Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Membersihkan Emas Biar Kinclong dengan Bahan Sederhana

Gampang dan antiribet

Ridho Agung Pangestu

Perhiasan emas punya nilai investasi dan nilai jual tinggi. Nggak heran kalau semua berlomba-lomba merawat emas yang dimiliki.

Sayangnya seiring berjalannya waktu, emas dapat berubah warna menjadi hitam dan nggak mengilap lagi. Nah, kalau kamu punya masalah tersebut, Popbela sudah merangkum cara membersihkan emas biar kinclong lagi. Bahan-bahannya mudah ditemukan, lho.

1. Gunakan larutan pasta gigi

Pixabay.com/Bruno Glätsch

Selain digunakan untuk merawat kebersihan gigi dan mulut, pasta gigi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada emas. Caranya gampang, campurkan pasta gigi secukupnya dalam larutan air.

Aduk hingga pasta gigi larut, lalu oleskan pada permukaan emas. Setelah itu, gosok secara perlahan menggunakan sikat berbulu lembut. Terus lakukan hingga warna kilau emas muncul kembali.

2. Manfaatkan sabun cuci piring

nytimes.com

Selain larutan pasta gigi, sabun cuci piring juga bisa dimanfaatkan untuk membuat emas jadi berkilau kembali. Ini karena sabun cuci piring memiliki kandungan surfaktan yang dapat merontokan kotoran.

Cara penggunannya mudah, kamu hanya perlu menyiapkan sabun cuci piring dan air hangat. Campurkan keduanya hingga sabun larut dan berbusa. Setelah itu, rendam emas yang kotor ke dalam larutan selama 15 menit. Jika sudah, gosok secara perlahan dan bilas dengan air bersih.

3. Gunakan sampo

Pinterest

Cara membersihkan emas biar kinclong berikutnya adalah menggunakan sampo. Zat pembersih dalam sampo memiliki kemampuan mengangkat kotoran membandel, termasuk kotoran yang menempel pada emas.

Gunakan dua sendok teh sampo dan larutkan dalam air hangat. Aduk hingga mengeluarkan busa dan masukan emas sekitar kurang lebih 20 menit. Jika sudah, mulailah menggosok bagian emas secara perlahan hingga berkilau kembali.

4. Gunakan cairan alkohol

Pinterest

Cairan alkohol juga bisa digunakan untuk mengembalikan kilau dari emas yang sudah kusam. Khususnya emas dengan lemak dan kotoran membandel dan sulit dirontokkan.

Cara menggunakannya, cukup rendam emas di dalam secukupnya cairan alkohol dan diamkan beberapa saat. Sikat perlahan bagian emas yang terlihat kotor hingga berkilau kembali. Bisa menggunakan cotton bud untuk mencapai kotoran di sela-sela emas.

5. Larutan baking soda dan cuka

Pinterest

Terakhir, kamu bisa membuat campuran baking soda dengan cuka untuk membersihkan emas. Gunakan satu sendok makan baking soda dalam 50 ml air bersih. Aduk hingga menjadi pasta atau mengental, lalu balurkan pada emas yang kusam.

Tunggu beberapa saat, lalu bilas menggunakan air cuka. Dijamin, emas akan kembali seperti baru lagi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara membersihkan emas biar kinclong lagi. Setelah dibersihkan, simpan di tempat kering dan rapat agar tidak terkontaminasi debu dan kotoran, ya.

IDN Channels

Latest from Inspiration