Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengembalikan Akun Instagram Bisnis ke Pribadi

Singkat, nggak sampai 10 menit

Ridho Agung Pangestu

Instagram sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, bukan hanya untuk kepentingan pribadi tapi juga bisnis. Apalagi, adanya fitur switch account dari akun pribadi ke bisnis, membuat pelaku bisnis makin dipermudah promosi dan pemasaran produknya oleh fitur-fitur bisnis yang tidak tersedia di akun pribadi.

Nah, jika kamu sudah selesai dengan akun bisnismu dan ingin beralih ke akunmu sendiri, ada cara mengembalikan akun Instagram bisnis ke pribadi yang mudah. Berikut Popbela jabarkan penjelasannya.

1. Masuklah ke halaman profil

pexels.com/energepic.com

Ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk kembali ke akun pribadi, misalnya agar privasi yang lebih terjaga. Seperti yang diketahui, akun bisnis Instagram tidak bisa dibuat mode privasi.

Jadi, siapa pun bisa mengikuti, melihat unggahan, dan meninggalkan komentar pada kontenmu. Bagi sebagian orang, ternyata hal tersebut kurang membuat nyaman.

Supaya tidak bingung lagi mengalihkan akun Instagram bisnis ke akun pribadi, kamu perlu masuk ke halaman profil Instagram. Ketuk ikon profil yang berada di pojok kanan bawah.

Pada bagian halaman profil, tersedia banyak menu yang diperuntukkan untuk mengatur berbagai fitur di Instagram yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tidak terkecuali untuk mengatur agar akun Instagram bisnis menjadi akun pribadi.

2. Masuk ke menu "Pengaturan dan Aktivitas"

pexels.com/Lisa Fotios

Setelah itu, masuk ke pengaturan akun Instagram dengan klik ikon garis tiga pada pojok kanan atas halaman profil. Kamu akan menemukan pilihan menu "Pengaturan dan Aktivitas", mulai dari mengganti tema, menganti latar belakang, mengganti bahasa hingga masih banyak lainnya. Nah, tidak terkecuali juga mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi dengan privasi yang jauh lebih terjaga.

3. Pilih menu "Fitur dan Kontrol Kreator"

pexels.com/cottonbro studio

Selanjutnya, scroll ke bawah sampai kamu menemukan menu "Fitur dan Kontrol Kreator", lalu klik. Pada menu ini, kamu bisa mengetahui status dari akun Instagram kamu, apakah kamu sedang menggunakan akun bisnis atau akun pribadi. Selain itu, di menu ini juga kamu bisa mengubah kembali akun pribadi menjadi akun bisnis.

4. Klik "Ubah Jenis Akun"

pexels.com/Brian Ramirez

Langkah terakhir yaitu pilih opsi “Ubah Jenis Akun”. Menu inilah yang nantinya akan mengubah akun yang tadinya bisnis menjadi pribadi maupun sebaliknya. Biasanya, menu ini berada di bagian bawah, jadi kamu hanya perlu mencari di paling bawah.

Jika sudah klik “Ubah Jenis Akun”, jangan langsung keluar. Tunggulah beberapa saat hingga akun kamu sudah benar-benar beralih ke akun pribadi.

5. Berhasil beralih akun bisnis ke pribadi

pexels.com/Szabó Viktor

Kini, kamu sudah menyelesaikan semua langkahnya dan akun Instagram bisnis kamu sudah menjadi akun pribadi.

Untuk akun Instagram bisnis sendiri memiliki banyak sekali keunggulan. Mulai dari tersedianya penambahan tombol kontak yang memudahkan klien menghubungi, adanya fitur "Insight" untuk mengetahui performa konten, lebih mudah untuk memasang iklan hingga akses ke Creator Studio. Semua berguna untuk memaksimalkan marketing dari bisnis kamu.

Sedangkan keuntungan dari akun Instagram pribadi adalah privasi dan kenyamanan yang jauh lebih terjaga. Contohnya seperti kamu bisa menyeleksi setiap followers yang masuk, kamu bisa memilah siapa saja yang bisa meninggalkan komentar hingga mengatur konten itu bisa dilihat siapa saja. Tidak heran, apabila tipe akun personal memang lebih cocok untuk penggunaan pribadi tanpa adanya kebutuhan marketing.

Nah, sekarang kamu bisa langsung ikuti cara mengembalikan akun Instagram bisnis ke pribadi tadi. Selamat mencoba, Bela!

IDN Channels

Latest from Inspiration