Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara agar Tidak Diremehkan Orang Lain dan Lebih Pede

Wajib kamu coba

Ridho Agung Pangestu

Diremehkan oleh orang lain memang rasanya nggak enak ya, Bela. Harga diri kamu pasti terluka, merasa nggak dihargai pendapat atau keberadaannya, bahkan dianggap aneh.

Nggak heran kalau banyak orang berusaha untuk menjadi lebih berani dan percaya diri agar tidak diremehkan lagi, terlepas dari apa pun alasannya. Apakah kamu termasuknya?

Nggak perlu bingung bagaimana memulainya, kamu bisa terapkan beberapa cara agar tidak diremehkan oleh orang lain berikut ini.

1. Bicara dengan suara yang lebih jelas

Freepik.com/freepik

Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa cara berkomunikasi sangat memengaruhi perspektif orang lain terhadap kamu, lho. Orang lain bisa merendahkan atau meremehkan, ketika kamu berbicara dengan suara yang lemah dan tidak jelas.

Selain itu, cara bicara yang tidak jelas juga akan menghambat komunikasi dan bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu memiliki perasaan insecure.

Atasi itu dengan mulai membiasakan diri untuk berkomunikasi dengan nada dan artikulasi yang jelas dan tegas. Dijamin, apa yang kamu katakan akan menjadi lebih tepat sasaran dan orang lain juga lebih menaruh respect.

2. Jangan terlalu sering mengeluh

pexels.com/SHVETS production

Siapa sih, yang nggak pernah mengeluh? Hampir semua orang pernah mengeluh dengan kehidupan dan apa yang sedang dialami.

Sebenarny, mengeluh boleh-boleh saja, asal dilakukan di waktu yang tepat dan tidak berlebihan. Cerita akan menjadi berbeda ketika kamu terlalu sering mengeluh. Entah itu media sosial ataupun di dunia nyata.

Terlalu sering mengeluh bisa membuat orang lain meremehkanmu, menganggap kamu lemah, jarang pernah bersyukur, dan tidak memiliki daya juang. Supaya hal tersebut bisa dihindari, mulailah untuk mengurangi kebiasaan sering mengeluh. Ganti dengan update atau kegiatan positif lainnya yang membuat kamu bahagia.

3. Jangan ragu tunjukan kemampuanmu

unsplash.com/Mimi Thian

Cara agar tidak diremehkan orang lain yang berikutnya adalah dengan mencoba lebih berani untuk menunjukan kemampuan yang kamu miliki. Kesalahan banyak orang yang selama ini tidak disadari yaitu terlalu menyembunyikan kemampuannya dan berharap dianggap rendah hati. Padahal, kalau kamu melakukan ini tanpa melihat tempatnya, maka kamu bisa dipandang remeh.

Bahkan, akan banyak yang mulai meremehkanmu dan menganggap kamu tidak bisa apa-apa. Tentu kamu tidak mau dianggap begitu, kan? Jadi, jangan ragu untuk menunjukan kemampuanmu atau tawarkan bantuan kepada orang yang sedang membutuhkan. Tentu dengan tetap sesuai porsi dan tidak berlebihan, ya.

4. Berani memperjuangkan pendapatmu

Pinterest

Pendapat yang diutarakan seseorang secara tidak langsung mampu mewakili isi pikiran dan hati orang tersebut. Jadi, jangan ragu untuk memperjuangan pendapat yang kamu yakini kebenarannya. Tentu dengan tetap berdasarkan opini, data, dan fakta yang kamu miliki.

Cara ini akan membuat orang lain menilai dirimu sebagai pribadi yang punya integritas dan kepercayaan diri yang baik. Kombinasi yang akan membuat orang lain tidak akan meremehkanmu, deh!

5. Hindari pergaulan yang toxic

Pexels.com/SHVETS Production

Terakhir, kamu wajib menghindari pergaulan toxic yang hanya memberi pengaruh negatif. Jangan anggap sembarangan lingkungan toxic, sebab sering kali mudah meremehkan dan nggak pernah menghargai kamu. Sebagai gantinya, kamu bisa ikut volunteer kegiatan sosial atau menghadiri klub olahraga yang membuat kamu bisa berprogres.

Kita memang tidak bisa mengendalikan apa yang dipikirkan dan diungkapkan oleh orang lain. Namun, tidak ada salahnya berusaha menjadi pribadi yang lebih baik agar tidak diremehkan oleh orang lain. Nah, beberapa caranya bisa dengan melakukan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas. Yuk, langsung praktikkan!

IDN Channels

Latest from Inspiration