Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Penyebab Kenapa iPhone Tidak Bisa Di-Charge dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebabnya agar bisa menyelesaikan masalahnya

Romi Subhan

iPhone jadi salah satu smartphone yang digemari saat ini. iPhone memiliki spesifikasi yang mumpuni meskipun memang harga untuk sebuah iPhone tergolong tinggi. Hal itu sangat wajar mengingat performanya yang sangat baik.

Berbicara mengenai iPhone, ada beberapa masalah yang kerap ditemui salah satunya adalah penyebab kenapa iPhone tidak bisa di-charge.

Terkait hal itu, ada beberapa penyebab kenapa iPhone tidak bisa di-charge dan cara untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Simak, yuk!

1. Menghubungkan ke sumber daya

unsplash.com/Arnel Hasanovic

Untuk mengisi daya perangkat kamu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Sambungkan perangkat ke kabel USB yang disertakan.
  • Sambungkan kabel USB tersebut ke salah satu dari tiga sumber daya yaitu stopkontak dinding, komputer, dan aksesoris daya.

Jika kamu mencoba mengisi daya secara nirkabel dengan iPhone 8 atau versi lebih baru, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu dapat mengisi daya menggunakan kabel USB yang disertakan dengan perangkat. Apabila pengisian daya dengan kabel berfungsi dengan baik, kamu dapat mencari bantuan lebih lanjut terkait pengisian daya nirkabel. Untuk aksesori pihak ketiga, pastikan aksesori tersebut memiliki sertifikasi Apple.

Saat perangkat kamu mengisi daya, ikon petir akan muncul di dalam ikon baterai pada bilah status, atau ikon baterai besar akan terlihat di layar terkunci.

2. Pesan peringatan aksesori tidak didukung atau tidak disertifikasi

unsplash.com/Vista Wei

Pesan ini bisa muncul karena beberapa alasan, antara lain:

  • Port pengisian daya pada perangkat iOS mungkin kotor atau rusak.
  • Aksesori pengisian daya mungkin cacat, rusak, atau tidak disertifikasi oleh Apple.
  • Pengisi daya USB mungkin tidak dirancang untuk mengisi daya perangkat.

Langkah-Langkah Penyelesaian Masalah

Jika menghadapi masalah tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Bersihkan port pengisian daya di bagian bawah perangkat dari debu dan kotoran.
  • Mulai ulang iPhone atau iPod touch kamu.
  • Coba gunakan kabel atau pengisi daya USB lain yang berfungsi dengan baik.
  • Pastikan perangkat kamu menggunakan versi iOS terbaru.
  • Hubungi Dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dan mengatur servis jika diperlukan.
  • Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat memastikan perangkat kamu dapat mengisi daya dengan benar dan menangani masalah pengisian daya dengan efektif.

3. Pengisian berjalan lambat

unsplash.com/Thought Catalog

Jika pengisian daya perangkat kamu berjalan lambat atau tidak dapat mengisi daya, ikuti langkah-langkah berikut dan coba lagi setelah setiap langkah:

  • Periksa kabel dan adaptor.
  • Bersihkan port oengisi daya.
  • Isi daya perangkat.
  • Mulai ulang paksa.
  • Jika perangkat masih tidak merespons, lakukan restart paksa.
  • Lanjutkan mengisi daya.
  • Terus isi daya perangkat selama setengah jam ke depan.

Jika perangkat masih tidak dapat dinyalakan atau diisi daya, bawa perangkat, kabel pengisi daya, dan adaptor pengisi daya ke Apple Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple. Kamu juga dapat menghubungi Dukungan Apple untuk bantuan lebih lanjut.

4. Pengisian berhenti di 80%

unsplash.com/Bagus Hernawan

Jika perangkat kamu berhenti mengisi daya pada tingkat 80 persen, ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebabnya dan langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasinya.

Pengisian Daya Optimal

Dengan iOS 13 dan versi yang lebih baru, iPhone menggunakan fitur Pengisian Daya Optimal untuk memperpanjang umur baterai. Fitur ini bekerja dengan mengurangi waktu pemakaian baterai dalam kondisi penuh. iPhone menggunakan pembelajaran mesin untuk memahami rutinitas pengisian daya harian kamu dan akan menunda pengisian daya di atas 80% hingga saat kamu membutuhkannya. Pengisian Daya Optimal hanya aktif saat iPhone memprediksi bahwa perangkat akan terhubung ke pengisi daya untuk jangka waktu yang lama.

Pengisian Daya dan Temperatur

Selama proses pengisian daya, iPhone bisa menjadi lebih panas. Untuk melindungi baterai dan memperpanjang masa pakainya, perangkat lunak iPhone mungkin membatasi pengisian daya di atas 80% jika suhu baterai terlalu tinggi. Pengisian daya akan dilanjutkan ketika suhu baterai kembali normal. Untuk membantu mengurangi suhu, pindahkan iPhone dan pengisi daya ke lokasi yang lebih dingin.

Batas Pengisian Daya 80% pada iPhone 15

Pada model iPhone 15, fitur Batas 80% mungkin telah diaktifkan. Fitur ini mencegah iPhone mengisi daya lebih dari 80 persen untuk melindungi baterai. Jika kamu ingin iPhone mengisi daya lebih dari 80%, kamu dapat mengaktifkan Pengisian Daya Optimal atau mematikan pengoptimalan pengisian daya.

Itulah tadi permasalahan yang mungkin saja terjadi untuk pengisian yang berhenti pada angka 80%, beberapa permasalahan bisa kamu selesaikan dengan mengikuti arahan pada penjelasan di atas ya, Bela.

Itu dia empat penyebab kenapa iPhone tidak bisa di-charge, kamu bisa pelajari dulu dari penyebab yang ada dan mencocokkan dengan permasalahan yang ada pada iPhone kamu. Setelah itu kamu bisa melakukan penyelesaian sesuai dengan penyebab yang kamu temukan ya, Bela.

IDN Channels

Latest from Inspiration