Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Menata Dapur agar Terlihat Rapi dan Bersih, Bikin Betah!

Biar semangat masak

Ridho Agung Pangestu

Dapur menjadi bagian rumah yang paling sering berantakan karena kegiatan memasak setiap hari. Namun, memiliki dapur yang rapi pastinya akan membuat pemilik rumah menjadi lebih nyaman.

Kebersihan dan kerapian dapur sangat penting demi menjaga peralatan masak dan makan tetap higienis. Nah, berikut Popbela punya lima cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih. Yuk, langsung praktikan!

1. Kelompokan peralatan dapur

pinterest.com

Penyebab dapur mudah berantakan biasanya karena berbagai peralatan dapur yang tidak pada tempatnya. Demi menghindari hal tersebut, ada baiknya untuk membuat mengelompokan peralatan dapur.

Pengelompokan bisa dilakukan dengan menyatukan alat dapur yang sejenis dan sesuai kebutuhan. Seperti alat untuk mengolah bumbu bisa diletakan di dekat kompor. Lalu wadah makanan bisa diletakan di tempat yang lebih tinggi.

Selain itu, pengelompokan peralatan dapur juga bisa disesuaikan dengan ukurannya. Mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil agar lebih tertata rapi.

2. Jangan tunda membersihkan peralatan dapur

unsplash.com/Odiseo Castrejon

Salah satu yang paling bikin malas setelah memasak yaitu membersihkan peralatan dapur. Kebanyakan orang memilih menunda untuk segera membersihkan peralatan dapur. Alhasil, peralatan kotor akan menumpuk dan membuat dapur makin berantakan.

Nah, sebaiknya mulai segera membersihkan peralatan dapur, ya. Selain nggak akan menumpuk peralatan yang kotor, juga membuat tampilan dapur selalu terlihat rapi dan bersih. Win-win solution, bukan?

3. Buatlah rak dinding vertikal yang praktis

unsplash.com/Le Creuset

Cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih berikutnya adalah dengan membuat rak dinding vertikal. Alih-alih rak horizontal yang menyamping, rak vertikal lebih efisien dan tidak memakan banyak ruang. Selain itu, rak vertikal juga dapat ditempatkan di dapur yang kecil dan membuat dapur terlihat lebih tertata.

4. Pilih peralatan dapur ukuran sedang

unsplash.com/Becca Tapert

Mungkin belum banyak yang tahu kalau ukuran peralatan juga memegang peranan dalam kerapian. Sebaiknya pilih peralatan berukuran sedang untuk dapur yang kecil. Jangan sampai memilih ukuran besar karena akan membuat dapur terlihat penuh sesak dan berantakan.

Nggak ada salahnya mulai melakuan seleksi pada peralatan yang akan digunakan. Pilh peralatan yang fungsional tapi ukurannya masih bisa sesuai dengan ukuran dapur yang dimiliki.

5. Gunakan pencahayaan yang tepat

unsplash.com/Rune Enstad

Cara terakhir yang bisa diterapkan yaitu dengan menggunakan pencahayaan yang tepat. Mengapa begitu? Sebab, dapur yang terlalu tertutup dan minim pencahayaan akan membuat kamu sulit mengenali area yang perlu dibersihkan.

Agar lebih nyaman, mulailah mengatur pencahayaan yang baik di ruang dapur. Kamu bisa mengatur jendela untuk mendapatkan pencahayaan alami. Selain itu, lampu downlight warna putih netral juga bisa jadi alternatif pencahayaan dapur yang tepat.

Pemilihan tirai gulung juga nggak boleh dilupakan begitu saja. Sangat disarankan untuk memilih tirai dengan warna cerah atau abu-abu. Warna tersebut akan memberikan kesan yang lebih bersih, terang, dan lapang.

Itulah cara menata dapur agar terlihat rapi dan bersih. Selain menciptakan area yang tertata, membiasakan diri untuk selalu membersihkan dapur setelah digunakan juga penting ya, Bela.

IDN Channels

Latest from Inspiration