beasiswa dengan baik akan membantumu mempersiapkan semua yang dibutuhkan secara matang, sehingga meningkatkan peluang untuk diterima.

3. Menyiapkan berkas persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan

pexels.com/Karolina Kaboompics

Pemberkasan adalah tahap yang cukup krusial dalam proses seleksi beasiswa. Pastikan kamu mengumpulkan berkas-berkas seperti transkrip nilai, surat rekomendasi, esai motivasi, dan dokumen pendukung lainnya sesuai petunjuk yang diberikan penyelenggara beasiswa.

Siapkan berkas-berkas tersebut jauh-jauh hari untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Selain itu, teliti kembali semua dokumenmu sebelum diajukan supaya tidak adanya dokumen yang tertinggal atau terlewat.

4. Memiliki riwayat prestasi

pexels.com/Anna Tarazevich

Riwayat prestasi sangat membantu membuka peluang kamu dalam mendapatkan beasiswa kuliah. Beberapa kampus biasanya mengharuskan para pendaftarnya menyertakan bukti prestasi akademik maupun non akademik, seperti sertifikat atau piagam, yang berhasil dicapai.

Para pemberi beasiswa tentu mencari calon penerima yang tidak hanya memiliki prestasi akademik. Tapi juga mampu menunjukkan potensi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat atau bidang studi tertentu.

Oleh karena itu, terlibat secara aktif dalam komunitas atau organisasi dan memenangkan perlombaan, perlu kamu perjuangkan sejak di bangku sekolah menengah agar kuliah bisa gratis dengan beasiswa.

5. Menguasai bahasa asing

pexels.com/Alexander Suhorucov

Kemampuan berbahasa asing, seperti bahasa Inggris, sering kali menjadi nilai tambah dalam proses penerimaan beasiswa, di samping membuka pintu karier di masa depan. Apalagi jika impianmu berkuliah di luar negeri dengan beasiswa, mampu menggunakan bahasa asing tentu menjadi kunci utamanya.

Nah, kamu bisa ikut kursus bahasa, berlatih autodidak, terlibat pertukaran pelajar atau konferensi internasional untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing. Setelah itu, ambil tes TOEFL atau IELTS, sesuaikan dengan syarat dari kampus.

6. Memilih perguruan tinggi kedinasan

pexels.com/Andrea Piacquadio

Beberapa institusi pendidikan memiliki program beasiswa khusus untuk calon mahasiswanya, tak terkecuali sekolah kedinasan seperti PKN STAN, IPDN, dan PolitekSSN. Apalagi, sekolah dengan status ikatan dinas memberikan keuntungan lain, yakni akan langsung diangkat menjadi CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil setelah lulus. Cukup menarik, bukan?

7. Mendaftar program KIP kuliah

pexels.com/Andrea Piacquadio

Kartu Indonesia Pintar atau KIP merupakan program bantuan pendidikan dari pemerintah Indonesia yang ditujukan untuk mendukung akses pendidikan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Program ini mencakup berbagai jenis bantuan, termasuk bantuan biaya pendidikan yang dapat memfasilitasi akses pendidikan secara adil dan merata.

Kamu bisa menggunakan KIP Kuliah untuk mendaftar di semua jalur seleksi PTN maupun PTS. Tentunya kamu juga harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu untuk menjadi penerima KIP Kuliah ini.

Itulah 7 cara dapat beasiswa kuliah yang bisa kamu coba. Meskipun kamu sedang mengalami masalah finansial, bukan berarti pendidikan juga harus dikorbankan. Kamu masih bisa melanjutkan kuliahmu dengan berbekal beasiswa yang ada. Selamat mencoba!

IDN Channels

Latest from Inspiration